Berita

Apa Penyebab Mobil Mogok dan Begini Pertolongan Pertamanya

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2021

New Baleno1

Agar tidak bingung saat mengalaminya, Anda harus mengetahui penyebab mobil mogok sehingga dapat melakukan pertolongan pertama pada mobil tersebut . 

Berkendara secara aman dan lancar merupakan harapan semua orang. Namun, ada kalanya mobil menjadi tidak bersahabat alias mogok. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui penyebab mobil mogok sehingga dapat melakukan pertolongan pertama pada mobil tersebut.

Ada berbagai faktor yang membuat mobil tidak dapat menjalankan fungsinya. Tapi tidak perlu khawatir, setiap masalah tentu memiliki solusi serta pencegahan. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya mobil mogok, cara mengatasi, serta cara mencegahnya.

Penyebab Mobil Mogok

Kerusakan komponen mobil serta suhu mesin dapat menjadi faktor penyebab mogoknya mobil Anda. Nah, beberapa daftar di bawah ini merupakan komponen mobil serta faktor lain yang dapat menyebabkan mobil mogok. Berikut penjelasannya.

  • Aki Mobil Bermasalah

Penyebab mobil mogok biasanya disebabkan oleh aki mobil yang bermasalah. Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyuplai listrik sehingga mesin dapat dihidupkan. Jika aki mobil Anda bermasalah, maka mesin akan sulit menyala.

Aki yang rusak akan membuat mobil Anda sering mogok dan sulit dijalankan. Bahkan, pada kerusakan aki yang fatal dapat menimbulkan masalah lain pada mesin mobil apabila terus dipaksakan untuk berjalan.

Cara mengatasi hal ini, Anda harus segera mengganti aki mobil tersebut. Menunda penggantian aki justru akan memperparah keadaan mesin mobil Anda, bahkan menyeret kerusakan pada komponen yang lain. Mintalah jasa ahli atau bengkel untuk menggantinya.

  • Alternator

Sebagian orang mengira bahwa mogoknya mobil akibat kelistrikan hanya dapat disebabkan oleh aki saja. Memang tidak sepopuler aki, tapi alternator yang bermasalah juga dapat menyebabkan mobil mogok.

Alternator merupakan suatu komponen yang berfungsi sebagai penyedia atau penyalur listrik ke aki. Apabila komponen ini bermasalah, maka arus listrik ke aki akan terganggu, bahkan terputus. Hal ini jelas akan membuat mesin mobil Anda tidak mau menyala, alias mogok.

Cara mengatasi kerusakan pada alternator hanya dapat dilakukan dengan menggantinya. Pastikan terlebih dahulu bahwa penyebab mogoknya mobil Anda adalah karena komponen ini. Kemudian pastikan Anda menggunakan sparepart original untuk mengganti komponennya.

  • Dinamo Starter

Ini adalah komponen yang berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Dinamo starter merupakan sebuah komponen pertama yang bersentuhan dengan mesin ketika dinyalakan. Komponen ini memang jarang sekali rusak, tapi sekalinya rusak, dinamo stater dapat menjadi penyebab mobil mogok.

Rusaknya komponen ini dapat disebabkan oleh usia serta pemakaiannya. Apabila mobil sudah tua dan dinamo starternya tidak pernah diganti, maka tidak menutup kemungkinan komponen ini akan rusak. Selain itu, pemakaian mobil yang kurang ramah juga bisa memicu kerusakan komponen tersebut.

Jika komponen ini rusak, Anda dapat membetulkannya di bengkel resmi. Apabila kerusakan yang dialami tidak terlalu berat, Anda tidak perlu menggantinya. Namun, jangan khawatir, apabila Anda rajin merawat mesin mobil dengan baik, kemungkinan komponen ini rusak sangatlah kecil.

  • Karburator Mobil

Masalah pada komponen mobil yang satu ini juga dapat menyebabkan mobil mogok. Karburator mobil berkaitan dengan bahan bakar. Masalah akan terjadi apabila bahan bakar yang masuk ke mobil terlalu sedikit.

Bahan bakar yang sedikit membuat pembakaran yang terjadi menjadi tidak sempurna sehingga mengakibatkan mobil sulit distarter atau dihidupkan. Apabila mobil sering mogok, Anda dapat mengecek bagaimana kinerja karburator.

Caranya cukup mudah, Anda dapat mempelajari cara kerja karburator atau langsung melepas selang yang terhubung dengan karburator, kemudian memasukkannya dalam botol. Setelah itu, cobalah untuk menstarter mobil.

  • Overheat

Mesin memiliki batas toleransi tertentu terhadap panas. Jika batas toleransi ini dilanggar, maka akan menimbulkan overheat pada mesin, sehingga mobil menjadi mogok. Hal ini dapat terjadi apabila Anda tidak rutin mengecek air radiator pada mobil.

Air radiator berfungsi sebagai pendingin mesin. Apabila air ini kurang atau bahkan habis, maka tidak ada lagi yang menjaga suhu mesin mobil sehingga terjadilah overheat. Hal ini bisa mengakibatkan mobil mogok serta kerusakan pada komponen lain di mesin mobil Anda.

58054539_s__1_

Cara Menangani Mobil Mogok

Apabila mobil mogok di jalan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara memperlakukan mobil yang mogok di jalan.

  • Arahkan Mobil ke Pinggir atau Bahu Jalan

Agar tidak mengganggu jalannya lalu lintas, pinggirkan mobil Anda ke bahu jalan. Apabila mobil telah mengalami tanda-tanda kerusakan sebelumnya, Anda dapat meminggirkannya dengan menyetir. Tetapi jika mobil tiba-tiba berhenti, Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk mendorongnya.

Hal ini selain menghindari kemacetan atau gangguan lalu lintas, juga dilakukan demi keselamatan. Proses perbaikan mobil akan lebih aman apabila dilakukan di pinggir atau bahu jalan.

  • Menyalakan Lampu Hazard

Lampu hazard merupakan sinyal bahwa mobil sedang berada dalam keadaan darurat. Pada mobil mogok, sinyal ini berfungsi untuk memberi sinyal kepada pengemudi lain bahwa mobil sedang bermasalah sehingga mereka dapat berhati-hati saat melintas.

  • Cek Lampu Indikator

Lampu indikator pada layar pengemudi biasanya akan memberikan sinyal penyebab mobil mogok. Lihatlah lampu indikator tersebut, kemudian periksalah kemungkinan komponen yang mengalami kerusakan.

  • Cek pada bagian yang mengalami kerusakan

Setelah mengetahui bagian yang bermasalah dari lampu indikator, periksalah bagian tersebut.

Misalnya, apabila indikator menyimbolkan oli yang habis, maka Anda harus segera mengisinya lagi. Jika mengindikasikan karburator rusak, maka segeralah hubungi pihak bengkel resmi terdekat.

Namun, jika lampu indikator menunjukkan mesin overheat, tunggulah sebentar. Periksalah radiator, kemudian masukkan coolant agent untuk membantu menurunkan suhu pada mesin.

Cara Mencegah Mobil Mogok

Penyebab mobil mogok memang sangat banyak, tapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat dihindari.

Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mobil mogok. Beberapa hal di bawah ini dapat Anda lakukan secara rutin agar mobil tetap aman digunakan untuk berkendara.

  • Service Mobil Rutin

Cek kondisi mobil Anda secara rutin untuk menikmati berkendara yang nyaman. Perawatan pada keseluruhan komponen mobil dapat dilakukan di bengkel resmi, dan idealnya dilakukan secara rutin. Anda juga dapat meminta untuk mengganti oli mesin dan tune up secara rutin.

  • Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil Anda sebelum digunakan untuk berkendara. Hal ini dilakukan agar performa mesin dapat maksimal ketika mobil dijalankan. Meskipun jarang menggunakan mobil, Anda tetap harus rutin memanaskan mesin untuk menjaga kinerjanya.

  • Selalu Cek Bahan Bakar

Mengecek ketersediaan bahan bakar pada mobil merupakan hal yang mutlak dan wajib dilakukan. Jangan sampai mobil Anda mogok hanya karena kurangnya bahan bakar. Pastikan bahan bakar mobil Anda cukup untuk digunakan selama perjalanan.

  • Memiliki Nomor Bengkel Langganan

Untuk berjaga-jaga akan adanya masalah, Anda hendaknya menyimpan nomor telepon kantor atau pegawai bengkel langganan pada ponsel.

Ini akan membantu Anda di saat-saat darurat. Anda dapat menghubungi mereka untuk datang, atau jika jauh mintalah arahan apa yang harus dilakukan.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya