Tips & Trik

Ada Banyak, Ini Jenis- Jenis Ban Motor Serta Fungsinya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Address1.jpg

Jenis ban motor memiliki banyak variasi. Jenis ban ini bentuknya disesuaikan dengan kegunaan motor sekaligus medan yang akan dilalui jenis motornya. 

Seiring dengan perkembangan industri transportasi, berbagai kendaraan telah ditemui dalam banyak variasi. Hal tersebut berlaku juga untuk motor. Dengan demikian, tentu komponen penyusunnya juga telah banyak dihadirkan variasinya, termasuk untuk jenis ban motor.

Ban motor memiliki banyak variasi dan penggunaannya menyesuaikan dengan kriteria dan jenis motornya. Sedikit ulasan terkaitnya di bawah ini akan menjelaskannya.

Mengapa Ban Ada Beberapa Jenis?

Baca Juga : Ini Fungsi Stator Pada Alternator dan Cara Kerjanya

Seperti yang diketahui, motor menjadi komoditas yang dimiliki oleh hamper setiap orang. Jenisnya juga beragam, mulai dari motor sporty, standar, trail atau offroad, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis motor tersebut memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kemampuan akselerasinya.

Hal lain yang membuat beragamnya jenis motor adalah kemampuannya di medan jalan. Ini yang akan menentukan perbedaan jenis ban yang dipasangkan terhadapnya. Motor bebek atau matic yang biasa ditemui misalnya, akan memiliki ban yang berbeda dengan motor balap maupun off road.

Perbedaan jenis ban ini akan disesuaikan dengan kemampuan motor tersebut. Motor trail yang biasa digunakan dalam jalan terjal dan berbatu, memiliki model dan alur ban yang berbeda dari motor matic yang biasa digunakan di aspal jalan raya. Hal tersebut berlaku untuk motor jenis lainnya.

Baca Juga : Bearing Roda Motor Rusak? Jangan Disepelekan!

Sedikit penjelasan diatas menyimpulkan bahwa jenis ban menjadi beragam untuk disesuaikan dengan fungsinya. Hal ini agar masing-masing motor memiliki performa yang baik untuk dikendarai sesuai dengan medan kendaraanya.

Fungsi Ban Pada Kendaraan

Memiliki beragam variasi, tentunya bentuk ban disesuaikan dengan fungsinya masing-masing yang diadaptasikan pada motornya. Meskipun demikian, pada dasarnya fungsi pemasangan ban pada sepeda motor maupun kendaraan lainnya adalah sama.

Ban adalah komponen yang wajib ada untuk kelengkapan kendaraan. Karena itu, kondisinya harus diupayakan agar tetap dapat difungsikan dengan maksimal. Berikut beberapa fungsi ban yang sangat penting ada untuk kendaraan.

  • Memperbesar Gaya Gesek Ketika Berkendara

Baca Juga : Dinamo starter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Ketika kendaraan bermotor telah melaju, di situlah terjadi gaya gesek antara roda dengan aspal atau medan kendara. Dalam hal ini ban memiliki pengaruh kuat dalam menjaga gaya gesek antara keduanya tetap stabil dan seimbang.

Ban dibuat beralur seperti memiliki motif karena disesuaikan dengan medan yang dilaluinya. Alur pada ban tersebut akan membantu memperbesar gaya gesekan antara ban dan jalan sehingga pengendara tidak tergelincir ketika berkendara.

  • Meningkatkan Traksi Roda Dengan Jalan

Ban adalah komponen utama pembentuk traksi roda dengan jalan. Inilah mengapa ban didesain dengan memiliki bead. Lapisan bead akan mencengkram ban pada bagian velg sehingga ban tetap dalam keadaannya semula ketika sedang berputar cepat.

Roda dan jalan harus memiliki titik gesek maksimum agar tidak terjadi selip dan tergelincir. Inilah alasan mengapa bila sudah menemukan ban dalam kondisi halus, sebaiknya segera diganti.

  • Memungkinkan pengendaraan yang nyaman

Ban juga termasuk penunjang kenyamanan dalam berkendara. Mengingat akan hal itu, memeriksa kondisi angin dalam ban perlu dilakukan secara bertahap.

Kondisi ban yang tidak sesuai standar dengan kurang atau kelebihan angin, tentu secara langsung akan mempengaruhi kenyaman berkendara.

jenis_ban_motor

Jenis-Jenis Ban

Jenis ban motor cukup banyak. Berbagai jenis ini dibuat sesuai kebutuhan setiap motor dengan menyesuaikan karakteristiknya. Berikut beberapa jenis yang dimaksud.

  • Ban Skuter
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya