Berita

KIAT RAWAT NEW CARRY PICK UP AGAR TETAP BEKERJA OPTIMAL DAN MEMILIKI UMUR PAKAI LAMA

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2021

Kiat Rawat New Carry Pick Up Agar Tetap Bekerja Optimal Dan Memiliki Umur Pakai Lama Thumb

Jakarta, 12 Oktober 2021 – Didesain dengan bodi tangguh dan kabin luas, New Carry Pick Up menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen segmen kendaraan komersial. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan New Carry Pick Up dengan bak berukuran lebih luas yang mampu mengangkut muatan seberat 1 ton dan dapat dibuka dari 3 sisi. Adanya penyegaran pada New Carry Pick Up pada awal tahun ini juga menunjukkan komitmen Suzuki dalam meningkatkan kualitas mobil yang dikenal dengan julukan Rajanya Pick Up ini.

Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS, dengan mengusung konsep ILMU yaitu Irit bensin dan perawatannya, Lama umur pakainya, Muatnya banyak, dan Untung di ujung ini, New Carry Pick Up hadir sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam pemakaiannya, ada beberapa anjuran penggunaan dan perawatan yang benar agar kendaraan terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama, di antaranya:

  1. Perhatikan Kondisi Ban

Perawatan ban atau roda dapat dilakukan sebelum kendaraan digunakan maupun ketika berada di Bengkel Resmi Suzuki. Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi dari Bengkel Resmi Suzuki.

  1. Merasakan Kinerja Pengereman dan Kopling Lewat Pedal

Pengereman dan kopling mobil pick up menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain. Pengendara harus memperhatikan kinerjanya lewat langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal. Kemudian, pengendara juga perlu meminta Bengkel Resmi Suzuki untuk melakukan pengecekan kanvas rem, volume minyak rem dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

  1. Perhatikan Fungsi Lampu dan Wiper

Memasuki musim penghujan, pastikan semua lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu. Merawat wiper merupakan hal esensial saat musim hujan agar menghasilkan pandangan yang lebih maksimal. Periksa kelenturan/fungsi karet wiper dan isi cairan wiper secara rutin sesuai standar volume yang disarankan.

  1. Lakukan Servis Berkala secara rutin di Bengkel Resmi Suzuki

Pengguna New Carry Pick Up dapat melihat panduan Jadwal Servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di Buku Service dan Garansi atau mengikuti reminder yang sudah dijadwalkan oleh Bengkel Resmi Suzuki. Hindari untuk melakukan perawatan di luar Bengkel Resmi Suzuki.

  1. Tepat Dalam Membawa Jumlah dan Bobot Muatan

Kapasitas bak New Carry Pick-Up yang besar sangat menguntungkan bagi pengendara, namun cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik. Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang. Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan. Suzuki menyarankan kepada pengendara untuk tidak mengangkut barang melebihi batas berat maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan.

  1. Hindari membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar

Membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal Bensin, Solar, Oli, Minyak Sayur dan chemical cairan lainnya. Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah. Jika terjadi kebakaran yang dipicu dari hal tersebut diatas maka New Carry Pick Up Anda tidak bisa beroperasi secara normal menemani aktifitas sehari-hari Anda

  1. Jaga Kebersihan Interior

Menjaga kebersihan bagian dalam kendaraan juga merupakan poin penting. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap nyaman dan membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan dan gunakanlah pengharum ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.

New Carry Pick Up hadir dengan desain dan tampilan yang kokoh dan tangguh. New Carry Pick Up juga memiliki bak berukuran lebih luas, yaitu panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm sehingga mampu mengangkut muatan sebanyak 1 ton. Dilengkapi dengan pengait di sekeliling bak yang digunakan untuk mengikat barang agar lebih aman selama perjalanan. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Pentingnya melakukan perawatan secara berkala memiliki banyak manfaat, seperti mengoptimalkan kinerja mesin, terhindar dari kerusakan, menjaga nilai jual mobil, efisiensi penggunaan bahan bakar, dan mempertahankan kualitas sistem keamanan kendaraan. Kurangnya perhatian terhadap kendaraan dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lainnya di jalan. Maka dari itu, lakukanlah perawatan secara rutin baik di rumah maupun di bengkel resmi Suzuki terdekat,” tutup Hariadi.

Selama pemberlakuan kebijakan PPKM, jam operasional bengkel resmi Suzuki mengikuti peraturan pemerintah setempat. Namun demikian, Suzuki tetap menyediakan berbagai layanan seperti Home Service, Pick-Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. Selain itu terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja suku cadang kendaraan secara online.

Berita Lainnya