Tips & Trik

Mana Yang Lebih Baik, Car Leasing Atau Car Financing?

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2023

SIS Oct Blog 26

Ketika Anda sedang membutuhkan mobil namun masih belum bisa melakukan pembelian secara tunai, maka ada berbagai pilihan cara yang dapat dilakukan. Misalnya, dengan sistem leasing mobil dan car financing.

Sekilas, mungkin saja kedua hal tersebut terlihat mirip, bahkan sering disamakan oleh banyak orang. Padahal, sebenarnya ada berbagai perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih sistem yang paling sesuai.

Supaya tidak salah memilih, baca artikel ini hingga tuntas dan temukan penjelasan lebih lengkap mengenai keduanya!

Mengenal tentang Leasing Mobil

Secara bahasa, leasing diambil dari bahasa Inggris dan berasal dari kata ‘lease’ yang artinya menyewakan. Maka dari itu, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa leasing dapat menyangkut kegiatan menyewakan mobil kepada pihak yang membutuhkan.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, maka sistem leasing ini bisa dibilang cukup berbeda dengan aktivitas yang dilakukan oleh lembaga kredit mobil. Ada berbagai hal tentang leasing mobil yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan memakai sistem ini.

  • Leasing dan Hak Guna Sewa

Sesuai dengan hal yang sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, leasing merupakan jenis kegiatan yang berupa layanan pembiayaan. Dalam praktiknya, akan disediakan modal untuk usaha tertentu yang berbentuk sewa guna.

Sewa guna ini dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan penyewa, sehingga bisa berupa adanya hak opsi maupun tidak menggunakan hak opsi.

  • Jangka Waktu

Selanjutnya, jika bicara tentang jangka waktu, maka hak sewa guna di sini dapat dijalankan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat dan disetujui bersama.

Apabila mengambil jasa yang satu ini, maka ada biaya yang perlu dibayarkan setiap bulannya. Umumnya, pengguna jasa atau layanan ini kebanyakan berasal dari jenis industri besar.

Berbagai jenis industri seringkali membutuhkan banyak kendaraan dalam jangka waktu tertentu untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Dalam hal ini, leasing dapat menjadi pilihan yang cocok untuk mereka.

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Terkait jangka waktu dalam menggunakan layanan ini, hal tersebut umumnya telah disepakati sejak awal, sehingga perlu diperhatikan dengan baik sehingga tidak ada masalah kedepannya.

  • Contoh Leasing Mobil

Untuk lebih memahami sistem ini, maka dapat dicontohkan melalui aktivitas yang umum dilakukan oleh perusahaan rental mobil.

Jika Anda ingin bergerak dalam usaha rental, maka tentunya memerlukan mobil dalam jumlah tertentu, sehingga dana yang dibutuhkan terbilang cukup besar.

Dengan memanfaatkan jasa leasing, maka perusahaan tersebut dapat memulai dan mengembangkan usaha tersebut tanpa perlu membeli banyak mobil baru yang harganya semakin melambung.

Pemilik perusahaan hanya perlu membayarkan sewa guna kepada penyedia jasa leasing. Sepanjang hak guna tersebut masih berlaku, maka perusahaan rental tadi masih memiliki hak untuk semua keuntungan yang mereka dapatkan.

Namun, jika bicara soal hak milik mobil, maka masih dipegang oleh penyedia jasa leasing, bukan dipegang oleh perusahaan rental atau pengguna jasa.

leasing mobil

iStock

Mengenal tentang Car Financing

Selanjutnya, ada car financing yang merupakan lembaga penyedia biaya pengadaan barang bagi para konsumen. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan sistem angsuran dan dibayarkan secara berkala hingga jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan awal.

Dalam proses ini, tidak ada yang disebut dengan hak opsi. Namun, Anda bisa mendapat berbagai jenis penawaran, misalnya jumlah cicilan yang ringan, persyaratan mudah, proses cepat, dan sebagainya.

Penawaran yang didapatkan akan tergantung dari lembaga penyedia layanan, sehingga Anda bisa mencari tawaran yang paling cocok untuk kebutuhan saat ini.

  • Cara Kerja Car Financing

Ketika Anda akan membeli mobil baru dan sudah memiliki uang yang cukup untuk menanggung semua biayanya, maka mudah saja untuk membelinya secara tunai.

Namun, jika uang tersebut masih belum terkumpul namun Anda perlu segera memiliki kendaraan untuk mendukung rutinitas, maka sistem angsuran ini dapat dimanfaatkan.

Anda dapat membeli sebuah mobil baru dengan memanfaatkan pinjaman. Untuk memulai sistem ini, Anda perlu membayar uang muka terlebih dahulu, lalu mulai bisa memiliki dan menggunakan mobil tersebut.

Selanjutnya, sisa pembayarannya akan dibayar secara berkala dalam jumlah tertentu pada setiap periode pembayarannya. Dalam hal ini, Anda juga akan dibebankan bunga dalam jumlah tertentu, sesuai kesepakatan awal.

Jika seluruh pembayaran tersebut telah selesai, maka Anda secara resmi telah memiliki mobil tersebut dan tidak perlu mengembalikannya.

Manfaat dari Leasing Mobil dan Car Financing, Mana yang Lebih Baik?

Sebelum memutuskan akan menggunakan sistem yang mana, maka ada baiknya Anda mengetahui berbagai manfaat dari keduanya terlebih dahulu.

  • Manfaat Leasing Mobil

Jika Anda menggunakan layanan leasing ini, maka berbagai manfaat dapat diperoleh. Berikut merupakan daftarnya:

  • Tanpa Biaya Perawatan

Hal yang menjadi keuntungan besar dalam menggunakan layanan ini yaitu Anda tidak akan dibebankan dengan berbagai biaya perawatan kendaraan selama masih termasuk dalam masa leasing.

Selanjutnya, jika terjadi hal-hal tidak terduga selama masa tersebut, maka garansi yang tersedia pun dapat dimanfaatkan.

  • Harga Lebih Terjangkau

Manfaat kedua yang bisa didapatkan yaitu harganya terjangkau untuk memiliki mobil baru, terlebih jika membutuhkan mobil dalam jumlah tertentu.

Pembayarannya setiap bulan terbilang murah jika dibandingkan dengan membeli mobil baru secara kredit. Maka dari itu, apabila dana yang dimiliki cukup minim, maka leasing mobil dapat menjadi solusi terbaik.

  • Berbagai Kesempatan Memakai Mobil Baru   

Baca Juga : Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Jika Anda memiliki gaya hidup yang suka berganti kendaraan serta mencoba berbagai pengalaman baru, maka layanan leasing dapat menjadi pilihan menarik.

Saat ini, teknologi kendaraan dapat berkembang dan berganti secara cepat, sehingga cenderung sulit untuk mengikuti perkembangannya jika harus membeli mobil baru setiap jangka waktu tertentu.

Dengan layanan leasing, maka Anda bisa mempunyai kesempatan untuk memiliki dan berganti mobil kapanpun, sehingga berbagai jenis mobil pun dapat dicoba.

  • Manfaat Car Financing

Selanjutnya, untuk layanan car financing pun memiliki berbagai manfaat yang patut menjadi pertimbangan, misalnya:

  • Tanpa Biaya Tambahan dalam Pemakaian

Jika menggunakan layanan ini, maka mobil tersebut telah menjadi milik Anda. Tidak akan ada tambahan biaya untuk pemakaian, kerusakan, dan hal-hal lainnya.

Anda bisa menggunakan mobil tersebut sebagaimana memakai mobil baru pada umumnya, tidak ada batasan dalam penggunaannya.

  • Tanpa Membatasi Jarak Tempuh

Manfaat kedua, Anda bisa menggunakan mobil sebanyak apapun dan menempuh jarak sejauh apapun.

Mobil tersebut dapat Anda manfaatkan secara optimal untuk berbagai keperluan, tanpa adanya denda atau larangan terkait jarak tempuh.

  • Dapat Dijual Lagi

Ketiga, Anda juga dapat menjual mobil tersebut jika memang diperlukan. Selanjutnya, bisa juga jika ingin menggunakan hasil penjualan tersebut untuk membeli jenis mobil baru lainnya.

Sekarang, tentunya Anda lebih mengenal tentang car leasing dan car financing, serta berbagai manfaat dari keduanya. Jika bicara tentang mana yang lebih baik dari kedua sistem tersebut, maka akan kembali pada tujuan yang diinginkan.

Kedua hal ini memiliki manfaat yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan apa yang Anda inginkan. Perhatikan lagi apa alasan Anda ingin memakai mobil, lalu tentukan mana yang lebih cocok digunakan!

Anda juga dapat melakukan berbagai konsultasi tentang leasing mobil dan car financing, sebelum akhirnya memutuskan. Lalu, pastikan Anda membeli mobil melalui dealer resmi Suzuki dan dapatkan berbagai penawaran terbaik!

Berita Lainnya

Suzuki Avenis

Fungsi Brush Pada Motor Starter

Ketika memutar kunci motor untuk menghidupkan mesin, ada proses yang sangat penting yang terjadi di pada mesin motor. Salah satu komponen kunci dalam proses tersebut adalah brush p...

selengkapnya