Berita

Clean Up the World: Suzuki Ajak Siswa SD Bersih-Bersih di Pulau Pari

PUBLISHED DATE : 01 Januari 1970

Foto Utama Clean Up

Jakarta, 22 Februari 2020 – Sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia. Saat ini, Indonesia masih menjadi penghasil limbah plastik terbesar ke-2 di dunia. Kondisi ini membuat Suzuki tergerak untuk mengajak masyarakat luas untuk berperan aktif dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Suzuki Marine, sebagai unit bisnis dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menangani penjualan mesin tempel kapal (Outboard Motor) di Indonesia kembali menggelar kegiatan tanggung jawab sosial ‘Clean Up the World’ dengan tema “Bersih Berawal Dariku”. Dalam aktivitas  ini, Suzuki mengajak murid-murid SDN 01 Pulau Pari bersama para guru untuk ikut serta dalam aksi membersihkan pantai di sekitar Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Dalam Clean Up the World kali ini kami  mengajak murid-murid SDN 01 Pulau Pari untuk membersihkan pantai di sekitar Pulau Pari. Alasan kami mengajak mereka karena anak-anak  menjadi harapan bangsa dalam menyelamatkan lingkungan di masa yang akan datang, sehingga kebiasaan ini harus ditanamkan sedini mungkin. Dalam kesempatan ini kami juga melibatkan komunitas pecinta lingkungan Trash Hero untuk memberikan sosialisasi dan edukasi seputar limbah plastik,” jelas Gunardi Prakosa, Marine Deputy General Manager PT SIS.

Sebelum terjun untuk membersihkan pantai, para murid SDN 01 Pulau Pari terlebih dahulu mendapatkan sosialisasi dan edukasi mengenai sampah dari komunitas pecinta lingkungan, Trash Hero. Para murid mendapatkan penjelasan mengenai klasifikasi sampah, yaitu sampah yang dapat didaur ulang dan sampah yang tidak dapat didaur ulang.

Setelah itu, para murid dan guru SDN 01 Pari, bersama dengan karyawan-karyawan Suzuki Marine terjun langsung dalam aksi bersih-bersih sampah di sekitar pantai. Sesuai dengan pembelajaran pada saat sosialisasi, sampah-sampah dipungut lalu ditempatkan ke dalam kantong sampah yang berbeda sesuai dengan klasifikasinya.

Total sampah yang berhasil terkumpul adalah 20 kantung sampah dengan berat 400 kilogram. Kemudian, kantung sampah yang terkumpul diserahkan kepada petugas kebersihan untuk didaur ulang atau dikirim ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Acara ini kemudian ditutup dengan pemberian bantuan berupa tempat sampah untuk SDN 01 Pulau Pari. Suzuki berharap agar ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan lingkungan yang bebas sampah, khususnya di Pulau Pari.

Kampanye ‘Clean Up the World’ adalah aktivitas CSR Suzuki Marine di seluruh dunia dimulai sejak tahun 2010. Indonesia sendiri telah memulai kampanye ini pada tahun 2014 dan secara rutin menggelar kegiatan ini setiap tahunnya.

Berita Lainnya

SSE 4

Suzuki Sound Experience

Yuk cobain sensasi suara akselerasi motor Suzuki dari telepon genggam mu Belum lama ini Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan merilis sebuah aplikasi bernama Suzuki Sound Experienc...

selengkapnya