PENCAPAIAN SUZUKI DI 2019 SERTA STRATEGI MENYONGSONG 2020
PUBLISHED DATE : 05 Februari 2020
Jakarta, 4 Februari 2020 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen pemegang merk (APM) Suzuki di Indonesia, selama tahun 2019 berhasil mencatatkan penjualan retail sales kendaraan roda empat (4W) sebanyak 102.865 unit. Meskipun industri otomotif secara nasional mengalami penurunan performa sekitar 11%, Suzuki berhasil mempertahankan posisinya sebagai merk mobil yang dipercaya dan dipilih oleh masyarakat Indonesia melalui dominasi Carry Pick Up yang merajai segmen low pick-up dengan pangsa pasar sebesar 56,8%.
Kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2019 ini berasal dari produk dalam negeri yaitu New Carry sebanyak 54.943 unit pada posisi pertama dan All New Ertiga yang mencapai 26.377 unit di posisi kedua. Penjualan produk lokal Suzuki berkontribusi sebesar 87,1% terhadap angka penjualan Suzuki secara nasional.
“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan selama tahun 2019 untuk terus memilih mobil Suzuki. Pencapaian angka penjualan ini membuktikan bahwa Suzuki masih menjadi mobil pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIS
Selain prestasi penjualan, Suzuki juga mendapat berbagai penghargaan dari institusi terpercaya di Indonesia. Hal ini semakin menunjukkan bahwa para pelanggan serta institusi tersebut memberikan kepercayaannya kepada Suzuki yang turut berkontribusi bagi industri otomotif di Tanah Air. Berikut beberapa penghargaan yang diterima oleh Suzuki selama 2019:
All New Ertiga
- Best of Total Cost of Ownership (Gridoto Award 2019)
- Best of Low MPV (Otomotif Award 2019)
- Car of the Year (Otomotif Award 2019)
Baleno Hatchback
Best of Total Cost of Ownership (Gridoto Award 2019)
SX4 S-Cross
Best of Low Crossover (Otomotif Award 2019)
Ignis
Best of Total Cost of Ownership (Gridoto Award 2019)
Carry Pick Up
The Best of Commercial Car (Gridoto Award 2019)
Seluruh prestasi yang dicapai oleh Suzuki ini juga didukung oleh rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk pelanggan Indonesia selama tahun 2019. Produk-produk yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut adalah:
- All New Ertiga Suzuki Sport – Maret 2019
- New Carry Pick Up – April 2019
- Jimny – Juli 2019
- New Baleno – Desember 2019
Pencapaian Servis Suzuki
Tidak hanya fokus pada penjualan saja, Suzuki juga terus meningkatkan layanan purnajualnya untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Selama 2019, lebih dari 1 juta unit mobil Suzuki melakukan servis di bengkel resmi atau meningkat 8% dibanding tahun 2018. Peningkatan angka service intake ini merupakan bukti bahwa layanan Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen untuk merawat kendaraannya. Saat ini, Suzuki memiliki 339 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang di antaranya menyediakan layanan Sales, Service, dan Spare Part.
“Kami mengerti bahwa salah satu hal terpenting dalam memiliki kendaraan adalah layanan purnajualnya. Hal ini yang mendasari kami untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Peningkatan service intake pada tahun 2019 merupakan bukti bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya oleh pelanggan setia kami,” tambah Itayama.
Pencapaian tersebut tidak lepas dari beragam program yang telah dilaksanakan seperti Service Campaign, layanan online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance. Tak hanya itu saja, Suzuki juga terus meningkatkan kualitas SDM untuk melayani konsumen dengan mengadakan pelatihan, hingga ajang kompetisi seperti ajang Suzuki Victorious Contest dan National Technician Skill Competition.
Kini di tahun 2020, upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan akan terus ditingkatkan. Selain melanjutkan program layanan purnajual di tahun sebelumnya, Suzuki akan menambah fasilitas dalam pelayanan, update aplikasi layanan Halo Suzuki, serta 10 Komitmen Pelayanan Dealer Suzuki.
Pencapaian Suzuki Marine
Sementara itu, Suzuki Marine yang banyak digunakan untuk sektor perikanan, pariwisata, transportasi, dan pemerintahan juga mencapai peningkatan performa penjualan mesin tempel atau Outboard Motor (OBM) di tahun 2019 sebesar 27% dibandingkan tahun 2018. Peningkatan penjualan juga diikuti dengan pencapaian penjualan pada mesin tempel 4-tak yang memberikan kontribusi sebesar 36% dari total penjualan Outboard Motor Suzuki.
Guna mendekatkan diri dengan pelanggan, Suzuki Marine juga rutin mengadakan beragam program untuk pelanggan, seperti customer gathering, sea trial, dan kegiatan pameran. Tidak hanya itu, Suzuki Marine juga mengadakan program ‘Clean Up the World’ sebagai bentuk tanggung jawab sosial, untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kebersihan lingkungan di sekitar pantai.
Pertumbuhan ini didukung dengan hadirnya 10 diler resmi yang tersebar di berbagi wilayah kota besar, yaitu Jakarta, Padang, Cilacap, Bali, Surabaya, Tarakan, Ternate, Ambon, Sorong, dan Batam. Melalui diler-diler tersebut, Suzuki Marine memberikan layanan dan spareparts kepada para pelanggan.
Pencapaian Ekspor dan Spare Parts Suzuki
Kinerja Suzuki dalam menjalankan aktivitas ekspor, terus mengalami hasil yang positif. Sepanjang 2019 Suzuki berhasil mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan. Pencapaian ekspor ini terdiri dari 26.820 unit completely knock-down (CKD) serta 39.613 unit completely built-up (CBU). Kontribusi terbesar ekspor Suzuki dipimpin oleh All New Ertiga sebesar 27.318 unit CBU atau 41,1% dari total ekspor Suzuki dan diikuti oleh Karimun Wagon R dengan kontribusi sebesar 21.936 unit CKD atau 33% dari total ekspor Suzuki.
Raihan positif juga dicapai pada penjualan suku cadang resmi Suzuki, dimana dari sisi pasar domestik roda empat serta suku cadang resmi Suzuki Marine, masing-masing berhasil meningkatkan pendapatannya sebesar 13% di tahun 2019. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda empat mencapai 23%.
Ke depannya, Suzuki akan senantiasa berupaya memperluas jaringan layanan purnajual ke seluruh Indonesia, baik untuk kendaraan roda empat, roda dua, maupun marine. Suzuki selalu mengukir berbagai jejak terbaik dari hulu hingga ke hilir, dan kepedulian tidak berhenti pada penjualan saja, namun juga kepuasan pelanggan.
Rencana Suzuki di 2020
Memasuki tahun 2020, tentunya Suzuki telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan performanya di industri otomotif Indonesia. Antara lain adalah menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta memberikan value-for-money terbaik. Untuk tahun 2020, Suzuki meningkatkan target market share untuk mencapai 12% serta target ekspor mobil di angka 69.000 unit baik dari segmen CKD maupun CBU.
Selain itu, selama 2020 Suzuki juga akan menjamin ketersediaan stok spare part dengan harga yang kompetitif, memperluas akses konsumen dengan My Suzuki, membuka Part Depo baru untuk memangkas waktu distribusi, serta menghadirkan produk terbaru Suzuki Genuine Oil dan Chemical yang diluncurkan hari ini yaitu oli ECSTAR. Suzuki juga akan senantiasa berupaya untuk memperluas jaringan layanan purna jual ke seluruh Indonesia dengan membuka 6 diler baru untuk 4W yang memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part) agar dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu, Suzuki juga akan kembali mengadakan program tahunannya seperti pos siaga saat Lebaran serta menjadi sponsor untuk kegiatan AFF Suzuki Cup 2020.