Tips & Trik

Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang dan Solusinya

PUBLISHED DATE : 25 Desember 2021

10  NexII Elegant (2)

Jika roda terasa tidak kencang, maka kemungkinan mur-mur di bagian roda ada yang kendor, sehingga stang motor  juga goyang.

  • Cek Bagian Shockbreaker

Cara perbaikan selanjutnya yaitu melihat kondisi shockbreaker. Biasanya masalah yang terjadi adalah karet bantalan yang tidak rapat, mengeras, atau pecah. Kondisi seperti ini otomatis membuat stang atau komstir tidak stabil.

Bagian shockbreaker memiliki peran penting, yaitu membantu mencengkeram roda dan menyerap kejutan yang dialami saat di permukaan jalan yang tidak rata.

Jika settingan karet tidak benar atau bergeser, itulah yang menimbulkan ketidakstabilan kendaraan saat melaju.

Cara memperbaiki shockbreaker ini tidak lain harus dilakukan ke bengkel. Montir yang profesional sudah pasti mengetahui bagaimana untuk mengatasinya. Bantalan karet yang rusak akan segera diganti dengan yang baru dan diposisikan secara benar.

  • Isi Angin Ban Dengan Sesuai

Terkadang ban terasa goyang disebabkan oleh angin ban yang mulai berkurang, sehingga motor terasa berat dan tidak stabil.

Cara mengatasinya adalah isi angin ban dengan tekanan yang pas. Jangan sampai ban terlalu kempes karena rawan untuk bocor. 

  • Ganti Ban Baru

Baca Juga : Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah mengganti ban baru. Namun, hal ini berlaku jika memang terjadi gangguan terhadap ban.

Jadi, jangan langsung mengganti ban karena harganya cukup mahal. Konsultasikan dulu masalah kendaraan ke bengkel resmi terdekat.

Teknisi akan menyarankan untuk memperbaiki ulang semua komponen terkait atau mengganti ban jika diperlukan.

Ukuran ban juga akan disesuaikan dengan velg yang sesuai standar motor Anda. Jika ditawari bekas, sebaiknya menolak karena ban baru lebih baik dan kuat.

  • Bawa Motor Ke Bengkel Terpercaya

Solusi ampuh terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa motor ke bengkel terpercaya. Pilihlah bengkel resmi yang memberikan penawaran berkualitas dan original, seperti bengkel resmi Suzuki. Anda bisa mengunjungi bengkel tersebut di wilayah terdekat. 

Ulasan tentang penyebab ban belakang matic goyang beserta solusinya di atas bisa dijadikan rujukan informasi bila motor matic milik Anda mengalami hal yang sama. Silahkan menerapkan beberapa tips di atas agar kondisi ban motor kembali normal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya