Berita

Aki Mobil Berapa Ampere? Ketahui Ini Cara Mengukurnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/15649675_s.jpg

Komponen aki berperan penting dalam membuat sebuah kendaraan menyala, termasuk mobil. Setiap aki memiliki AH atau Ampere Hour yang merupakan kekuatan arus listrik maksimal yang bisa dikeluarkan dalam satu jam. 

Anda perlu mengetahui aki mobil berapa ampere karena erat kaitannya dengan pemilihan aki saat membeli dan juga pengisian daya ulang. Jika ada perhitungan yang salah, maka bisa berpengaruh pada sistem kelistrikan mobil. 

Pentingnya Mengetahui Aki Mobil Berapa Ampere

Lalu berapa ampere sebaiknya Anda membeli aki mobil? Jika bertanya akan hal ini maka Anda harus tahu terlebih dahulu berapa beban listrik yang dimiliki sebuah mobil. 

Pasalnya setiap mobil memiliki beban yang berbeda-beda. Ketika Anda membeli aki yang dayanya terlalu kecil, maka daya akan cepat habis karena beban yang dibutuhkan mobil besar. 

Selain memperhatikan berapa ampere aki mobil pada saat Anda hendak membeli yang baru, perlu juga memperhatikan ampere ketika melakukan charge. Daya listrik yang tersimpan di dalam aki dapat mengalami penurunan. 

Ketika daya tersebut menurun, cara satu-satunya yang perlu dilakukan adalah mengisi ulang daya. Hanya saja, pengisian dilakukan dengan acuan ampere, jika salah apalagi terlalu lama dan beban berlebih bisa merusak aki. 

Baik itu aki kering atau aki basah tidak memiliki perbedaan dalam pengisian ulang daya. Anjuran yang perlu diikuti adalah 1/10 dari jumlah ampere aki tersebut. 

Jadi misalnya saja mobil Anda memiliki aki dengan kapasitas 70 ampere maka daya yang boleh diisi ulang adalah 7 ampere saja. Jumlah angka ini akan disesuaikan dengan masing-masing ukuran aki mobil berapa ampere. 

Sayangnya masih banyak yang salah kaprah dalam melakukan pengisian walaupun sudah mengetahui kapasitas ampere aki. Misalnya saja hanya berpatokan pada aki yang sudah panas artinya telah terisi. 

Padahal aki yang panas bisa menandakan kerusakan pada sel-sel aki. Selama pengisian daya, sebaiknya Anda melakukan pengecekan berkala. Jika mengisi selama 1,5 jam Anda perlu mengecek setiap 30 menit. 

Pengecekan dibutuhkan supaya daya yang masuk tidak melebihi ukuran ampere. Nah kini, Anda sudah paham bukan bahwa mengetahui aki mobil berapa ampere sangatlah penting. 

Sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana mengukur ampere yang dimiliki sebuah aki mobil. 

Cara Mengukur Aki Mobil Berapa Ampere 

Pada saat Anda berencana mengganti aki mobil dengan yang baru, hal pertama untuk diperhatikan adalah ampere. Arus listrik yang dihasilkan aki ini nantinya akan digunakan untuk membuat dinamo starter serta lampu-lampu dapat menyala. 

Ada beberapa cara mudah untuk mengukur atau mengetahui ampere yang dimiliki aki. Beberapa caranya bahkan tidak memerlukan hitungan, berikut ini caranya. 

  1. Mengecek pada Bodi Aki Mobil

Semua pabrik aki akan memberikan informasi terkait produk yang mereka hasilkan. Ukuran ampere beserta daya listrik akan ditulis pada bagian bodi aki. Informasi yang diberikan biasanya lengkap dan mudah dibaca. 

Penulisannya pun berjejer dengan tegangan aki (biasanya tegangan adalah 12 Volt). Satuan yang digunakan adalah Ah dan terdapat angka di depannya. Jumlahnya bisa bermacam-macam, ada yang 55 Ah atau 65 Ah. 

     2. Mengecek Kode Aki Mobil 

Cara mengukur yang kedua adalah dengan melihat di badang aki mobil. Apabila Anda tidak menemukan ukuran ampere di bodi aki maka bisa mengecek kode yang berada di bagian tutup atas bodi. 

Pada bagian tutup ini tertera merk, tutup sel dan juga kode. Ada kode yang tercetak berwarna putih atau dicetak tanpa warna. Namun Anda pasti dengan mudah bisa mengenalinya. 

Kode aki ini berbeda-beda disesuaikan dengan asal negara produsen. Sampai saat ini ada dua macam negara yang produknya beredar di Indonesia. Pertama adalah kode ETN (European Type Number) dan JIS (Japan Industrial Standard). 

Setiap kode tersebut memiliki cara baca yang beda. Pada kode ETN, biasanya kodenya merupakan angka. Contohnya saja kode angka 56420, artinya nilai ampere yang dimiliki adalah 64 Ah. 

Cara membacanya adalah angka nomor dua dan tiga dari kelima urutan angka. Berbeda lagi dengan cara membaca kode pada aki JIS. Kode yang tertulis biasanya 33B19R. 

 

Artinya, jumlah ampere adalah 33. Khusus kode JIS maka dua angka pertama yang merupakan kode ampere untuk diperhatikan. Anda cukup mempelajari kode ini dan mengeceknya di bagian tutup untuk tahu aki mobil berapa ampere. 

    3. Mengukur dengan Alat Ampere Meter

41692307_s

Jika menggunakan kedua cara di atas, artinya Anda akan mengetahui berapa ukuran ampere yang dimiliki sebuah aki. Hanya saja bengkel resmi memiliki cara yang berbeda untuk mengukurnya. 

Biasanya teknisi akan menggunakan alat khusus bernama ampere meter. Fungsinya adalah untuk mengetahui ampere aki secara real time. Seperti yang tadi telah dijelaskan bahwa daya penyimpanan aki dapat menurun. 

Penurunan tersebut otomatis akan berdampak pada arus yang dihasilkan dalam satu jam atau ampere. Memanfaatkan alat ini teknisi dapat mengetahui apakah aki perlu diisi ulang karena daya yang tersimpan berkurang. 

Nantinya alat ini akan dipasangkan pada aki mobil kemudian mobil dinyalakan. Maka ukuran ampere mobil secara real time akan terlihat. Hanya teknisi yang berpengalaman dapat menggunakan alat ini. 

Selain itu alat ini harganya cukup mahal sehingga tersedia hanya di bengkel resmi saja. 

Indikator Penting dalam Pemilihan Ampere Aki 

Memperhatikan ampere pada aki adalah faktor penting yang harus dilakukan pemilik kendaraan sebelum membeli aki baru. Namun bukan hanya itu saja yang harus diperhatikan. 

Khususnya jika Anda melakukan modifikasi pada mobil, maka beberapa indikator berikut ini perlu dikenali. 

  1. Daya Listrik dari Aksesoris Tambahan 

Anda bisa memilih aki dari segi ampere setelah mengetahui berapa daya listrik yang dibutuhkan mobil. Perhatikan soal aksesoris tambahan seperti lampu variasi yang juga menambah daya. 

Selain lampu ada juga aksesoris seperti speaker. Semua aksesoris tersebut membutuhkan aki dengan daya dan ampere mencukupi. 

   2. Memilih Aki dengan Daya Lebih Besar

Lebih baik jika Anda sudah mengetahui kebutuhan aki mobil berapa ampere, maka membeli aki dengan ampere yang lebih besar. Sistem kelistrikan mobil jadi lebih terjamin karena Ah yang besar. 

Aki biasanya memiliki dimensi besar dan juga harga yang lebih mahal. Namun dalam pembeliannya Anda harus memperhatikan soal dudukan aki sehingga bisa dipasang di bagian bracket. 

Usai membeli aki yang tepat, pastikan Anda melakukan perawatan dengan benar. Baik itu servis rutin dan tune up. Apabila selama pemakaian terjadi masalah pada aki jangan ragu untuk langsung ke bengkel resmi Suzuki

Anda bisa mencari bengkel resmi Suzuki dengan link berikut ini:

  1. Sejahtera Sumberbaru Trada di Jakarta Timur -suzukidealerkalimalang.id
  2. Sejahtera Armada Trada di Depok - suzukimargondadepok.co.id
  3. Sumber Baru Aneka Mobil di Jakarta - suzukisbam.co.id
  4. Duta Cendana Adimandiri di Jawa Barat - suzukidutacendana.co.id
  5. Dwiperkasa Mobiltama di Jawa Barat - suzukidwiperkasa.co.id
  6. Armada Perkasa Mobilindo Jakarta Selatan - suzukiarmada.co.id
  7. Handijaya Buana Trada Jakarta Utara - suzukigunungsahari.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada Jabeidetabek - suzukitrada.co.id
  9. Indomobil Multi Trada Jakarta Selatan - indomobilsuzukidealer.co.id 
  10. Sun Motor Jakarta Banten - suzukisunmotor.com
  11. Citra Asri Buana di Jawa Barat - suzukidealercab.co.id
  12. Trimitra Sejahtera Mobilindo Jawa Barat - suzukitrimitra.co.id
  13. Pusaka Motor Utama Jawa Barat - suzukipusaka.co.id
  14. Restu Mahkota Karya - suzukimahkota.co.id
  15. Armada Banda Jaya di Aceh - suzukiaceh.co.id
  16. Arista Sukses Abadi - Medan - suzukiarista.com
  17. Trans Sumatra Andalan di Sumatera Utara - tsasuzuki.com
  18. Rodamas Makmur Motor di Batam - suzukimobilbatam.co.id
  19. Arista Sukses Abadi - TP - suzukipinang.com
  20. Sejahtera Buana Trada - Riau - suzukimobilriau.co.id 
  21. Elang Perkasa Motor di Sumatera Barat - suzukiepmsumbar.co.id
  22. Jaya Indah Motor di Jambi - suzukijambi.co.id
  23. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu - suzukibengkulu.co.id
  24. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumatera Selatan- suzukithamrin.co.id
  25. Jagorawi Motor di Bangka Belitung - suzukijagorawi.co.id
  26. Persada Lampungraya di Lampung - suzukilampung.co.id
Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya