Tips & Trik

Mudah, Ini Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri

PUBLISHED DATE : 27 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21__xl7_(1).jpg

Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri di Samsat

Sudah mempersiapkan semua syaratnya terutama untuk kendaraan yang bukan atas nama sendiri? Anda bisa langsung melakukan proses selanjutnya di Samsat terdekat sesuai dengan wilayah terdaftarnya kendaraan. 

Berikut ini cara mengurus STNK hilang yang harus dilakukan. 

    1. Mengisi Formulir Pendaftaran Pengajuan

Sesampainya di Samsat, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil formulir pendaftaran. Formulir ini hanya bisa didapatkan di kantor Samsat dan belum bisa diunduh online. 

Biasanya Samsat akan cukup ramai karena banyak orang yang ingin perpanjangan STNK atau soal lainnya. Jika bingung tanyakan kepada petugas di mana Anda bisa mengambil formulir pendaftaran untuk pengajuan pembuatan STNK karena hilang. 

Formulir pendaftaran ini biasanya sudah dilengkapi dengan materai dan terdiri dari dua jenis. Formulir yang pertama merupakan surat pernyataan bahwa STNK hilang. Kemudian formulir kedua adalah surat pernyataan bahwa Anda tidak membawa KTP sesuai dengan STNK atau BPKB. 

Surat pernyataan inilah yang bisa digunakan untuk menggantikan surat kuasa apabila Anda tidak mendapatkannya. Namun surat pernyataan ini tetap harus diisi meskipun Anda sudah membawa surat kuasa. 

    2. Menyerahkan Berkas

Kemudian setelah mengisi formulir pendaftaran dan pernyataan, Anda bisa menyerahkannya sekaligus dengan syarat yang dibutuhkan. Nantinya petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum masuk ke cek fisik. 

Anda tinggal menunggu giliran dipanggil dan jangan lupa untuk membawa kendaraan ke ruang cek fisik. 

    3. Cek Fisik Kendaraan

Setiap pengajuan pembuatan STNK karena hilang, Anda harus membawa kendaraan yang dimaksudkan ke Samsat. Karena pihak kepolisian akan mengecek nomor rangka dari kendaraan bermotor dan mencocokannya dengan dokumen yang telah dilampirkan. 

Usai cek fisik Anda akan mendapatkan hasil cek fisik kendaraan. Kemudian masih ada beberapa proses selanjutnya. 

    4. Pengecekan Pemblokiran

Setelah cek fisik, berkas-berkas kendaraan yang tadi sudah dilampirkan akan dicek apakah terblokir atau tidak. Supaya bisa cek blokir ini Anda perlu memberikan hasil cek fisik kendaraan yang tadi sudah didapatkan. 

Petugas akan langsung mengecek apakah kendaraan sebelumnya sudah diblokir. Langkah ini juga dibutuhkan untuk mengetahui apakah ada tunggakan pajak bermotor yang masih belum dibayar. 

Jika ada, maka Anda harus mempersiapkan juga uang untuk pembayaran pajak yang tertunda. Dari pengecekan pemblokiran ini Anda akan mendapat struk untuk pembayaran. 

    5. Proses Pembayaran 

Cara mengurus STNK hilang selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jumlahnya sesuai dengan jenis kendaraan sekaligus jumlah pajak jika STNK belum diperpanjang. 

Namun apabila tidak ada pajak yang tertunggak, maka Anda hanya perlu membayar pembuatan STNK saja. 

Proses pembayaran bisa dilakukan di loket kasir sesuai yang tersedia di Samsat. Biasanya loket kasir ada beberapa jadi Anda tidak perlu takut mengantri terlalu panjang. 

    6. Mendapatkan STNK Baru

Cara mengurus STNK hilang yang terakhir adalah pada loket pengambilan STNK. Sampai di sini STNK Anda sudah jadi dan bisa langsung diambil. Biasanya loket pengambilan sama dengan loket pengambilan pada saat Anda perpanjangan STNK. 

Hanya saja setiap Samsat memiliki proses yang berbeda-beda. Ada yang STNK bisa langsung jadi dan bisa diambil. Namun ada juga Samsat yang baru bisa menerbitkan STNK beberapa hari kemudian. 

Selama menunggu penerbitan STNK, Anda akan mendapatkan dokumen pengganti sekaligus tanda terima bahwa STNK sedang dalam proses pembuatan. Pada hari yang sudah ditentukan, Anda bisa kembali lagi ke Samsat untuk mengambil STNK yang sudah jadi. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya