Berita

Agresif Kuasai European GP. Team Suzuki Ecstar Raih Kemenangan Indah

PUBLISHED DATE : 09 November 2020

Agresif Kuasai European Gp Team Suzuki Ecstar Raih Kemenangan Indah

Suzuki-Racing.com, 8 November 2020 – Pembuktian dominasi Team Suzuki Ecstar MotoGP pada balap European GP (8/11/2020) di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol semakin tak terbantahkan. Joan Mir dan Alex Rins mengukir penampilan terbaik sejak awal balapan hingga menutupnya sebagai juara 1 & 2. Konsistensi di dua balapan selanjutnya terus diperlukan untuk memastikan posisi Joan Mir sebagai Juara Dunia MotoGP 2020.

Tim Suzuki Ecstar menikmati apa yang bisa disebut sebagai 'Minggu yang sempurna' di sirkuit Ricardo Tormo untuk European GP; setelah balapan 27 lap yang dikontrol oleh Suzuki GSX-RR dengan sangat baik, Joan Mir meraih kemenangan MotoGP pertamanya, memperpanjang keunggulannya di kejuaraan, dengan rekan setimnya Alex Rins di tempat kedua.



Menjelang balapan dengan keunggulan 14 poin di kejuaraan, Mir berhasil menekan dengan baik. Dari posisi grid tempat kelima dia memasukkan ke posisi keempat dari garis sebelum dengan cepat pindah ke posisi ketiga, dan hanya empat lap ke balapan dia telah melakukan umpan yang sangat baik untuk merebut tempat kedua. Pria kelahiran Mallorca ini menampilkan kecepatan balapan yang fenomenal di saat sirkuit tersebut menelan beberapa korban yang terjatuh, dan pada Lap 17 Mir melewati Rins di tikungan 11 untuk memimpin. Sejak saat itu Ia tidak lagi melihat ke belakang, dengan luar biasa dia menetapkan lap tercepat pada balapan di Lap 20. Mengendarai dalam batas kemampuannya dan terlihat mulus serta percaya diri, lima lap dari akhir dia memiliki keunggulan satu detik dan dia melanjutkan untuk mengambil kemenangan debut yang luar biasa dan memperpanjang keunggulan gelarnya menjadi selisih 37 poin.

Rins mendapatkan start roket dari posisi kedua di grid, gayanya yang tepat dan percaya diri membuatnya menjadi pemimpin balapan dan mengatur kecepatan yang bagus dari lap kedua dan seterusnya. Rins mempertahankan posisinya di depan lapangan hingga Lap 17 saat ia dilewati oleh rekan satu timnya. Dia melakukan pekerjaan yang bagus untuk menahan posisi ketiga Pol Espargaro, yang tetap dekat dengan pasangan Suzuki sepanjang balapan. Pada akhir 27 lap, Rins menempati posisi kedua yang solid - podium ketiganya dalam banyak balapan. Dia kini terpaut 37 poin dari rekan setimnya di Tim Suzuki Ecstar, dengan poin yang sama dengan tempat kedua di klasemen, Fabio Quartararo.


Tim Suzuki Ecstar kini meraih tiga podium ganda berturut-turut, tetapi hari ini menandai pertama kalinya Suzuki meraih hasil 1-2 sejak GP Jerman pada 1982 - ketika Randy Mamola, Virginio Ferrari dan Loris Reggiani memblokir lawannya. Tim Suzuki Ecstar juga memimpin Kejuaraan Tim dan Kejuaraan Konstruktor.

Joan Mir :

“Saya sangat senang, Tim dan saya membuat akhir pekan yang sempurna! Sulit untuk memberi 100% saat Anda memperebutkan gelar, karena Anda selalu harus sedikit berhati-hati, tetapi hari ini saya melihat peluang untuk kemenangan debut saya dan saya harus mengambilnya. Saya tahu apa yang harus saya lakukan, dan saya merasa sangat hebat dengan motor saya. Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan betapa luar biasanya menjadi pemenang balapan MotoGP, dan itu memberi saya dorongan ekstra, terutama setelah akhir pekan yang sulit dalam hal kondisi. Segalanya masih dekat di puncak, jadi saya harus tetap fokus dan terus bekerja untuk akhir pekan depan.".

Alex Rins :

“Saya memimpin untuk sebagian besar balapan, dan saya berharap untuk memimpin dari awal hingga akhir, tapi saya kehilangan satu gigi di Tikungan 11 pada lap ke-17, dan saya melebar dan Joan berhasil melewatinya. Begitu dia berada di depan, sangat sulit untuk tetap bersamanya, meskipun saya mencoba, karena kecepatannya sangat bagus. Tetapi meskipun hasilnya tidak sempurna untuk saya, itu adalah hari yang fantastis untuk Tim. Joan mendapatkan kemenangan yang sangat dia inginkan, Suzuki finis satu-dua, dan saya mendapat 20 poin untuk ditambahkan ke penghitungan kejuaraan saya! Jadi, saya senang! Siap untuk pergi lagi minggu depan dan lihat apa yang bisa saya lakukan, masih ada banyak poin di atas meja. ”

Berita MotoGP ini merupakan saduran dari berita resmi Suzuki-Racing.com dengan beberapa penyesuaian bahasa. Untuk informasi, quote dan galeri foto lebih lanjut, silakan buka tautan berikut : https://www.suzuki-racing.com/motogp/EMPHATIC-ONE-TWO-FOR-SUZUKI-AS-MIR-TAKES-DEBUT-WIN.108483.cms

Berita Lainnya