Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

PUBLISHED DATE : 12 Agustus 2021

4  Xl7 (1)

Elemen kotoran tersebut yang akan menimbulkan endapan sehingga menyumbat saluran radiator. Hal ini jugalah yang menjadi penyebab utama saluran air menjadi terhambat. Anda perlu menambahkan air radiator yang tepat dan juga rutin. 

Oleh karena itu, hindari menggunakan air biasa dan gunakan cairan yang mengandung coolant. Sehingga radiator bisa bekerja dengan baik. 

    4. Kebocoran pada Selang Radiator

Selain penyumbatan pada saluran radiator, hal yang juga sering terjadi adalah kebocoran pada bagian selang. Kebocoran membuat air radiator cepat habis sehingga coolant tidak bekerja untuk mendinginkan mesin mobil. 

Selang bisa rusak karena penempatan yang kurang pas, bagian sambungan yang tidak kencang,atau masalah lainnya. Oleh karena itu jika mesin panas, cobalah cek setiap bagian selang radiator dengan hati-hati.

Masalah kebocoran ini hanya bisa diatasi dengan mengganti selang yang baru. Pastikan bagian yang bocor sudah diatasi sebelum mobil digunakan kembali. 

    5. Kerusakan pada Water Pump

Dalam sebuah radiator terdapat komponen yang disebut dengan water pump. Komponen ini berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasinya berjalan baik. Melalui komponen inilah air bisa terus berputar di seluruh radiator. 

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

Water pump yang rusak menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yang mungkin saja terjadi, meski kecil kemungkinannya. Biasanya pada mobil lama, terdapat karat atau pengunci yang mulai rusak. Sehingga water pump tidak dapat bekerja memompa water coolant. 

Cara mengatasi waterpump yang rusak adalah menggantinya dengan yang baru. Namun jika kerusakan ada  pada seal, maka Anda hanya perlu mengganti seal saja. 

     6. Kipas Radiator Mati

Disebut juga sebagai Visco Fan, komponen ini berada di belakang radiator dan di sebelah kipas putaran mesin. Fungsi utamanya adalah untuk membuang udara panas yang keluar dari mesin. 

Kerusakan kipas radiator ini bisa disebabkan karena kipas belt yang putus atau bagian karet yang sudah keras terkena karat. Ketika kipas ini rusak, maka akan terjadi masalah pada sinyal yang dikirim ke Electric Control Unit

Panas pada mesin mobil juga tidak akan terbuang dan air yang mengalir tidak bekerja sebagai coolant dengan baik. Kerusakan bagian kipas ini hanya bisa diganti dengan yang baru di bengkel resmi. 

    7. Thermostat yang Tidak Berfungsi

Setiap mobil selalu dilengkapi dengan Thermostat yaitu alat untuk mengukur suhu dalam mesin mobil. Alat ini dihubungkan langsung dengan sistem kerja alat radiator mobil. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Panduan Merawat Eksterior Mobil

Panduan Merawat Eksterior Mobil

Tidak cuma interior, perawatan eksterior juga sangat penting untuk rutin dilakukan. Tidak perlu melakukan perawatan yang menguras kantong karena terpenting adalah kendaraan Anda te...

selengkapnya