Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

PUBLISHED DATE : 12 Agustus 2021

4  Xl7 (1)

Anda mungkin saja akan panik ketika mesin mobil mati saat berada di perjalanan. Saat mesin mati, mungkin saja katup mobil bengkok yang disebabkan pemuaian berlebihan. 

Kebanyakan mesin cepat panas bukan karena mobil sudah tua, melainkan kelalaian pemakaian. 

Tidak melakukan servis secara rutin menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yang utama. Bagi Anda yang selama ini masih lalai, sebaiknya cobalah perbaiki cara menyetir dan tetap melakukan servis rutin

Apabila penggunaan sudah tepat dan mesin masih saja tetap panas, artinya ada beberapa masalah pada komponen. Berikut ini beberapa penyebabnya yang bisa dikenali. 

  1. Oli Mesin Berkurang karena Kualitasnya Buruk

Oli mesin tak hanya bekerja sebagai pelumas komponen dalam mesin agar bisa bergesekan dengan mudah. Fungsi lain dari oli mesin juga sebagai pendingin, sehingga ketika terjadi gesekan kuat antar mesin, maka tidak terjadi overheat

Penyebab mesin mobil cepat panas bisa dikarenakan jumlah oli mesin berkurang karena pemakaian. Oli mesin dapat menguap karena bersinggungan langsung dengan ruang pembakaran. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

Tak hanya itu saja, oli mesin juga akan menurun kualitasnya jika sudah lama digunakan. Apalagi jika sejak awal Anda sudah menggunakan jenis oli palsu yang dijual murah. 

Cara mengatasi penyebab ini tentu saja dengan menggunakan oli yang berkualitas dan jangan lupa menggantinya secara rutin. 

    2. Sirkulasi Air dalam Radiator Bermasalah

Masalah pada radiator adalah hal yang umum dan perlu dicek ketika mobil mati karena mesin panas. Setiap radiator harus memiliki sirkulasi yang lancar, karena jika terhambat maka akan mengganggu jalannya air radiator. 

Ketika sirkulasinya terhambat, maka radiator tidak lagi bisa bekerja untuk mendinginkan mesin mobil ketika dikendarai. Akibatnya mesin panas dan langsung naik suhunya sehingga terjadi overheat

Jika masalahnya adalah sirkulasi, maka melakukan pengecekan di bengkel resmi Suzuki akan lebih aman. Sehingga teknisi akan membersihkan saluran radiator dan sirkulasi bisa kembali lancar. 

    3. Salah Menggunakan Cairan Radiator

Penyebab mesin mobil cepat panas yang selanjutnya juga bisa dikarenakan Anda tidak menggunakan cairan radiator yang tepat. Air untuk radiator bukan hanya air biasa karena bisa mengandung kotoran apalagi logam serta mineral. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya