Berita

Apa Itu Towing Mobil? Ketahui Perbedaan Dengan Mobil Derek

PUBLISHED DATE : 06 November 2021

9326919 S

Masih banyak pengemudi yang salah kaprah mengenali mobil yang diangkut disebut dengan mobil derek. Istilah mobil derek sendiri tidak selamanya digunakan, karena beberapa justru merupakan kegiatan towing. 

Apa itu towing? Anda yang baru saja mendalami dunia otomotif harus tahu pengertiannya. Towing adalah kegiatan mengangkut mobil namun caranya berbeda dengan mobil derek.  Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu secara lengkap berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Towing Mobil 

Istilah towing artinya adalah proses pengangkutan kendaraan secara penuh menggunakan truk. Secara sederhana, towing adalah sebuah truk yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya. 

Pengangkutan dilakukan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirim. Biaya untuk mengangkut mobil dengan towing ini tentunya cukup mahal namun lebih cepat dan mobil dapat dikirim siapa saja sesuai dengan permintaan. 

Siapa saja bisa menghubungi jasa towing untuk bisa mengirimkan mobilnya. Kondisi seperti pada saat banjir sehingga mobil tidak mampu melintasi area tertentu atau ketika Anda ingin mudik. Jasa towing sangat diperlukan untuk mempermudah pengiriman mobil. 

Proses pengirimannya sendiri membutuhkan syarat mudah berupa STNK serta BPKB. Soal biaya biasanya menentukan jarak pengiriman, semakin jauh harganya akan lebih mahal. 

Towing adalah solusi yang tepat untuk mengirimkan kendaraan ketika Anda berada dalam situasi yang terdesak seperti banjir. Mobil akan dinaikkan ke atas truk dengan dua macam cara sesuai dengan jenis truk. 

Pertama adalah dengan cara teknik towing gendong, di mana mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Teknik kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan. 

Nantinya mobil akan diangkat dengan bak truk tersebut. Biasanya teknik yang kedua ini banyak diterapkan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah. Jika mobil dinaikan dengan cara biasa ke dalam truk maka akan merusak bagian bawahnya. 

Oleh karena itu teknik hidrolik ini jadi solusi tepat, karena biasanya mobil mewah memiliki ground clearance yang rendah. 

Perbedaan Towing Mobil dengan Mobil Derek

Hal penting yang harus dipahami justru perbedaan antara towing dengan derek mobil. Keduanya tampak sama namun sebenarnya jauh berbeda. Anda bisa mengamati perbedaannya dalam beberapa faktor berikut ini. 

  1. Cara Mengangkut Mobil

Mobil derek memanfaatkan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya berfungsi untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, kemudian ban depan akan terangkat. 

Jadi hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek. Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang justru mengangkut mobil secara keseluruhan. 

Pada saat penderekan rem tangan mobil harus aktif sehingga prosesnya harus lebih hati-hati. Sedangkan untuk towing, mobil dalam keadaan mati dan tidak perlu kondisi rem tangan aktif. 

    2. Penyedia Jasa 

Jasa towing sendiri sebagian besar dibuka oleh swasta yang membantu masyarakat untuk mengangkut mobil sesuai kebutuhan. Baik itu karena mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil. 

Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan. 

Mobil yang sudah tidak bisa dikendarai karena kecelakaan biasanya akan diderek oleh mobil derek khusus. 

    3. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Proses derek atau towing mobil harus menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truck yang sudah dilengkapi dengan katrol. 

Katrol inilah yang berfungsi untuk menaikkan kedua ban depan mobil kemudian mampu menariknya. Katrol akan mempermudah truk untuk menderek mobil yang mungkin saja lebih berat. 

Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truck. Bisa saja kontainer yang besar sehingga mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan. 

Ada truk dengan model biasa sehingga mobil harus dinaikkan secara manual. Ada juga truck yang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik di bagian belakangnya sehingga lebih mudah untuk menaikkan mobil.     

    4. 
Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Hadirnya komponen katrol pada truk derek membuat jenis kendaraan yang bisa ditarik pun berbeda dengan towing mobil. Proses derek memungkinkan kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus untuk ditarik. 

Kinerja katrol yang mempermudah penarikan ini sangat membantu ketika terjadi kecelakaan bus atau truk sehingga kendaraan harus diamankan. Truk derek yang akan berperan dalam hal ini. Sedangkan towing mobil memiliki jenis kendaraan yang berbeda yang bisa diangkut. 

Mengenal ketiga perbedaan ini, tentu Anda tidak akan bingung lagi mengenai kendaraan mana saja yang termasuk mobil derek atau justru untuk towing mobil. Anda juga perlu tahu kendaraan apa saja yang bisa di towing pada saat posisi sedang genting.

82260166_s

Jenis Kendaraan yang Bisa Menggunakan Towing Mobil

Melanjutkan soal perbedaan antara derek dan towing, Anda bisa memperhatikan dari segi jenis kendaraan apa saja yang dapat diangkut. Secara umum, selama truk untuk mengangkut kendaraan ukurannya mencukupi, maka kendaraan apapun dapat diangkut. 

Oleh karena itu akan sangat sulit untuk bus atau truk yang berukuran besar diangkut melalui jalur darat. Alat transportasi untuk melakukan pengangkutan sendiri terbatas dan hanya beberapa jenis kendaraan berikut yang dapat diangkut. 

    1. Motor 

Kendaraan pertama yang paling sering memanfaatkan jasa towing adalah motor. Pengakutan motor hampir dilakukan setiap hari, mulai dari motor matic, motor bebek biasa atau moge. 

Pengiriman sendiri biasanya dilakukan dalam jumlah banyak karena kapasitas dari truk pengangkut cukup banyak. Khusus untuk pengiriman moge, tujuannya bisa bervariasi seperti keperluan bisnis atau karena urusan pribadi. 

     2. Mobil

Kendaraan yang paling sering diangkut dan juga dikirim adalah mobil. Baik itu mobil pribadi dan juga mobil dinas yang membutuhkan pengiriman antar kota pasti memanfaatkan jasa towing. 

Mobil yang dikirimkan akan terhindar dari masalah lecet dan juga tetap aman sampai dengan tujuan. Kondisi mobil yang rusak pun tidak jarang pula dikirimkan karena beberapa alasan khusus. 

    3. Kendaraan Alat Berat

Alat berat seperti excavator, motor scraper, hingga crane juga memanfaatkan sistem pengangkutan untuk mengirimkannya ke daerah lain. Hanya saja kapasitasnya akan disesuaikan dengan mobil pengangkutnya. 

    4. Kendaraan Dinas TNI atau Kepolisian

Jenis kendaraan terakhir yang menggunakan sistem towing adalah mobil dinas untuk keperluan TNI atau kepolisian. Kendaraan dinas terkait tersebut mungkin saja perlu dikirimkan ke daerah lainnya karena urusan kenegaraan. 

Setelah mengenali apa itu towing, kini Anda pasti tahu kapan harus menggunakan jasa pengangkutan. Jika berencana untuk melakukan towing mobil, maka Anda bisa menggunakan layanan di Halo Suzuki

Anda akan mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan untuk mengirimkan kendaraan ke tempat tujuan dengan aman. 

 

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya