Berita

Bisa di Rumah, Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Juni 2021

Suzuki Ignis Puncak (2)

Memiliki kendaraan yang kinclong tentu akan meningkatkan kepercayaan diri pengendara. Sudahkah Anda tahu cara mengkilapkan cat mobil yang benar? Kusam akan langsung hilang jika Anda melakukan perawatan dengan rutin

Cat bekerja untuk memberikan warna dan juga pelindung body mobil. Hanya saja ketahanan cat juga ditentukan bagaimana perawatannya selama ini. Cat juga lama kelamaan akan menjadi pudar sehingga menciptakan kesan kusam. 

Bagaimana cara Anda untuk memulihkan tampilan dari mobil yang kusam? Apa saja perawatan yang perlu Anda terapkan? Supaya tak salah langkah Anda bisa menyimaknya di sini. 

Kenali 7 Penyebab Tampilan Mobil Cepat Kusam 

Sebelum belajar bagaimana cara mengkilapkan cat mobil, Anda perlu mempelajari apa saja penyebab utama body mobil menjadi kusam. Dengan menghindari beberapa penyebab berikut ini, Anda bisa menjaga tampilan mobil tetap prima. 

  1. Sinar UV dari Matahari

Apakah Anda sering menjemur memarkirkan kendaraan di area terbuka tanpa tutup di bagian atasnya seharian? Inilah penyebab yang paling sering diremehkan, karena sinar UV dari matahari menjadi alasan utama cat mobil cepat kusam. 

Panas terik matahari tak hanya membuat cat kusam tetapi juga warna memudar. Selain membawa sinar UV, terkandung juga sinar infra merah yang merusak kualitas cat mobil. Bahkan walaupun Anda sudah menggunakan cat mobil berkualitas dan mahal sekalipun. 

    2. Debu Pada Body Mobil yang Dibiarkan Lama

Apakah Anda jarang mencuci mobil? Hati-hatilah karena debu yang menempel pada permukaan cat mobil menjadi penyebab warna pudar dan kusam. Debu yang merupakan partikel paling kecil dari pasir ini juga akan menyebabkan baret halus pada permukaan body mobil. 

Debu yang terkena udara lembab akan mengeras dan menjadi kerak sehingga sulit untuk dibersihkan. Jika Anda hanya membersihkannya dengan kain kering maka potensi kerusakan pada cat akan lebih tinggi dan debu tidak akan hilang. 

    3. Tidak Menggunakan Shampo Khusus Mobil

Tidak semua jenis sabun bisa digunakan untuk mencuci mobil. Anda mungkin pernah menggunakan deterjen cuci pakaian atau cuci piring. Sayangnya walaupun sama-sama ,api kandungan di dalamnya justru berpotensi merusak cat mobil. 

Apalagi jika Anda menggunakan sabun berbentuk bubuk atau sabun colek yang memiliki partikel abrasif. Justru tidak membuat bersih, partikel sabun dapat menempel pada permukaan mobil dan menjadi sumber pertumbuhan jamur. 

    4. Terkena Air yang Berkadar Garam atau Asam Tinggi

Tidak semua jenis air bagus digunakan untuk mencuci mobil. Salah satunya adalah air yang memiliki kadar garam atau asam tinggi. Air dengan ph tinggi menjadi musuh terbesar lapisan cat karena akan mempercepat menjadi pudar. 

Air dengan jenis ini akan membuat body mobil jadi lebih cepat berkarat karena cat mobil tidak bisa bekerja melindunginya. Hal ini disebabkan karena air tersebut akan teroksidasi dengan udara serta sinar matahari. 

    5. Terlalu Sering Menggunakan Cover Mobil

Cover mobil pada dasarnya adalah untuk menjaga body mobil agar tidak mudah kotor, hanya saja Anda harus tahu kapan penggunaannya yang tepat. Menggunakan cover pada saat mobil dalam keadaan basah atau di ruangan yang lembab tidaklah baik. 

Karena air akan terjebak di bawah cover yang akan menimbulkan noda pada body mobil. Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan cover saat hujan. Cover tidak melindungi mobil dari air hujan tapi justru air bisa merembes ke dalam. 

    6. Salah Menggunakan Bahan Poles

Rencana ingin membuat mobil mengkilap namun hasilnya justru mengecewakan. Hal ini sering terjadi ketika pemilik mobil ingin melakukan pemolesan sendiri. Penyebab utamanya adalah karena salah menggunakan bahan poles. 

Tak semua bahan poles cocok digunakan untuk menciptakan kilap pada body mobil. Anda mungkin saja menggunakan bahan poles yang abrasif sehingga justru membuat body mobil tergores dan menjadi lebih kusam. 

    7. Mencuci dengan Air Panas

Sebuah kesalahan besar jika Anda ingin menghilangkan noda kotoran yang keras dengan memanfaatkan air panas. Sesuai yang telah disebutkan di atas, tidak semua jenis air bisa digunakan termasuk air panas. 

Yang terjadi adalah cat akan cepat kusam bahkan beberapa ada yang warnanya langsung memudar. Apalagi jika Anda menggosok pada satu area dengan keras maka warna cat akan cepat menghilang. 

Ikuti cara mengkilapkan cat mobil yang benar dan hindari ketujuh hal di atas. Tentu saja tidak sulit bukan untuk melakukannya. Semuanya tergantung pada kebiasaan Anda dalam merawat kendaraan.

Suzuki_Ignis_Puncak__1_

4 Tips Cara Mengkilapkan Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Merawat kendaraan bukan hanya soal servis Anda. Diperlukan juga perawatan body mobil secara berkala. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan tenaga profesional. Dengan begitu tampilan mobil Anda bisa jadi lebih kinclong daripada sebelumnya. 

Berikut ini beberapa tips yang sangat mudah diikuti untuk membuat body mobil tetap terlihat kinclong. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah. 

  • Rutin Mencuci dengan Benar

Tips pertama cara mengkilapkan cat mobil adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Khususnya saat musim penghujan di mana lumpur sangat mudah menempel di bagian bawah mobil dan mengeras. 

Lumpur akan membuat mobil lebih cepat kusam sehingga harus segera dibersihkan. Anda bisa mencuci dengan shampo khusus mobil. Pastikan menggunakan air dingin dan juga cuci di tempat yang teduh. 

Setelah itu mobil wajib dikeringkan agar noda air tidak muncul dan merusak cat mobil. Usai mencuci tampilan mobil akan mengkilap kembali. 

  • Manfaatkan Wax untuk Mobil

Selanjutnya Anda bisa menggunakan wax yang tidak membuat lapisan cat terkikis. Karena wax merupakan lilin yang akan memberikan lapisan pelindung tambahan pada body mobil. 

Cara mengkilapkan cat mobil dengan wax sangat mudah, cukup dengan mengaplikasikannya di permukaan body yang kering dan bersih. Paling tepat dilakukan saat Anda selesai mencuci mobil. 

Kemudian poles langsung wax dengan spons atau kain yang lembut. Lakukan gerakan memutar sampai merata dan diamkan 5 menit. Baru setelah itu Anda bisa membersihkan bekas wax dengan lap kering. 

  • Tak Perlu Sering Menggunakan Compound

Compound berfungsi untuk mengatasi goresan ringan pada mobil. Jadi jika Anda menggunakannya pada permukaan cat yang baik-baik saja justru akan menimbulkan kerusakan. 

Pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan compound. Terlalu sering menggunakannya juga tidak berfungsi untuk membuat mobil mengkilap. 

  • Manfaatkan Obat Poles

Selain wax, Anda juga bisa menggunakan obat poles untuk mengatasi kusam pada mobil. Cara aplikasinya juga setelah mobil dicuci. Anda hanya perlu membeli obat poles yang sama dengan cat mobil. 

Gunakan spons bersih dan kering untuk menggosok body mobil dengan obat poles. Kemudian tunggu kering dan lap menggunakan kain microfiber. Dengan begitu tampilan mobil akan kinclong, kusam pun hilang. 

Semua cara mengkilapkan body mobil ini sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda hanya perlu memastikan menggunakan air, wax, dan obat poles yang sesuai. 

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya