Berbagi Cerita di Pabrik Suzuki Indonesia

15 September 2016
Share to

Merupakan sebuah kehormatan pabrik Suzuki di Tambun mendapat kunjungan dari beberapa sekolah dan instansi awal tahun 2015 ini. Tidak sedikit yang berminat mengunjungi pabrik Tambun, sebagai informasi kunjungan pabrik sudah fully booked sampai pertengahan tahun ini. Akibat banyakanya yang mengajukan kunjungan tak jarang kami menerima para tamu di setiap minggunya.

Rata-rata para pengunjung yang datang merupakan pengalaman pertama mereka mengunjungi sebuah pabrik otomotif. Tak heran mereka begitu antusias datang dari penjuru Indonesia untuk melihat seperti apa proses produksi dari pembuatan mobil dan motor Suzuki. Tak peduli panas ketika harus berkeliling pabrik yang cukup luas, karena bagi mereka ini adalah ilmu yang tidak mereka dapat selama di sekolah secara teori.

Diawal tahun ini, selama Bulan Februari hingga April 2015 kami telah menerima 6 sekolah dan 1 instansi pemerintahan yang datang berkunjung dengan jumlah rata-rata setiap kunjungan sebanyak 60-70 orang.  Seperti layaknya pada penerimaan kunjungan yang biasa kami lakukan, para peserta kunjungan akan disambut oleh tim Safety K3 PT Suzuki Indomobil Motor dan perwakilan dari manajemen PT SIM & PT SIS.

Kunjungan biasa dilakukan dipagi hari mulai jam 09.00 pagi ini, diawali dengan touring pabrik terlebih dahulu mulai dari pressing, assembling hingga final inspection. Tentunya semua kunjungan tersebut juga mengikuti prosedur keselamatan, dimana para peserta akan dilengkapi APD (Alat Pengaman Diri) seperti helm dan pelindung nadi tangan yang sudah disediakan oleh tim Safety.

Sekembalinya dari touring pabrik, para peserta akan menerima penjelasan mengenai profil Suzuki Indonesia dan sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang dilontarkan, tak jarang juga yang terkagum dengan kehebatan proses produksi dari sebuah mobil dan motor. Sebagai penutup acara kami juga memberikan sebuah souvenir sebagai kenang-kenangan telah berkunjung ke pabrik Suzuki. Dan tak lengkap momen ini diabadikan pula dengan foto bersama dengan latar belakang pabrik Suzuki Indonesia.

“Ini merupakan kesempatan berharga bagi kami para siswa dapat berkunjung ke Pabrik Suzuki, siswa yang biasanya disekolah hanya bertemu dengan mesin kendaraannya saja sekarang dapat melihat secara utuh bagaimana perakitan kendaraan. Harapannya siswa kami dapat menjadi bagian dari Suzuki.” ujar seorang Guru SMK Ma’arif 1 Yogyakarta.

 

 

Ibnu Fajar Boarding School – 9 & 11 Februari 2015

SMK Ma’arif 1 Nanggulan Yogyakarta – 11 Maret 2015

SMK Bahana Karya Mandiri – 18 Maret 2015

IMG_2318

SMKN 2 Yogyakarta – 1 April 2015

 

MABES TNI AD – 7 April 2015

SMK PGRI Brebes – 8 April 2015