Tips & Trik

Mengenal Apa itu Kapal Destroyer

PUBLISHED DATE : 15 Maret 2022

54638764 S

Berdiri sebagai negara kepulauan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pertahanan maritim yang bagus. Menggunakan alat utama sistem senjata seperti kapal destroyer menjadi sebuah keharusan. 

Kapal perusak adalah sebuah kapal perang yang bisa bergerak dengan cepat serta mampu bermanuver. Sesuai dengan namanya, fungsi dari kapal ini adalah untuk melindungi armada kapal perang dengan ukuran lebih besar. 

Apa jenis kapal perusak yang dimiliki Indonesia? Seperti apa sejarah kapal perusak dan apa saja kapal perusak yang terkenal di dunia? Mari cek semua jawabannya di artikel ini. 

Sejarah Kapal Destroyer

Kapal perusak hadir di pertengahan abad ke 19. Kala itu zaman revolusi industri terjadi di mana berbagai jenis kapal layar diubah menjadi kapal dengan mesin uap. 

Penemuan yang terjadi kala itu adalah turbin uap yang jadi penemuan revolusioner dan sangat bermanfaat dalam memperbaiki kemampuan kapal perang. Penemunya sendiri adalah insinyur muda Charles Parsons. 

Sebelum turbin uap ditemukan tahun 1897, revolusi torpedo justru lebih dulu ada yakni sekitar 1866. Torpedo ditemukan oleh Robert Whitehead orang berkebangsaan Inggris yang tinggal di Italia. 

Kenali seperti apa kapal torpedo yang diciptakan pertama kali pada halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

Kapal torpedo adalah terobosan baru karena memiliki gerakan yang lincah dan gesit mengingat bentuknya yang kecil. Kala itu kapal torpedo menjadi kapal destroyer yang cukup dikhawatirkan oleh kapal-kapal besar. 

Berbeda dengan kapal tempur yang berukuran besar sehingga sulit melakukan gerakan-gerakan. Belum lagi untuk meluncurkan meriam, kapal besar membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan kapal torpedo. 

Demi mengatasi ancaman kapal torpedo maka diciptakanlah kapal perang dengan ukuran lebih kecil. Kapal ini dilengkapi dengan berbagai senjata kaliber untuk menembak dengan cepat. 

Baca Juga : Mari Mengenal Jenis Jenis Kemudi Kapal Laut

Disebut sebagai kapal destroyer torpedo yang kini dikenal juga sebagai kapal perusak. 

Perkembangan Kapal Perusak dari Masa ke Masa 

Desain kapal perusak pertama kali ada pada saat Perang Dunia I, di mana kapal selam U-boat cukup mengancam di perbatasan laut. Demi mengatasi hal tersebut model kapal perusak harus dipersenjatai dengan bom dan juga sonar. 

Fungsinya adalah untuk menyerang sekaligus mengetahui posisi kapal milik lawan. Perubahan desainnya terjadi juga di Perang Dunia II, kala itu kapal perusak berubah untuk melawan pesawat terbang. 

Cek desain kapal penghancur pada era Perang Dunia II di halaman selanjutnya. 

_____________________________________________________________________________________________

Kapal perusak pun dilengkapi dengan kanon anti pesawat yang cukup memakan ruang di bagian dek dan berat kapal meningkat. Namun kapal perusak juga bisa bekerja sebagai kapal penjelajah. 

Bagi kapal-kapal perusak lama yang sudah dirakit pun dilakukan perubahan yaitu dengan memberikan meriam fungsi ganda. Meriam ini memiliki dua fungsi yaitu merusak kapal lain dan juga pesawat. 

Usai Perang Dunia II selesai, kapal perusak jadi jenis kapal yang tidak mengalami kepunahan. Pasalnya biaya operasionalnya yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan kapal besar untuk perang. 

Kapal Destroyer Milik Indonesia 

Apakah Indonesia memiliki kapal perusak? Tentu saja. Bahkan jumlahnya sendiri selalu ditambah. Terakhir adalah dengan menambahkan kapal KRI I Gusti Ngurah Rai-332. 

Alutsista yang bisa memperkuat TNI Angkatan Laut ini memiliki begitu banyak tugas. Mulai dari anti surface warfare, anti air warfare, naval gunfire support, electronic warfare sampai dengan naval diplomacy. 

Panjang dari kapal destroyer milik Indonesia ini panjangnya 105,11 meter dengan berat 2.365 ton. Termasuk sebagai kelas light fregat atau perusak kawal rudal. Beberapa sistem persenjataannya cukup lengkap. 

Apa saja senjata yang bisa dibawa oleh KRI I Gusti Ngurah Rai-332 cek di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

Mulai dari meriam utama ukuran 76 mm dan rudal permukaan ke udara (SAM). Ada juga sistem pertahanan diri yaitu senjata 35 mm dan juga pelontar torpedo. Tidak ketinggalan disematkan juga rusak permukaan ke permukaan (SSM). 

Kapal perusak ini memiliki kemampuan untuk peperangan elektronik menggunakan sistem electronic counter measure (ECM) serta electronic support measure (ESM). Semua sudah diintegrasikan dalam combat management system (CMS). 

Jenis-Jenis Kapal Destroyer Terkenal di Seluruh Dunia 

115415651_s

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki kapal perusak untuk menjaga kedaulatan negara, namun juga negara tetangga. Apalagi negara-negara maju seperti Amerika yang siap memproduksi atau membeli kapal perusak dengan harga mahal. 

Sepanjang sejarah sampai saat ini, ada beberapa jenis kapal perusak yang cukup ditakuti di dunia. Apa saja itu, cek langsung jenis-jenisnya berikut ini. 

  • Kapal Selam Perusak Virginia 

Kapal yang pertama ini milik Angkatan Laut Amerika Serikat yang juga jadi penerus dari kapal Los Angeles. Kapal yang dirancang khusus sebagai kapal alternatif ini ukurannya lebih kecil dan juga murah. 

Namun kapal ini memiliki sifat yang serbaguna, di Amerika terdapat 30 jenis kapal yang memiliki tenaga nuklir Virginia ini. Hampir semuanya masih beroperasi dan terdapat 12 tabung Vertical Launch System (VLS). 

Apa itu VLS cek di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

VLS sendiri adalah sistem untuk meluncurkan rudal jelajah untuk serangan darat yang jangkauannya 1.700 km. Selain itu ada juga empat tabung torpo ukuran 533 mm yang bisa digunakan menembakkan 26 torpedo. 

  • Kapal Selam Perusak Kelas Los Angeles 

Baca Juga : Apa itu Kapal Supply? Ini Pengertian dan Fungsinya

Lagi-lagi kapal destroyer milik Amerika Serikat yang jumlahnya sekitar 40 buah. Kapal ini adalah versi yang cukup terbaru dari pendahulunya yang bekerja tahun 1988. 

Versi terbarunya ini tujuh kali lebih tenang daripada pendahulunya. Selain itu susunan senjatanya jauh lebih kuat. Terdapat rudal anti kapal Sup Harpoon dan juga torpedo Mk. 46 dan dilengkapi juga dengan rudal jelajah serangan darat Tomahawk. 

Kelebihan kapal ini adalah bisa menjelajah di bawah lautan es yang jadi tempat beroperasinya kapal selam rudal Rusia. 

  • Kapal Selam Graney 

Merupakan salah satu kapal selam dengan tenaga nuklir terbaru milik negara Rusia. Awalnya bernama Severodvinsk yang diciptakan tahun 1993. Hanya saja pembangunannya sempat berhenti karena adanya masalah dana. 

Kapal ini beroperasi pada tahun 2013 dan kapal keduanya diciptakan untuk meningkatkan kualitas. Saat ini terdapat 6 kapal selam penghancur dengan 24 tabung peluncuran vertikal untuk rudal yang beroperasi. 

Salah satunya adalah rudal P-800 Oniks yang bisa menjangkau jarak hingga 300 km. 

_____________________________________________________________________________________________

Masih ada juga 8 tahun torpedo 650 mm. Satu kapal bisa membawa 30 jenis torpedo serta rudal. 

  • Kapal Selam Astute 

Masih dengan kapal selam dengan tenaga nuklir kali ini adalah milik negara Inggris. Awalnya dioperasikan oleh Royal Navy tahun 2010 dan terdapat 7 jenis kapal yang beroperasi. 

Kelebihannya adalah adanya fitur mode siluman serta kapasitas angkut senjata yang cukup banyak. Terdapat 6 tabung torpedo 533 mm dan juga sudah memiliki rudal jelajah serangan darat Tomahawk Block IV. 

Tinggal di negara maritim, Anda tentu tak hanya mengenal kapal penghancur saja. Masih banyak jenis kapal lain seperti kapal feri atau kapal nelayan dan kapal karet dengan mesin tempel. 

Soal mesin tempel, Suzuki Marine jadi banyak pilihan para nelayan dan pengguna kapal di Indonesia. Beberapa mesin tempel seperti Offset Driveshaft dirancang untuk memiliki sedikit getaran dan kompak. 

Kapal akan memiliki kemudi yang lebih stabil dengan mesin tempel ini. Ada juga Suzuki Dual Prop System yang mampu memutar dua baling-baling dengan arah berlawanan. 

Masih banyak lagi mesin tempel Suzuki seperti High Energy Rotation dengan navigasi kuat. Ada juga Multi Stage Induction dan 2-Stage Gear Reduction. Tinggal pilih saja mana mesin tempel sesuai dengan kebutuhan, semuanya ada di Suzuki Marine. 

Berita Lainnya