Berita

Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

Penyebab aki tekor cukup beragam dan bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Cara mengatasi aki tekor pun ada beberapa pilihan. 

Aki merupakan bagian penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai penyuplai listrik. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami mesin mobil berhenti secara tiba-tiba akibat adanya masalah yang terjadi pada aki mobil. Penyebab aki tekor ini bisa dikarenakan oleh faktor luar dan dalam.

Kondisi yang tidak seperti seharusnya akan membuat aki boros dan cepat habis. Parahnya lagi, aki yang terganggu bisa menyebabkan mobil mogok kapan saja. Berikut adalah ulasan beberapa penyebab aki bermasalah beserta cara mengatasinya yang wajib Anda ketahui.

28041565_s

Daftar Penyebab Aki Mobil Tekor

Aki tekor bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tergantung kondisi dan pemakaiannya. Untuk daftar penyebabnya sendiri di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Aki Sudah Berumur

Aki merupakan komponen mobil yang juga mempunyai umur pemakaian. Jika aki mobil sudah dipakai terlalu lama, tegangannya akan semakin berkurang. Hal yang lebih parah lagi yaitu aki tersebut sudah tidak mampu menerima hantaran listrik dari alternator sehingga butuh perbaikan.

Untuk mengenali penyebab aki tekor sebenarnya cukup mudah. Pasalnya komponen lain yang terhubung dengan aki dapat jelas dilihat. Misalnya pada peralatan elektronik di mobil, dan komponen pengisi daya hantar listrik pada aki mobil itu sendiri.

Tetapi bila yang menjadi masalah adalah umur aki yang sudah tua, lebih baik Anda mengganti aki tersebut dengan yang baru. Ganti ke bengkel resmi dan pilih aki yang sesuai dan bagus agar nantinya tidak sering mengalami gangguan lagi.

  • Alternator Rusak

Alternator adalah sebuah komponen di dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup kendaraan. Dari sinilah aki memperoleh suplai listrik terus menerus ketika mesin mobil dinyalakan. Oleh karena itu, jika alternator rusak, sudah pasti tidak ada listrik yang mengalir ke aki mobil.

Sulit mengalirnya daya hantar listrik dalam mesin kendaraan akan membuat kestabilan arus listrik mobil terganggu. Ketika listrik mobil drop, cobalah untuk mengecek alternator apakah masih berfungsi dengan baik. Jika mengalami kerusakan, langsung saja perbaiki ke bengkel.

  • Mobil Terlalu Lama Tidak Digunakan

Meski ditinggal dalam waktu yang lama, sebagai pemilik Anda wajib untuk menitipkan kendaraan ke orang terdekat untuk menghidupkan mesin secara rutin. Mobil bisa dipanasi baik saat pagi hari, siang hari, atau malam hari, yang penting secara rutin mobil tersebut dihidupkan.

Alasannya adalah, ketika mobil mati, arus listrik masih tetap mengalir, contohnya pada immobilizer yang selalu membutuhkan asupan listrik. Tegangan listrik pada aki mobil akan semakin berkurang meskipun mobil sering didiamkan atau jarang digunakan.

  • Terlalu Banyak Aksesoris

Aksesoris seperti audio, lampu, dan lainnya banyak dipasang untuk membuat interior mobil lebih menarik. Namun, ternyata itu akan membuat masalah baru pada mobil jika penambahan aksesoris elektronik mobil tersebut dilakukan berlebihan.

Semakin banyak modifikasi yang dilakukan, maka kebutuhan listrik mobil akan semakin meningkat. Jika tidak diimbangi dengan sumber yang cukup memadai, maka hal ini dapat membuat aki tekor dan berumur pendek karena penggunaan listrik melebihi batas normal.

  • Kesalahan Pemakaian

Satu lagi penyebab aki tekor yang sering tidak disadari adalah kesalahan dalam pemakaian kendaraan itu sendiri. Biasanya, sebagian pengguna telah melakukan beberapa kesalahan yang fatal sehingga membuat aki mobil bermasalah dan ini memperpendek usianya.

Bentuk kesalahan dalam penggunaan kendaraan bisa bermacam-macam. Misalnya menghidupkan AC secara berlebihan, bahkan saat tidak perlu. Kemudian, menghidupkan player atau audio saat posisi mobil sedang mati juga akan berpengaruh.

2 Cara Mengatasi Aki Tekor Secara Umum

Cara mengatasi aki tekor bisa dilakukan dengan dua metode. Cara pertama yang paling gampang adalah menggunakan jumper aki, namun harus hati-hati.

Langkah awalnya, dekatkan mobil dan taruh tuas transmisi di posisi Parkir atau Netral. Matikan juga semua komponen mobil yang bisa menghantarkan listrik.

Selanjutnya, hubungkan kabel jumper positif (berwarna merah) ke kutub aki positif. Hubungkan juga kabel jumper negatif ke kutub aki negatif.

Jika sudah, pasang sisi satunya ke bagian mesin yang berbahan besi. Lalu, coba hidupkan mesin mobil pen-jumper dengan menginjak pedal gas di atas 1000 rpm dan coba starter mobil.

Cara kedua adalah dengan mendorong mobil, tapi cara ini hanya bisa dilakukan jika mobil bertransmisi manual. Untuk langkahnya, masukkan tuas transmisi ke gigi dua lalu injak kopling.

Selanjutnya, dorong mobil sampai melaju dengan cepat. Setelah itu, lepaskan pedal kopling. Jika mesin hidup, biarkan 15-30 menit terlebih dahulu sebelum dijalankan.

Cara Mengatasi Aki Tekor Untuk Mobil Manual

Agar lebih spesifik, kali ini akan dijelaskan bagaimana mengatasi aki tekor jika terjadi pada mobil bertransmisi manual. Cara pertama yaitu menggunakan jumper aki normal atau aki mobil lain. Jika tidak bisa menemukan aki normal, bisa menggunakan cara alternatif lain.

Cara kedua yakni menghidupkan mesin dengan dorongan. Ketika sebelumnya transmisi mobil dimasukkan ke gigi 3 atau 4, maka selanjutnya injak pedal kopling secara penuh.

Lalu dorong dengan kuat dan cepat hingga 5-10 meter. Jika sudah mencapai jarak yang cukup, lepas pedal kopling perlahan.

Selanjutnya coba untuk menghidupkan mobil. Biarkan mobil hidup dengan waktu cukup, kurang lebih 20 menit untuk mengisi kembali aki yang tekor atau habis yang telah membuat mesin mobil terhenti. Apabila cara ini berhasil, maka mobil akan dapat berjalan kembali.

Cara Mengatasi Aki Tekor Untuk Mobil Matic

Dalam hal ini, cara mengatasi aki tekor versi mobil matic sedikit lebih mudah daripada mobil manual. Namun, dalam prakteknya membutuhkan aki normal. Jika tidak menemukan aki normal, maka bisa menggunakan bantuan mobil lain dengan cara jumper aki.

Komponen yang dibutuhkan dalam metode ini adalah kabel jumper. Anda harus menghubungkan aki mobil yang mati dengan aki normal.

Apabila aki normal sudah terpasang pada mobil matic, sebaiknya menghidupkannya lagi bersamaan dengan menghubungkan kabel jumper. Hubungkan kabel jumper aki sesuai kutub positif dan kutub negatif.

Selanjutnya, matikan seluruh piranti elektronik di mobil seperti AC, audio, lampu. Jika sudah, silahkan hidupkan kembali mobil dengan aki normal, kemudian pasang kabel jumper pada kutub aki mobil yang mati. Setelah, itu coba hidupkan mobil matic dengan aki mati tersebut.

Jika mobil matic berhasil hidup kembali, lepas kabel jumper tadi dengan perlahan. Stabilkan rpm pada angka 1000 dalam beberapa waktu. Nyalakan mesin mobil hingga 15 menit untuk mengisi aki yang tekor. Apabila berhasil, mobil akan dapat melaju dengan normal lagi.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika ingin melakukan cara jumper pada mobil matic adalah memposisikan transmisi mobil ke mode Parkir. Hal ini demi menjaga keamanan pengendaranya dan orang lain di sekitar. Lebih tepatnya adalah untuk menjaga posisi mobil dalam keadaan berhenti.

Semoga informasi tentang penyebab aki tekor beserta cara mengatasi aki tekor di atas bisa menambah wawasan Anda.

Dengan tahu penyebab dan gejala gangguan yang terjadi pada aki kendaraan, diharapkan Anda bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk menangani kondisi tersebut.


 

Berita Lainnya