Tips & Trik

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

PUBLISHED DATE : 29 Maret 2024

SUZUKI 3 JUNI

Memiliki kendaraan tidak harus baru, terlebih jika Anda belum memiliki budget yang dapat memungkinkan Anda memilih kendaraan baru. Kendaraan bekas juga banyak yang berfungsi optimal dan dalam kondisi yang bagus.

Tapi, ketika Anda memilih kendaraan bekas maka Anda wajib memeriksa seluruh kondisi secara ekstra. Tidak mudah tergiur dengan harga yang murah dan kondisi eksterior yang mulus adalah hal yang harus ditekankan. Untuk tips memilih kendaraan bekas lainnya, simak berikut ini:

  • Mendengarkan Rekomendasi dari Teman

Tips pertama adalah mencari dan mendengarkan beberapa rekomendasi dari teman. Ketika memilih kendaraan bekas, tentu Anda tidak dapat mengandalkan ucapan penjualnya saja. 

Anda harus lebih sedikit ragu dan tidak percaya pada setiap cerita bagus tentang kendaraan yang dijual.

Maka dari itu, mencari berbagai rekomendasi dari teman dekat atau review dari beberapa kerabat merupakan hal penting yang wajib Anda lakukan. Tujuannya, agar Anda tidak mudah tergiur dan percaya pada ucapan sang penjual mobil bekas.

  • Perhatikan Tahun Produksi Mobil

Semakin lama sebuah kendaraan diproduksi, tentu akan semakin membutuhkan perawatan lebih dan kemungkinan penurunan kualitas mesin. 

Baca Juga : Audio Mobil: Jangan Asal Pilih, Ini Tipsnya!

Ketika Anda memutuskan untuk memilih beli kendaraan bekas, maka perhatikan tahun produksi. Anda juga dapat memilih sesuai preferensi mobil tahun produksi berapa yang Anda inginkan. 

Selain memerhatikan tahun produksi mobil, Anda juga dapat bertanya-tanya tentang riwayat pemakaian dan riwayat servis. Misalnya, apakah mobil pernah mengalami kecelakaan dan sebagainya.

  • Lakukan Test Drive

Tips ketiga adalah melakukan test drive atau uji coba mobil bekas yang akan Anda pilih. Hal ini bertujuan agar Anda tidak hanya tertarik pada penampilan luar saja.

Perlu dipahami bahwa biasanya, penjual mobil sudah memoles rapi dan bagus kendaraan bekas yang akan dijualnya.

Test drive bertujuan untuk memastikan kondisi mesin, tekanan ban serta rem kendaraan. Untuk alasan keamanan, Anda disarankan membawa teman atau kerabat yang paham dalam bidang otomotif ketika melakukan test drive.

  • Membandingkan Harga dengan Dealer Lain

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya