Berita

7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

Mobil Suv Suzuki Xl7

Mempunyai mobil sendiri adalah salah satu impian dari kebanyakan orang, dan mungkin juga menjadi impian Anda waktu kecil dulu. Namun semakin dewasa tentu saja kita akan semakin sadar jika memiliki mobil ini tidak semudah yang kita bayangkan waktu kecil. Masalah utama adalah gaji kita dalam sebulan yang sangat pas-pasan untuk makan sehari-hari saja, rasanya tidak akan sanggup untuk memiliki mobil.

Memang jika kita hanya memiliki penghasilan bulanan sekitar 4 sampai 5 juta saja dirasa tidak cukup untuk memiliki sebuah mobil. Tapi sebenarnya jika kita niat dan bersungguh-sungguh, kita bisa kok membeli sebuah mobil dengan gaji 4 sampai 5 juta saja perbulan. Yang terpenting adalah Anda tahu bagaimana cara menabung untuk membeli mobil dengan benar.

Tentu saja untuk membeli sebuah mobil kita harus memiliki tabungan, dan terkadang banyak orang yang mengalami masalah dalam menabung untuk membeli mobil. Untuk itu Anda harus mengetahui kiat-kiat dari menabung yang benar agar Anda bisa membeli sebuah mobil, ya walaupun dengan cara kredit mobil.

mobil suzuki xl7

Kiat-Kiat Cara Menabung Untuk Beli Mobil Gaji 4 Jutaan

Berikut di bawah ini adalah beberapa kiat-kiat cara menabung untuk beli mobil yang baik dan benar supaya kita bisa membeli sebuah mobil impian yang ingin kita miliki.

1.  Fokus Pada Tujuan Menabung

Salah satu cara untuk membeli mobil adalah dengan cara beli cash dan juga kredit mobil. Kedua cara ini bisa saja kita lakukan untuk mendapatkan sebuah mobil impian yang ingin kita miliki. Untuk itu supaya kita bisa sukses menabung buatlah tujuan untuk menabung. Dengan adanya tujuan dari menabung yang ingin kita capai tentu saja kita akan semakin semangat, bersungguh-sungguh dalam menabung.

Tetapkan tujuan dan juga komitmen Anda bahwa Anda harus memiliki sebuah mobil. Dengan begitu Anda akan berusaha keras agar tercapai apa yang Anda impikan yaitu membeli sebuah mobil. Berbeda jika Anda menabung tapi tidak memiliki tujuan atau motivasi yang akan dicapai, tentu saja Anda tidak akan begitu semangat dalam menabung untuk membeli sebuah mobil.

2.  Menabung Di Awal Saat Gajian

Tentu saja waktu gajian kita adalah sebulan sekali, biasanya setiap tanggal muda di awal bulan. Untuk bisa menabung beli mobil Anda harus menentukan dulu berapa persen dari gaji Anda yang ingin Anda masukan pada tabungan.

Sebaiknya Anda harus bisa memisahkan mana yang digunakan untuk menabung dan mana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari uang untuk menabung malah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa menentukan nominal yang tepat untuk menabung saat awal gajian.

Jika Anda salah menentukan nominal untuk menabung tentu saja bisa menjadi suatu penghambat diri kita untuk menabung. Dengan menabung di awal saat gajian tentu saja bisa lebih efektif dibandingkan harus menunda nanti-nanti.

3.  Hindari Pembelian Tidak Berguna

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya adalah dengan menghindari pembelian tak berguna. Terkadang kita selalu menyepelekan pengeluaran kecil seperti membeli jajan, membeli barang-barang yang tidak begitu berguna. Sebaiknya Anda jangan meremehkan pengeluaran yang serasa kecil ini. Mungkin itu terlihat murah, tetapi jika hal ini terjadi terus menerus bukanya ini sama saja seperti pemborosan?

Bisa Anda hitung berapa total pengeluaran Anda untuk hal yang tidak begitu penting ini dalam sebulan. Bukankah bisa digunakan untuk membayar kredit mobil? Namun terkadang kita tidak menghiraukan hal ini dan selalu menganggap sepele terhadap pengeluaran-pengeluaran seperti ini.

4.  Kurangi Jajan Di Luar

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya adalah dengan menghilangkan budaya hidup hedon. Gaya hidup hedon atau menghambur-hamburkan uang ini tentu saja bisa menguras keuangan kita setiap bulannya.

Sebaiknya Anda kurangi gaya hidup berfoya-foya seperti sering main ke mall, sering makan di luar dan sebagainya. Mulailah dengan hidup yang sesuai dengan isi kantong kita, tidak usah menuruti gaya hidup teman kita yang hedon ini. Karena bisa saja teman kita tersebut memiliki ekonomi yang lebih dari kita. Jadi jangan sama kan kebiasaan teman kita yang kaya dengan kita yang gaji nya hanya 4 sampai 5 jutaan perbulan.

5.  Kurangi Konsumsi Rokok

Bagi Anda yang merokok sebaiknya mulai mengurangi konsumsi rokok dalam sehari. Memang untuk berhenti merokok ini dirasa sangat susah dan butuh proses yang sangat lama, namun semuanya dimulai dari mengurangi konsumsi rokok setiap harinya.

Misalnya biasanya Anda dalam sehari menghabiskan 1 bungkus rokok, Anda kurangilah konsumsi rokok Anda menjadi 1 bungkus untuk 2 hari. Dengan begitu uang yang biasa digunakan untuk merokok bisa kita gunakan untuk membayar cicilan kredit mobil atau dimasukkan ke dalam tabungan untuk membeli mobil.

suzuki xl7

6.  Jika Mendapatkan Rezeki Ditabung

Selain menabung di saat awal bulan gajian, sebaiknya Anda juga menabung ketika mendapatkan sebuah rejeki maka ditabung saja untuk membeli mobil impian Anda. Namanya juga rejeki tentu saja bisa datang kapan saja dan tiba-tiba. Nah jika Anda mendapatkan rejeki yang tiba-tiba ini sebaiknya Anda masukan saja kedalam tabungan Anda untuk membeli mobil.

Tentu saja ini bisa menambahkan jumlah tabungan yang Anda miliki selain diluar dari plan menabung setiap awal bulan. Jadi jika mendapat rezeki jangan digunakan untuk membeli jajan atau berfoya-foya, lebih baik ditabung uangnya.

7.  Terapkan Gaya Hidup Hemat

Cara yang terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup yang hemat. Perlu Anda ketahui jika hemat bukan selalu tentang uang ya, hemat bisa dimulai dengan cara mengurangi kebutuhan listrik bulanan, mengurangi kebutuhan pokok dan masih banyak cara lainnya yang bisa kita terapkan untuk hidup hemat.

Jadi pada dasarnya gaya hidup hemat ini adalah dengan cara mengurangi pengeluaran harian atau bulanan yang biasa dikeluarkan dengan tujuan untuk ditabung. Sebenarnya 6 point diatas adalah beberapa cara atau gaya hidup yang hemat, mulai dari mengurangi merokok, tidak jajan diluar dan sebagainya.

Nah itulah 7 cara mudah menabung untuk beli mobil baru. Dengan menerapkan ketujuh cara yang sudah saya jelaskan di atas harapannya Anda bisa mendapatkan mobil baru impian Anda meskipun dengan income atau gaji bulanan yang terasa tidak cukup.

Anda bisa memulai dengan hal-hal yang kecil seperti hindari jajan di luar, membawa bekal ketika bekerja mengurangi biaya hidup atau kebutuhan bulanan seperti kebutuhan listrik, air dan tagihan sebagainya. Dengan begitu kan uang yang biasa Anda keluarkan untuk kebutuhan tersebut bisa Anda gunakan untuk biaya DP kredit mobil,  dan jika diteruskan kebiasaan hemat ini tentu saja bisa Anda gunakan untuk membayar cicilan atau angsuran kredit mobil tersebut.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya