Tips & Trik

Kinclong, Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Praktis

PUBLISHED DATE : 25 September 2021

Suzuki Nex (1)

Agar bersih sempurna, pastikan semua permukaan blok mesin bersih dari kotoran yang berupa kerak dan karat.

Jika ada sisa kotoran yang menempel, silahkan mengulangi untuk membersihkan beberapa kali dengan cairan rumah tangga tersebut hingga terlihat bersih. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan saja cairan pembersih lantai kamar mandi yang lebih ampuh dibanding lainnya. Gosok dengan menggunakan kuas kecil atau lap tebal secara merata. jika sudah, tunggu cairan itu bereaksi. 

Anda juga bisa menggosok menggunakan sikat gigi. Hati-hati dalam membersihkan permukaan blok mesin.

Sebaiknya menggunakan sarung tangan agar cairan yang keras tersebut tidak mengenai kulit Anda yang bisa menimbulkan iritasi. 

Membersihkan Kembali Bagian Dalam dan Luar Motor

Setelah memberikan beberapa bahan yang menurut Anda paling aman, mudah diaplikasikan, dan mudah didapatkan, maka bisa kembali membersihkan semua bagian motor. Bersihkan semua bagian motor, mulai dari bagian dalam dan luarnya.

Gunakan air bersih mengalir untuk membersihkannya. Pilih sabun khusus motor yang bagus dan gunakan lap basah dan kering yang bersih dan lembut.

Baca Juga : Mau Ganti Motor? Ini Tips Jual Motor Bekas

Penggunaan alat dan bahan yang aman akan melindungi penampilan kendaraan dan tidak akan merusaknya. 

Melakukan Pengecatan Pada Mesin Motor

Jika diperlukan, Anda bisa melakukan pengecatan pada mesin motor. Hal ini bertujuan untuk melindungi permukaan luar blok mesin dari berbagai kotoran.

Selain itu bisa membuat mesin tampak seperti baru. Pengecatan bisa dilakukan setelah Anda mencuci bersih dan mengeringkan motor.

Langkah pertama adalah bongkar seluruh bagian mesin motor. Hal ini karena cara pengecatan sangat berbeda jika dibandingkan dengan mengecat permukaan luar motor. Jika dibongkar, maka Anda bisa lebih mudah mengecatnya. 

Saat memulai pengecatan, tutup bagian-bagian yang tidak boleh terkena cat dengan kertas. Pengecatan mesin motor ini hanya disarankan jika kondisi mesin rusak parah. Contohnya banyak kerak dan kotoran yang menempel di hampir seluruh bagian yang tidak dijangkau.

Berbagai cara mengkilapkan mesin motor diatas bisa Anda coba sendiri di rumah. Alangkah baiknya tidak hanya mengkilapkan bagian luar motor saja, tetapi bagian mesin motor juga perlu diperhatikan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya