Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang Relay Klakson Yang Benar & Aman

PUBLISHED DATE : 04 Mei 2023

Pasang Relay Klakson

Relay klakson merupakan komponen penting dalam sistem klakson, yang berfungsi untuk menghubungkan sumber arus listrik ke klakson. Jika Anda sedang mengalami masalah pada komponen ini, ketahui prosedur pasang relay klakson yang benar untuk menyelesaikannya.

Artikel ini akan mengupas lengkap tentang cara pasang, cara kerja, dan manfaat dari relay klakson. Dengan mengetahui informasi ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah klakson tidak berfungsi maksimal, memiliki volume kecil, atau bahkan tidak bersuara.

Cara Pasang Relay Klakson yang Benar

Pemasangan relay yang benar dapat membantu memastikan agar klakson bekerja dengan optimal dan menghindari kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Terdapat dua cara pemasangan relay klakson berdasarkan sistem tegangannya.

 

  • Sistem Tegangan Positif

 

Dalam sistem tegangan positif, klakson menerima arus listrik dari kutub positif aki, dan kemudian ke kutub negatif melalui rangkaian relay klakson. Berikut langkah-langkah pemasangan relay klakson dengan sistem tegangan positif:

  • Hubungkan kaki nomor 30 pada terminal positif aki mobil menggunakan kabel berukuran besar, karena kabel ini terhubung langsung ke aki.
  • Selanjutnya, pasang kaki nomor 87 pada sisi positif klakson menggunakan kabel yang berukuran sedang sampai besar.
  • Sambungkan kaki nomor 85 pada salah satu bagian klakson dan pasang kaki nomor 86 pada bodi mobil atau ground. 

Dengan melakukan pemasangan sesuai langkah-langkah ini, relay akan berfungsi dengan baik pada sistem kelistrikan mobil Anda.

 

  • Sistem Tegangan Negatif

 

Dalam sistem tegangan negatif, klakson menerima arus listrik dari kutub negatif aki, dan kemudian ke kutub positif melalui rangkaian relay klakson. Berikut langkah-langkah pemasangannya:

  • Periksa kaki nomor 30. Kaki ini harus dipasang pada terminal positif aki mobil. Gunakanlah kabel yang berukuran besar karena langsung terhubung ke aki.
  • Pemasangan kaki relay nomor 87 harus dilakukan pada terminal positif klakson. Anda dapat menggunakan kabel yang berukuran besar atau sedang untuk ini.
  • Selanjutnya, sambungkan kaki relay nomor 85 ke salah satu kabel klakson "A" dan kaki nomor 86 ke klakson "B". Penting untuk diingat bahwa pemasangan kaki nomor 85 dan 86 tidak terpengaruh oleh polaritas.

Sangat penting untuk diketahui bahwa proses pasang relay klakson biasanya berbeda-beda tergantung pada merek yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum membeli relay, perlu dilakukan pengecekan yang teliti.

Sebelum memulai proses pemasangan relay, pastikan untuk selalu memeriksa nomor yang tertera pada kaki relay. Dengan demikian, Anda akan dapat menghindari kesalahan dalam memasang relay yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil Anda.

Cara Kerja Klakson

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Tips Mengemudi Malam Hari

Prinsip kerja klakson adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, yang kemudian menghasilkan suara. Klakson pada mobil memerlukan daya listrik yang cukup untuk menghasilkan suara yang baik.

Umumnya, klakson memerlukan daya listrik sebesar 4,8 A atau 57,6 W. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah suara yang lemah atau bahkan tidak keluar sama sekali, yang disebabkan oleh kurangnya daya listrik. Untuk meningkatkan daya listrik pada klakson, dibutuhkan relay.

Cara Kerja Relay Klakson

Relay klakson memiliki kumparan elektromagnet yang akan menghasilkan medan magnet ketika dialiri arus listrik. Medan magnet ini akan menarik kontak relay, sehingga menghubungkan atau memutuskan aliran listrik ke klakson.

Relay klakson berfungsi sebagai pengontrol dan pengalir arus listrik untuk klakson mobil, dimana komponen ini mengatur aliran arus listrik ke klakson, menjaga agar sirkuit klakson tidak mudah terbakar akibat beban arus yang terlalu tinggi.

Proses pasang relay klakson harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam aliran arus listrik. Aliran listrik akan mengalir melalui kaki relay 85 dan 86 dan bergerak menuju kumparan yang akan menciptakan medan magnet untuk menarik kontraktor.

 

Setelah itu, arus listrik dari daya magnet tersebut akan mengalir melalui kaki relay 30 ke kaki relay 87, dan aliran ini akan terus berulang. 

Dengan menggunakan relay klakson, arus listrik yang mengalir melalui saklar klakson menjadi lebih kecil, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada saklar dan sirkuit klakson.

Manfaat Memasang Relay Klakson Mobil

Tahukah Anda bahwa dengan pasang relay klakson mobil dapat memberikan banyak manfaat? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

  • Mengurangi Beban Arus Listrik

 

Salah satu manfaat utama memasang relay klakson adalah mengurangi beban arus listrik pada saklar klakson. 

Dengan menggunakan relay klakson, saklar klakson hanya perlu mengalirkan arus listrik yang kecil untuk mengaktifkan klakson, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada saklar dan sirkuit klakson.

 

  • Meningkatkan Efisiensi Energi

 

Relay klakson dapat meningkatkan efisiensi energi dalam sistem klakson, karena relay mengatur aliran arus listrik dengan lebih baik.

Dengan mengurangi kehilangan energi akibat hambatan dan panas yang dihasilkan, relay klakson dapat membuat sistem klakson lebih hemat energi.

 

  • Meningkatkan Kualitas Suara Klakson

 

Memasang relay klakson dapat meningkatkan kualitas suara klakson, karena arus listrik yang lebih stabil memungkinkan klakson bekerja dengan lebih optimal.

Klakson yang bekerja pada kondisi yang ideal akan menghasilkan suara yang lebih keras dan jernih.

 

  • Meningkatkan Keamanan

 

Proses pasang relay klakson yang benar akan mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh beban arus listrik yang terlalu tinggi pada sistem klakson.

Relay klakson juga dapat membantu melindungi komponen elektronik lainnya dalam kendaraan, seperti saklar dan sirkuit, dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan.

 

  • Memudahkan Perawatan dan Perbaikan

 

Baca Juga : Ternyata Ini Keuntungan Menggunakan sparepart Asli

Dengan memasang relay klakson, perawatan dan perbaikan sistem klakson menjadi lebih mudah. Jika terjadi kerusakan pada klakson atau komponen lainnya, Anda hanya perlu mengganti relay klakson yang rusak, bukan keseluruhan sistem.

Pastikan Anda memeriksa nomor pada kaki relay sebelum pemasangan agar dapat menghemat waktu dan biaya perbaikan.

 

  • Meningkatkan Kinerja Klakson pada Beban Tinggi

 

Pada beberapa situasi, seperti kendaraan yang sering digunakan untuk keperluan off-road atau di daerah berdebu, klakson mungkin perlu bekerja pada beban yang lebih tinggi.

Dalam situasi ini, relay klakson dapat membantu meningkatkan kinerja klakson dengan mengatur aliran arus listrik yang lebih baik dan menjaga suhu komponen tetap stabil.

 

  • Kompatibilitas dengan Berbagai Jenis Klakson

 

Relay klakson umumnya kompatibel dengan berbagai jenis klakson, seperti klakson tunggal, klakson ganda, atau klakson udara.

Dengan demikian, Anda dapat memasang relay klakson pada hampir semua jenis kendaraan dan menggabungkannya dengan klakson yang sesuai.

Memahami cara pasang relay klakson yang benar dan aman merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan kinerja sistem klakson kendaraan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda akan dapat memasang relay klakson dengan benar dan memastikan klakson mobil Anda bekerja dengan optimal dan aman dari potensi kerusakan.

Anda dapat memasang relay klakson di bengkel resmi Suzuki dengan mudah. Dapatkan layanan ini melalui Walk in, halo Suzuki, atau pengisian form booking service di website Suzuki.

Dengan teknisi yang terlatih dan terampil, Anda dapat yakin bahwa klakson mobil akan berfungsi dengan baik dan aman.

Berita Lainnya