Berita

KILAS BALIK SUZUKI INDONESIA 2020: TETAP PACU KINERJA MESKI PANDEMI MELANDA

PUBLISHED DATE : 04 Maret 2021

Kilas Balik Suzuki Indonesia 2020 Tetap Pacu Kinerja Meski Pandemi Melanda

Jakarta, 4 Maret 2021 – Tahun 2020 Suzuki Indonesia telah genap 50 tahun berkontribusi untuk industri otomotif nasional. Meski di tahun 2020 industri otomotif mengalami penurunan performa akibat pandemi Covid-19, Suzuki terus berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut adalah pencapaian Suzuki Indonesia selama tahun 2020:

Pangsa Pasar Mobil Suzuki Meningkat

Dengan wholesales sebanyak 66.130 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar sebesar 2,7% sehingga menjadi 12,4%. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 72.389 unit sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%. Meskipun di tahun 2020 performa industri otomotif melandai 46,6% karena terdampak pandemi Covid-19, Suzuki berhasil mempertahankan posisi sebagai APM yang dipercaya dan dipilih konsumen.

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki. Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.

Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. XL7 sendiri menguasai 12,1% pangsa pasar wholesales MSUV dan 9,6% pangsa pasar retail sales MSUV. Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi 13,3% dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV, All New Ertiga menguasai 9% pangsa pasar wholesales dan 10,6% pangsa pasar retail sales.

Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Peningkatan pangsa pasar yang diraih Suzuki didukung rangkaian produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selama 2020, Suzuki telah meluncurkan produk-produk terbaru, yaitu:

  • XL7 – 14 Februari 2020
  • New Carry Luxury – 5 Maret 2020
  • New Ignis – 9 April 2020
  • Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition – 10 Oktober 2020

Jajaran mobil-mobil Suzuki, baik yang baru diluncurkan maupun sudah dijual di pasar, telah banyak menerima penghargaan dari berbagai ajang dan institusi terpercaya. Hal ini semakin menguatkan kepercayaan konsumen kepada Suzuki. Berikut beberapa penghargaan yang diterima Suzuki selama 2020:  

XL7

  • Car of The Year – OTOMOTIF Award
  • Best of MPV Crossover – OTOMOTIF Award
  • Best Small MPV-Crossover – Gridoto Award
  • Total Cost Ownership Small MPV – Gridoto Award

New Ignis

  • Total Cost of Ownership Compact Car – Gridoto Award
  • City Car – Marketeers Youth Choice

Jimny

  • Rookie of the Year – OTOMOTIF Award
  • Best of Compact SUV Resale Value – Gridoto Award

New Baleno

  • Total Cost of Ownership Hatchback – Gridoto Award

SX4 S-Cross

  • Best of Low Crossover – OTOMOTIF Award

Kemenangan Tim Suzuki Ecstar di MotoGP 2020 Dorong Penjualan Sepeda Motor

Kinerja penjualan sepeda motor Suzuki tahun 2020 lalu secara keseluruhan mencatatkan angka wholesales sebesar 28.310 unit dan retail sales sebesar 30.242 unit. Raihan ini didukung kepercayaan konsumen terhadap model sepeda motor unggulan keluaran Suzuki yang didominasi All New Satria F150 sebagai kontributor penjualan tertinggi dengan wholesales mencapai 15.356 unit atau sebesar 54,2% dan retail sales mencapai 15.131 unit atau sebesar 50%.

Di urutan berikutnya, NEX II turut berkontribusi sebesar 17,9% atau sebanyak 5.055 unit untuk wholesales dan 6.241 unit atau 20,6% untuk retail sales. GSX-R150, motor sport Suzuki yang sangat ikonik, juga turut menyokong angka wholesales sebanyak 2.723 unit dan retail sales sebanyak 3.097 unit.

Kemenangan tim Suzuki Ecstar dan pembalapnya, yaitu Joan Mir dan Alex Rins, pada ajang MotoGP 2020 lalu menjadi euphoria tersendiri yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kebanggaan konsumen. Hal ini diakui membantu mendorong penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia tahun lalu.

Sepanjang tahun 2020, Suzuki meluncurkan beberapa model ke pasar dalam negeri. Di bulan Oktober, Suzuki mengeluarkan varian warna baru untuk beberapa model sekaligus, seperti GSX-R150, Satria F150, Address FI, dan NEX II. Sedangkan di bulan November, Suzuki meluncurkan model terbaru, yaitu NEX Crossover, sepeda motor yang merepresentasikan gaya hidup berpetualang.

Motor Tempel 2-Tak Jadi Primadona Konsumen Suzuki Marine

Selain fokus pada produksi dan penjualan mobil dan sepeda motor, di tahun 2020 Suzuki juga terus mengoptimalkan potensi lini bisnis Suzuki Marine yang memasarkan motor tempel untuk perahu atau outboard motor (OBM). Kehadiran Suzuki Marine merupakan upaya Suzuki dalam mendukung pengembangan usaha di bidang transportasi air, pariwisata, industri perikanan, serta pemerintahan.

Di tahun 2020, motor tempel 2-tak Suzuki Marine menjadi primadona konsumen dengan kontribusi sebesar 72,8% dari total penjualan OBM Suzuki dan tumbuh 5,4% jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2019. Model berikutnya yang juga laku keras di pasaran karena kualitasnya adalah mesin tempel 4-tak yang berkontribusi sebesar 27,2%.

Hingga saat ini, sudah terdapat 10 jaringan diler Suzuki Marine yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Padang, Cilacap, Bali, Surabaya, Tarakan, Ternate, Ambon, Manado, dan Batam. Suzuki Marine akan terus menambah jaringan diler dan outlet agar dapat menjangkau area yang lebih luas.

Layanan Purnajual dan Suku Cadang Suzuki Semakin Dipercaya Konsumen

Di samping menghadirkan produk berkualitas dan value for money, Suzuki terus berupaya memberikan layanan purnajual yang maksimal bagi konsumen. Sepanjang 2020, Suzuki mencatatkan layanan purnajual mobil sebanyak 915.776 unit intake di 238 bengkel resmi, dan layanan purnajual sepeda motor sebanyak 390.379 unit intake di 249 bengkel resmi di seluruh Indonesia. Tingginya angka unit intake di tahun 2020 menunjukkan bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari hadirnya beragam program servis menarik untuk konsumen serta layanan yang memudahkan seperti online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance.

Sedangkan untuk suku cadang resmi Suzuki yang terdiri dari Suzuki Genuine Parts (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO), dan Suzuki Genuine Accessories (SGA), penjualan suku cadang mobil berkontribusi paling tinggi, yaitu sebesar 65,7%. Disusul berikutnya oleh suku cadang sepeda motor yang berkontribusi sebanyak 33%.

Penjualan suku cadang Suzuki terbilang moncer untuk kondisi pandemi. Kinerja yang baik ini didukung salah satunya oleh aplikasi mobile MySuzuki. Aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau Apps Store ini melayani pembelian suku cadang resmi Suzuki, baik untuk mobil maupun sepeda motor. Di tahun 2020, MySuzuki mengalami peningkatan transaksi yang signifikan sebesar 57% jika dibandingkan tahun 2019. Fitur-fiturnya yang user friendly, jaminan keamanan bertransaksi, dan harga suku cadang yang sama di seluruh Indonesia menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya jumlah pengguna aplikasi MySuzuki.

Christiana Yuwantie, Spare Parts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor, mengatakan, “Kami paham bahwa selain menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan value for money, hal penting lainnya yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk adalah suku cadang dan purnajualnya. Inilah yang mendasari kami untuk terus menyediakan suku cadang resmi dengan harga yang sama di seluruh Indonesia. melalui aplikasi MySuzuki, konsumen semakin mudah membeli suku cadang dengan jaminan keamanan bertransaksi”.

Ekspor Suzuki Tertinggi di Tengah Penurunan Ekspor Otomotif Nasional

Di tengah penurunan ekspor otomotif sepanjang 2020, kegiatan ekspor mobil dan sepeda motor Suzuki tetap berjalan optimal. Tahun lalu Suzuki berhasil mengapalkan 45.188 unit mobil ke 51 negara tujuan di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika. Pencapaian ekspor kendaraan roda empat ini terdiri dari 37.400 unit completely built-up (CBU) dan 7.788 unit completely knock-down (CKD). Kontribusi terbesar ekspor mobil didominasi oleh All New Ertiga sebesar 43,3%, diikuti oleh XL7 sebesar 31%, dan New Carry 18,4%. Pencapaian ini membuat Suzuki menjadi merk dengan penurunan kinerja ekspor mobil paling minim di industri otomotif.

Untuk sepeda motor, Suzuki juga telah mengekspor total 127.434 unit sepeda motor ke 35 negara tujuan yang tersebar di Asia, Eropa, Timur Tengah, Oseania, dan Amerika Latin. Kontribusi terbesar ekspor sepeda motor Suzuki didominasi oleh Satria F150 sebesar 49,7%, kemudian diikuti oleh NEX II sebesar 12%, dan Address FI sebesar 11,3%.

Selain mengekspor mobil dan sepeda motor, Suzuki Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor suku cadang ke berbagai negara di dunia. Persentase ekspor suku cadang Suzuki sepanjang 2020 dikontribusi oleh ekspor suku cadang mobil sebesar 64,9% dan ekspor suku cadang sepeda motor sebesar 35,1%.

Auto Value dan Suzuki Insurance

Untuk melengkapi kebutuhan dan kenyamanan konsumen, Suzuki Indonesia juga memiliki unit bisnis yang menyediakan layanan tukar tambah mobil dengan nama Auto Value. Konsumen dapat menikmati layanan tukar tambah mobil bekas di Auto Value dengan proses yang lebih cepat, nyaman, menguntungkan, serta bebas cemas.

Saat ini Auto Value sudah memiliki 8 outlet yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Surabaya, Jambi, dan Pangkal Pinang. Ke depannya, Auto Value akan terus berekspansi agar dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan Suzuki Insurance yang menawarkan ketenangan maksimal bagi konsumen saat berkendara. Layanan Suzuki Insurance kini bisa diakses di lebih dari 200 outlet resmi Suzuki. Selama tahun 2020, Suzuki Insurance berhasil meningkatkan 222% pengguna layanan jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Rencana Suzuki di 2021

Meski masih dibayangi pandemi Covid-19, tahun ini Suzuki akan terus berupaya menggairahkan pasar otomotif nasional. Di tahun 2021, Suzuki menargetkan bisa mencapai 13% pangsa pasar mobil di pasar otomotif nasional. Untuk pasar ekspor, target pengapalan mobil Suzuki selama 2021 adalah sebanyak 66.500 unit baik untuk CKD maupun CBU. Selain itu, jumlah negara tujuan ekspor pun diupayakan akan ditambah.

Untuk lini bisnis lainnya, seperti sepeda motor, suku cadang, dan purnajual, Suzuki akan terus meluncurkan produk-produk dan layanan baru untuk menstimulus pasar. Jaringan layanan penjualan dan purnajual akan ditingkatkan, kualitas SDM akan dioptimalkan, dan program-program penjualan pun semakin beragam dan menguntungkan konsumen. Penggunaan platform digital juga akan semakin ditingkatkan sebagai salah satu upaya Suzuki memberikan kemudahan dan memperluas akses konsumen.

Suzuki juga akan terus menerapkan Suzuki Hygiene Commitment melalui penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan), melakukan penyemprotan disinfektan, serta protokol kesehatan lainnya di setiap unit kerjanya mulai dari pabrik, kantor, hingga outlet resmi Suzuki di seluruh Indonesia. Semua upaya tersebut merupakan tanggung jawab Suzuki dalam memastikan kepuasan konsumen serta komitmen Suzuki untuk terus berkontribusi secara aktif dan positif untuk Indonesia.

Berita Lainnya