Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang Relay Klakson Yang Benar & Aman

PUBLISHED DATE : 04 Mei 2023

Pasang Relay Klakson

 

  • Sistem Tegangan Positif

 

Dalam sistem tegangan positif, klakson menerima arus listrik dari kutub positif aki, dan kemudian ke kutub negatif melalui rangkaian relay klakson. Berikut langkah-langkah pemasangan relay klakson dengan sistem tegangan positif:

  • Hubungkan kaki nomor 30 pada terminal positif aki mobil menggunakan kabel berukuran besar, karena kabel ini terhubung langsung ke aki.
  • Selanjutnya, pasang kaki nomor 87 pada sisi positif klakson menggunakan kabel yang berukuran sedang sampai besar.
  • Sambungkan kaki nomor 85 pada salah satu bagian klakson dan pasang kaki nomor 86 pada bodi mobil atau ground. 

Dengan melakukan pemasangan sesuai langkah-langkah ini, relay akan berfungsi dengan baik pada sistem kelistrikan mobil Anda.

 

  • Sistem Tegangan Negatif

 

Dalam sistem tegangan negatif, klakson menerima arus listrik dari kutub negatif aki, dan kemudian ke kutub positif melalui rangkaian relay klakson. Berikut langkah-langkah pemasangannya:

  • Periksa kaki nomor 30. Kaki ini harus dipasang pada terminal positif aki mobil. Gunakanlah kabel yang berukuran besar karena langsung terhubung ke aki.
  • Pemasangan kaki relay nomor 87 harus dilakukan pada terminal positif klakson. Anda dapat menggunakan kabel yang berukuran besar atau sedang untuk ini.
  • Selanjutnya, sambungkan kaki relay nomor 85 ke salah satu kabel klakson "A" dan kaki nomor 86 ke klakson "B". Penting untuk diingat bahwa pemasangan kaki nomor 85 dan 86 tidak terpengaruh oleh polaritas.

Sangat penting untuk diketahui bahwa proses pasang relay klakson biasanya berbeda-beda tergantung pada merek yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum membeli relay, perlu dilakukan pengecekan yang teliti.

Sebelum memulai proses pemasangan relay, pastikan untuk selalu memeriksa nomor yang tertera pada kaki relay. Dengan demikian, Anda akan dapat menghindari kesalahan dalam memasang relay yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil Anda.

Cara Kerja Klakson

Baca Juga : Ketahui Jenis-jenis Kopling Motor

Prinsip kerja klakson adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, yang kemudian menghasilkan suara. Klakson pada mobil memerlukan daya listrik yang cukup untuk menghasilkan suara yang baik.

Umumnya, klakson memerlukan daya listrik sebesar 4,8 A atau 57,6 W. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah suara yang lemah atau bahkan tidak keluar sama sekali, yang disebabkan oleh kurangnya daya listrik. Untuk meningkatkan daya listrik pada klakson, dibutuhkan relay.

Cara Kerja Relay Klakson

Relay klakson memiliki kumparan elektromagnet yang akan menghasilkan medan magnet ketika dialiri arus listrik. Medan magnet ini akan menarik kontak relay, sehingga menghubungkan atau memutuskan aliran listrik ke klakson.

Relay klakson berfungsi sebagai pengontrol dan pengalir arus listrik untuk klakson mobil, dimana komponen ini mengatur aliran arus listrik ke klakson, menjaga agar sirkuit klakson tidak mudah terbakar akibat beban arus yang terlalu tinggi.

Proses pasang relay klakson harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam aliran arus listrik. Aliran listrik akan mengalir melalui kaki relay 85 dan 86 dan bergerak menuju kumparan yang akan menciptakan medan magnet untuk menarik kontraktor.

 

Setelah itu, arus listrik dari daya magnet tersebut akan mengalir melalui kaki relay 30 ke kaki relay 87, dan aliran ini akan terus berulang. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya