Berita

Sudah Tahu? Ternyata Ini Pengertian dan Fungsi Stang Seher

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2021

64122737 S

Tahukah Anda apa itu stang seher? Stang seher merupakan bagian yang memiliki peranan penting dari sepeda motor.

Lebih dari itu, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi stang seher yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Stang Seher Pada Kendaraan

Stang seher merupakan salah satu komponen mesin motor yang fungsinya untuk menghubungkan poros engkol dengan silinder.

Dengan adanya stang seher, silinder dan batang piston dapat naik turun dalam proses pembakaran sehingga dapat menghasilkan gerakan berputar pada komponen kruk as.

Gerakan berputar pada kruk as dapat membantu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin motor.

Seher dirancang dengan dimensi dan bentuk yang kecil agar motor dapat melaju dengan kencang. Oleh sebab itu dapat dikatakan fungsi stang seher sangat penting bagi kendaraan. 

Komponen-Komponen Penting Pada Stang Seher

Pada bagian stang seher kendaraan terdapat dua lubang yang memiliki ukuran berbeda satu sama lain.

Lubang yang terletak di bagian atas dinamakan Small End, sedangkan lubang yang berada di bawah dinamakan Big End. Oleh sebab itu, kedua lubang pada stang seher berukuran besar dan kecil.

Kedua lubang pada stang seher tersebut memang dirancang demikian karena memiliki fungsinya masing-masing untuk meningkatkan performa kendaraan. Untuk lebih jelaskan di bawah ini adalah penjelasan mengenai Small End dan Big End.

  • Small End

Small End terletak pada bagian ujung atas stang seher dengan ukuran yang sangat kecil. Fungsi dari small end yaitu untuk menghubungkan batang silinder dengan kepala silinder pada kendaraan bermotor. Terhubungnya kedua komponen tersebut akan mempengaruhi pen piston terkunci.

  • Big End

Big End terletak di ujung bawah stang seher kendaraan dengan bentuk lebih besar dibandingkan small end. Pemasangan big end berada di bagian poros engkol atau kruk as. 

Ukurannya yang jauh lebih besar, tentunya membuat fungsi big end juga jauh lebih banyak dari pada small end.

Fungsi big end yaitu menghubungkan komponen crank pin dengan setiap silinder kendaraan. Kemudian crank pin akan terkunci bersamaan dengan big end. Proses tersebut akan mendorong perputaran mesin bergerak naik turun. 

Perputaran mesin tersebut terjadi karena pergerakan pada batang silinder. Oleh sebab itu kedua lubang stang seher tersebut dianggap sangat penting karena cara kerjanya yang saling berkaitan satu sama lain.

161048195_s

Cara Kerja Komponen Stang Seher

Setelah memahami apa itu stang seher serta komponen penting yang ada di dalamnya, maka selanjutnya Anda perlu memahami mekanisme kerja stang seher.

Urutan cara kerjanya yaitu terjadi pembakaran bahan bakar pada bagian poros engkol yang memang terhubung langsung dengan stang seher. 

Proses pembakaran tersebut akan menghasilkan energi lurus menjadi energi putar. Perubahan energi tersebut akan terjadi seiring berlangsungnya pembakaran bahan bakar saat kendaraan dijalankan.

Energi putar tersebut selanjutnya diteruskan pada silinder sehingga mesin kendaraan dapat bergerak.

Batang piston yang terdapat dalam stang seher akan membantu merubah volume dari silinder mesin. Piston tersebut selanjutnya akan bergerak dari TMA ke TMB selama kendaraan dihidupkan. 

Piston bergerak secara naik turun untuk menghasilkan tenaga yang membuat motor mampu melaju kencang.

Fungsi Stang Seher Pada Kendaraan

Stang seher dapat membantu memperbaiki performa motor dengan mengubah energi lurus pada mesin kendaraan. Energi lurus tersebut akan menjadi energi putar yang bisa menghasilkan tenaga bagi kendaraan. 

Stang seher yang juga didukung dengan berbagai macam komponen memiliki peran dan fungsi masing-masing. Berikut adalah fungsi stang seher yang perlu Anda ketahui.

  • Stang Seher Dapat Merubah Gerak Lurus Menjadi Gerak Putar Pada Mesin Kendaraan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, fungsi stang seher dapat mendorong terjadinya perubahan energi pada komponen kruk as saat terjadi proses pembakaran pada mesin. Gerak putar pada komponen kruk as tersebut selanjutnya dihubungkan ke bagian crank pin.

Gerak putar yang sudah berada di crank pin, selanjutnya diterima piston dan langsung diteruskan pada bagian batang piston. Proses tersebut sangat penting saat kendaraan dijalankan, karena akan mempengaruhi fungsi komponen lain pada kendaraan.

  • Stang Seher Dapat Menghubungkan Piston dengan Kruk As

Untuk dapat menghasilkan tenaga pada mesin motor, maka harus terjadi perpindahan energi pada kruk as yang terhubung langsung dengan stang piston. Terhubungnya kedua komponen pada mesin kendaraan tersebut, akan membantu menahan terjadinya kompresi. 

Selain itu, komponen tersebut juga berperan sebagai tempat penyimpanan oli. Seperti yang sudah banyak diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang juga mempengaruhi performa kendaraan.

Faktor Penyebab Stang Seher Mengalami Kerusakan Atau Cepat Aus

Setelah memahami pentingnya fungsi stang seher pada kendaraan, sebaiknya mulai sekarang Anda perlu berhati-hati saat mengendarai motor dan rutin melakukan perawatan mesin.

Selain itu, berikut adalah beberapa faktor penyebab kerusakan stang seher yang perlu Anda perhatikan.

  • Kualitas Oli Kendaraan Jelek

Ternyata penggunaan oli mesin yang memiliki kualitas jelek dapat berakibat fatal pada mesin kendaraan.

Apalagi jika pengendara motor terbiasa menjalankan motor dengan kecepatan tinggi, maka laju komponen akan semakin cepat. Oleh sebab itu mesin perlu pelumas oli yang berkualitas agar mesinnya tetap terjaga.

Oli yang kualitasnya jelek dapat menyebabkan pelumasan mesin tidak sempurna dan menyeluruh pada semua bagian. Hal tersebut membuat silinder mudah mengalami aus. 

Kerusakan pada silinder mendorong pergerakan piston tidak sempurna, sehingga berpengaruh pada stang seher. 

  • Memacu Motor Dengan Kecepatan Tinggi

Mengendarai motor kencang dan lintasan yang ekstrim dengan sudut kemiringan 300 akan menyebabkan mesin mengalami perputaran sangat tinggi. Hal tersebut terkadang membuat pengendara lupa mengganti posisi gigi ke tingkat rendah.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan stang seher bekerja sangat keras sehingga mudah mengalami kerusakan.

  • Kruk As Mengalami Kerusakan

Memacu motor dengan dengan mengentak-entak dapat menyebabkan stang seher mudah rusak.

Kruk as yang ditarik dengan kuat kemudian dilepaskan secara tiba-tiba dapat menyebabkan kruk as menjadi oblak, sehingga lama-kelamaan akan mempengaruhi stang seher mengalami oblak.

  • Bore Up Mesin Tidak Tepat

Bore up memang dilakukan untuk meningkatkan kompresi kendaraan agar pembakaran pada mesin berjalan lebih sempurna. Proses kompresi biasanya harus menaikkan tekanan piston sehingga hentakan seher juga akan lebih keras. 

Kondisi demikian jika terlalu lama dilakukan dengan metode bore up dapat menyebabkan stang seher oblak. Oleh sebab itu diperlukan stang seher yang kuat untuk meningkatkan rasio kompresi tersebut. 

Cara Memperbaiki Stang Seher yang Mengalami Kerusakan

Cara terbaik untuk memperbaiki stang seher yang rusak adalah menggantinya dengan part baru. Pergantian dapat dilakukan dengan dua cara yaitu assy dan pretelan. Pergantian pretelan terkenal lebih murah, sedangkan dengan metode assy harga part lebih mahal.

Itulah pembahasan mengenai apa itu stang seher, komponen serta fungsinya. Jika terjadi kerusakan pada stang seher motor, langsung saja bawa ke bengkel resmi 2W Suzuki terdekat dari rumah Anda. 

Bengkel motor Suzuki resmi sejauh ini sudah terpercaya dan terjamin dalam memberikan solusi terbaik dalam permasalahan mesin kendaraan. Sebab perbaikan kendaraan Anda akan dilakukan oleh tim mekanik yang berpengalaman.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya