Berita

BIDIK KONSUMEN MUDA SUZUKI LUNCURKAN BALENO DAN S-PRESSO SEKALIGUS DI GIIAS 2022

PUBLISHED DATE : 11 Agustus 2022

Bidik Konsumen Muda Suzuki Luncurkan Baleno Dan S Presso Sekaligus Di Giias 20221660805299 Thumb

Tangerang, 11 Agustus 2022 – Hari ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan dua mobil sekaligus yang sudah dinantikan publik Tanah Air, yaitu Baleno dan S-Presso. Acara peluncuran line up terbaru Suzuki tersebut dilakukan oleh Soebronto Laras (Komisaris Suzuki Indonesia), Shingo Sezaki (President Director Suzuki Indonesia), Ryohei Matsushita (Sales & Marketing Director 4W PT SIS), dan Hady S Halim (Deputy Director Sales & Marketing 4W PT SIS) di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Tangerang, Banten (11/08).

 

Menurut President Director Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki, kehadiran Baleno dan S-Presso dapat menyegarkan segmen hatchback dan city car industri otomotif Indonesia. “Untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen yang semakin berkembang dan beragam, kami mengambil langkah maju untuk mengembangkan lini produk mobil penumpang yang memiliki kinerja yang baik, nyaman, irit bahan bakar, dan desainnya stylish. Hari ini kami sangat senang memperkenalkan 2 model baru yang cocok dengan gaya hidup masyarakat urban, yaitu Baleno dan S-Presso. Dengan keunggulan masing-masing, kami yakin keduanya dapat berkontribusi terhadap peningkatan pasar hatchback dan city car Indonesia,” katanya.

 

Baleno terbaru yang diluncurkan saat ini mengalami banyak perubahan baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin. Hadir dengan filosofi liquid flow design yang aerodinamis dan desain eksterior yang elegan, hacthback berukuran 3.990 mm x 1.745 mm x 1.485 mm ini memberikan kebanggaan dan kepercayaan diri kepada penggunanya. Dari bagian dalam mobil, desainnya pun dibuat lebih nyaman dan modern serta dilengkapi fitur-fitur premium dan aksesori yang pas sehingga berkendara semakin menyenangkan. Selain itu, Baleno juga memiliki fitur keselamatan yang sangat baik dengan adanya 6 titik airbag di sekeliling mobil untuk mengurangi dampak tabrakan terhadap pengendara dan penumpang. Ubahan lainnya yang sangat penting terletak pada mesin yang saat ini menggunakan mesin baru K15B yang lebih bertenaga dan terkenal irit bahan bakar. Sesuai dengan tagline-nya “Flow That Excites You”, perpaduan antara desain yang elegan, kenyamanan kabin, dan kinerja mesin tersebut membuat siapapun bergembira saat mengendarainya, termasuk kalangan dewasa muda dan masyarakat urban.

 

Sedangkan untuk S-Presso merupakan produk yang baru dipasarkan di Indonesia. Secara tampilan, garis desainnya yang unik dengan warna-warna mencolok membuatnya terlihat penuh gaya sehingga semua orang akan melirik S-Presso. Dengan ukuran 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm, S-Presso menjadi city car dengan dimensi yang kompak sehingga lincah saat bermanuver di jalanan yang padat dan sempit. Ground clearance S-Presso pun terbilang tinggi di kelasnya, yaitu 180 mm. Hal ini membantu pengemudi saat harus melewati jalanan yang tidak rata ataupun genangan air layaknya sebuah SUV (Sport Utility Vehicle). Untuk mengakomodasi barang bawaan, S-Presso memiliki ruang bagasi yang luas untuk membawa banyak barang. Selain itu, S-Presso dibekali mesin K10B DOHC di bagian dapur pacu yang membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Dengan semua keungulan tersebut, tak heran kalau S-Presso mengusung tagline “Step Up Your Game” karena menawarkan sensasi berkendara yang lebih baik bagi anak muda maupun keluarga kecil. 

 

Dengan teknologi terbaru, fitur-fitur terkini, dan desain yang modern, Baleno dan S-Presso diharapkan dapat mendukung mobilitas masyarakat terutama di kota-kota besar. Hady S Halim, Deputy Director Sales & Marketing 4W PT SIS mengatakan, “Kami berharap Baleno dan S-Presso baru ini akan menjadi produk yang disukai konsumen. Baleno memberikan kebanggaan, sementara S-Presso menawarkan fungsi. Dua-duanya memiliki keunggulannya masing-masing. Tapi yang pasti, harga kedua model tersebut sangat kompetitif dan biaya perawatannya juga terjangkau sehingga sangat value for money.”

 

Baleno hadir dalam pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT). Dengan menawarkan 7 pilihan warna, yaitu Luxe Beige, Celestial Blue, Splendid Silver, Opulent Red, Grandeur Grey, Arctic White, dan Pearl Midnight Black, berikut harga On The Road Baleno untuk wilayah Jakarta bulan Agustus 2022:

Baleno (MT) : Rp262.900.000

Baleno (AT) : Rp274.900.000

 

Sedangkan S-Presso tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan AGS (Auto Gear Shift) serta 6 pilihan warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic. Harga On The Road S-Presso untuk wilayah Jakarta bulan Agustus 2022 adalah: 

S-Presso (MT) : Rp155.000.000

S-Presso (AGS) : Rp164.000.000

 

Untuk masyarakat yang penasaran dengan tampilan Baleno dan S-Presso, dapat mengunjungi booth Suzuki Indonesia di GIIAS 2022 yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang. Selain itu, untuk merasakan langsung sensasi mengendarai Baleno dan S-Presso, pengunjung juga bisa melakukan test drive selama 11-21 Agustus 2022. 

 

LEMBAR FAKTA – SUZUKI S-PRESSO  

Sukses mengaspal di beberapa negara di dunia, kini Suzuki S-Presso telah resmi hadir di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) meluncurkan Suzuki S-Presso pada Kamis (11/08). Hadir sebagai pilihan city car yang sporty dan stylish, Suzuki S-Presso menyasar kaum muda dan keluarga kecil yang membutuhkan city car yang kompak dan efisien. Selain bentuknya yang kompak, Suzuki S-Presso juga memprioritaskan kenyamanan berkendara dengan menghadirkan interior yang nyaman dan lega, serta proporsional ground clearance yang cukup tinggi. Sebagai pilihan city car di Indonesia, Suzuki S-Presso juga hadir dengan harga yang sangat terjangkau. 

Suzuki S-Presso

SPESIFIKASI UMUM SUZUKI S-PRESSO

DESKRIPSI 

SATUAN 

SUZUKI S-PRESSO

Dimensi Kendaraan

Panjang 

mm 

3.565

Lebar 

mm 

1.520

Tinggi 

mm 

1.565

Jarak Poros Roda 

mm 

2.380

Radius Putar Minimum 

4.5

Jarak Terendah 

mm 

180

Berat Kendaraan (Gross Vehicle Weight)

 

1170 (MT & AGS)

Mesin 

Tipe Mesin - K10B DOHC

Jumlah Silinder 

3 Silinder

Jumlah Katup 

Isi Silinder 

Cc 

12 

998

Diameter x Langkah 

mm x mm 

73 x 79,5

Daya Maksimum kW / RPM 50 / 5.500 

Momen Puntir Maksimum Nm / RPM 90 / 3.500 

Transmisi

Tipe Transmisi 

Manual AGS

Suspensi 

Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang 

 

Torsion Beam with Coil Spring



FITUR SUZUKI S-PRESSO

NO 

.

FITUR 

SUZUKI S-PRESSO

 

Mesin

K10B DOHC, 3 Cyl 12 Valve 

Platform 

√ 

HEARTECT



 

Eksterior

Headlamp with Turning Signal 

Halogen Multireflector

Front Grille 

Chrome

Rear Skid Plate 

Front Skid Plate 

Lower Radiator Cover 

Tire Wheel

Black Polished Alloy Wheel 

165/70 R14

Body Color Door Handle 

10 

Body Color Outside Mirror 

11 

Front Power Window 

12 

Side & Wheel Arch Cladding 

13 

Rear Spoiler & High Mount Stop Lamp 

14 

Rear Combination Lamp 

15 

Rear Defogger 

 

Interior

16 

17 

18 

Spacious Luggage 

3-Spoke Steering Wheel 

Power Steering 

√ 

√ 

19 

20 

21 

Front & Rear Console Pocket 

Glove Box & Open Tray 

Front Console Cup Holder & Door Pocket 

√ 

√ 

22 

23 

24 

Silver Door Ornament 

Front Electric Windows 

Adjustable Seat 

√ 

√ 

25 

Aesthetic Dashboard with Silver Garnish 

26 

Digital Meter Cluster 

27 

Head Unit 6,8 inch with Smartphone Mirroring 

28 

Front Door Speaker 

2 (front)

29 

Control A/C with Heater 

30 

Louver AC 

31 

Map Lamp 

32 

Sun Visor 

33 

Door Visor 

SGA (optional accessories)

34 

Door Sill Guard 

SGA (optional accessories)

35 

Floor Mat 

SGA (optional accessories)

 

Fitur Keselamatan

36 

SRS Front Dual Airbags 

37 

Rear Parking Sensor 

38 

Immobilizer 

39 

ABS (Anti-lock Braking System) 

40 

Seatbelts

3-Point ELR Seatbelts 

with pretensioners and force limiters (front) 

3-Point ELR Seatbelts (rear)

41 

Childproof Rear Door Locks 

42 

3 Points Assist Grip

1 (front passenger) 

2 (rear)

43 

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) 


Harga OTR JABODETABEK Suzuki S-Presso tahun 2022: 

  • Suzuki S-Presso MT Rp155.000.000,- 
  • Suzuki S-Presso AGS Rp164.000.000,- 

Pilihan Warna: 

  • Sizzle Orange 
  • Solid Fire Red 
  • Pearl Starry Blue 
  • White 
  • Granite Grey Met 
  • Silky Silver Met

 

LEMBAR FAKTA – BALENO  

Setelah lebih dari 25 tahun hadir di Indonesia, Suzuki Baleno terus mengalami perubahan dan  pengembangan yang disesuaikan dengan trend dan kebutuhan pasar otomotif di Indonesia. Sebelumnya  dikenalkan sebagai New Baleno Facelift dengan sedikit ubahan interior dan eksterior pada tahun 2019  lalu, kini PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kembali meluncurkan Suzuki Baleno pada 11 Agustus 2022  di perhelatan otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Hadir sebagai pilihan mobil  hatchback dengan Liquid Flow Design, Suzuki Baleno tawarkan beragam fitur unggulan dan canggih untuk  berikan sensasi berkendara yang nyaman dan aman. 

Suzuki Baleno kini hadir dengan design baru di bagian eksterior maupun interior guna menyuguhkan  pengalaman menyenangkan, dan dibekali mesin baru K15B yang lebih bertenaga. Untuk menghadirkan  sensasi berkendara yang aman dan nyaman, Suzuki turut menambahkan kelengkapan keselamatan 

Suzuki Baleno

SPESIFIKASI UMUM SUZUKI BALENO

DESKRIPSI 

SATUAN

BALENO 

Dimensi Kendaraan

Panjang 

mm 

3.990

Lebar 

mm 

1.745

Tinggi 

mm 

1.485

Jarak Poros Roda 

mm 

2.520

Radius Putar Minimum 

5.1

Ground Clearance 

mm 

160

Mesin

Tipe Mesin 

K15B

Jumlah Silinder 

4

Jumlah Katup 

16

Diameter x Langkah 

mm x mm 

74,0 x 85,0

Isi Silinder 

cc 

1.462

Daya Maksimum 

PS / RPM 

104,6 / 6.000

Momen Puntir Maksimum 

Nm / RPM 

138 / 4.400

Rangka/Chassis

Suspensi 

Depan 

MacPherson Strut with Coil Spring

 

Belakang 

Torsion Beam with Coil Spring

Rem 

Depan 

Ventilated Disc

 

Belakang 

Drum

Ukuran ban 

195/55 R16

Berat

Berat Kotor 

kg 

1.430



NO. 

FITUR

BALENO 

(current launch)

 

Mesin

 

New Engine K15B 

K15B

 

Eksterior

 

New Exterior Design 

Exterior Liquid Flow Design

Front Grille Design 

New Front Grille and Chrome Accent

Head Lamp 

New LED Projector With 3 Point Signature LED Lamp and  Guide Me Light with Auto Headlight

Fog Lamp 

New Design with LED Lamp

Front Bumper 

New Design

Rear Lamp 

New Design with 3 point LED & Additional Extension Lamp

Rear Bumper 

New Rear Bumper Design

New Parking Sensor + Rear Camera 

10 

New Roof-End Spoiler 

11 

New Window Chrome Ornament 

12 

New Electric Foldable ORVM 

13 

Wheel Design 

New Dual Tones Polished  

195/55 R16

 

Interior 

 

14 

New Dashboard Design 

15 

New Head Up Display (HUD) 

Showing Speed, Engine RPM and Fuel Consumption

16

New Auto Dimming Inside Rear View  Mirror

17 

New Rear AC vents & USB Sockets 

18 

New Steering Wheel 

With Leather Cover, Audio Switch Control & Bluetooth  Connection

19 

New Cruise Control 

20 

Color Seat Material

New Navy Coloured Accent Fabric & Three dimensional design with shoulder

21 

New Sun visor 

with ticket holder and illumination lamp (R/L)

22 

New Front USB and Accessory Socket 

New USB

23 

New Auto Climate A/C with Heater 

24 

New AC Design 

Satin Silver Ornament A/C List

25 

New Head Unit 

6,8” Head Unit Touch Screen with Smartphone Linkage

26 

New Sporty Meter Cluster 

27 

New Floating Audio Design 

28 

New Armrest Storages 

with Sliding Front Armrest

29 

New Gear shift knob 

New Design Gear Shift Knob with Metallic Medium Grey  Color

30 

Tilt and Telescopic Steering 

 

Fitur Keselamatan

 

31 

New Airbags 

6 Airbags

32 

New Hill Hold Control 

AT Only

33 

New ESP® 

34 

ABS, EBD & BA 

35 

HEARTECT Platform Body 

36 

Fire Extinguisher 

37 

Immobilizer 

38 

ISOFIX 

39 

Pretensioner Front Seatbelt 

40 

Pedestrian Injury Mitigation Body 

 

Aksesori

 

41 

Front Skid Plate, Gray and Black 

SGA (optional accessories)

42 

Rear Skid Plate, Gray and Black 

SGA (optional accessories)

43 

Body Side Molding with Black Insert 

SGA (optional accessories)

44 

Door Sill Guard, Metal Sill Painted Type 

SGA (optional accessories)

45 

Door Visor, Premium Steel Insert 

SGA (optional accessories)

46 

Mud Flap, Rigid 

SGA (optional accessories)

 

Harga OTR JABODETABEK Baleno tahun 2022: 

  • Baleno-AT Rp274.900.000,- 
  • Baleno-MT Rp262.900.000,- 

Pilihan Warna: 

  • Prme, Luxe Beige  
  • Prme, Celestial Blue  
  • Prme, Splendid Silver  
  • Prme, Opulent Red  
  • Prme, Grandeur Grey  
  • Prme, Artic White  
  • Pearl, Midnight Black

Berita Lainnya