Berita

Apa Itu Body Repair Mobil? Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

Amplas Mobil

Meskipun sudah berhati-hati setiap kali mengendarai mobil, masalah baret atau penyok bisa terjadi kapan saja. Anda perlu segera melakukan body repair supaya kendaraan kembali normal. Namun sudah tahukah Anda apa saja yang akan diperbaiki pada saat ke bengkel?

Setiap bengkel memiliki tarif dan cara perbaikan berbeda-beda. Anda sebagai pemilik kendaraan tidak boleh pasrah kepada bengkel dan harus tahu apa saja tahapan perbaikannya.

Supaya tak salah saat proses perbaikan body mobil, kenali pengertian dari body repair, fungsi, sampai tahapan apa saja yang dilakukan. Jadi Anda bisa memutuskan perbaikan yang benar-benar dibutuhkan oleh body mobil.

Mengenal Body Repair dan Seberapa Penting Dilakukan

Selama penggunaan sehari-hari, body mobil bisa mengalami kerusakan yang bermacam-macam tipenya. Misalnya saja saat body samping terkena batang kayu ketika melewati area hutan, maka bisa muncul goresan ringan yang menggores lapisan coating dan cat.

Kerusakan paling parah biasanya terjadi akibat kecelakaan sehingga mengakibatkan penyok. Tingkat penyok sendiri ada yang ringan dan parah. Jika terjadi hanya pada bagian bumper mobil saja, maka masih termasuk ringan dan mudah diperbaiki.

Berbeda jika kecelakaan merusak bagian pintu mobil, kap mesin atau pintu belakang sehingga tidak bisa dibuka. Perlu perbaikan secara menyeluruh jika kerusakannya tergolong berat.

Body repair adalah perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan kerusakan pada body mobil, apapun keadaannya. Baik itu karena kecelakaan atau penggunaan sehari-hari.

Perbaikan sendiri memiliki banyak metode seperti metode palu on off, metode washer welder, atau sinking untuk perbaikan ringan. Jika terjadi kerusakan berat, maka metode seperti mag welding untuk penyambungan pun diperlukan.

Jadi pentingkah melakukan body repair? Tentu saja jawabannya adalah sangat penting. Karena perbaikan yang dilakukan oleh bengkel bukan sekedar mengecat ulang coating sehingga kendaraan tampil kinclong kembali.

Namun perbaikan yang dilakukan bisa dari kelas ringan sampai kelas berat. Oleh karena itulah Anda tidak boleh melakukannya di bengkel sembarangan.

Fungsi Dilakukannya Body Repair Mobil

Apabila dilihat dari pengertiannya, sudah sangat jelas bahwa fungsi dari body repair adalah perbaikan terhadap mobil secara keseluruhan. Ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau lecet sekalipun yang mengakibatkan warna cat hilang, maka harus segera diperbaiki

Nantinya usai diperbaiki mobil yang Anda miliki akan kembali seperti semula. Permukaan mobil yang tadinya peyok akan kembali rata. Ditambah dengan adanya empat lapisan cat mulai dari primer, surfacer, base coat dan juga clear coat.

Semua lapisan cat ini dibutuhkan untuk menjaga supaya body mobil tidak mudah muncul karat, jamur, dan warnanya tetap bertahan lama walaupun sering digunakan. Mobil juga akan tampil mengkilap dan menawan.

Apabila Anda menemukan cacat goresan yang cukup dalam dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan dipoles, segera perbaiki ke bengkel body repair resmi terdekat. Supaya jamur tidak muncul dari bagian yang tergores tersebut dan memicu munculnya karat.

Kisaran Biaya Cat Mobil yang Harus Dipersiapkan

Termasuk dalam pembiayaan, pengecatan biasanya menghabiskan dana lebih banyak dibandingkan perbaikannya. Selama tidak ada komponen body yang harus diganti atau sekedar dicat saja, maka biaya tidak akan terlalu besar.

Biaya pengecatan dalam body repair dibedakan menjadi dua jenis yaitu per panel dan full body. Pengecatan per panel biasanya dipilih juga terdapat kerusakan ringan seperti penyok atau goresan pada mobil yang menghilangkan lapisan cat cukup dalam.

Misalnyasaja terdapat goresan pada bagian pintu atau kap mobil. Biaya yang dibutuhkan per panelnya bisa mencapai Rp 300.000 sampai Rp 800.000 tergantung tingkat kesulitan lokasinya dan jenis cat yang digunakan.

Setiap mobil memiliki warna cat khusus yang belum tentu mudah didapatkan di pasaran. Oleh karena itu biayanya tergantung kemudahan produk cat tersebut untuk didapatkan. Selanjutnya adalah pengecatan full body yang sering dilakukan untuk kerusakan berat dan hampir di seluruh bagian.

Biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 2.000.000. Biaya ini tentu lebih mahal dibandingkan per panel, tapi pengecatan dilakukan secara menyeluruh. Sehingga Anda tidak perlu takut hasil warna yang belang.

poles_mobil

Proses Body Repair yang Dilakukan oleh Bengkel Resmi 

Selain mengetahui berapa besaran biaya yang akan dikeluarkan, kenali juga seperti apa tahapan pengecatan yang benar. Mengenali tahapan ini akan mempermudah Anda untuk tahu sudah sampai tahapan manakah mobil diperbaiki. 

Secara umum ada tiga tahapan penting yang akan dilakukan bengkel body repair yaitu sebagai berikut. 

  • Tahapan Identifikasi 

Saat masuk ke bengkel, maka teknisi akan melakukan pengecekan atau identifikasi. Tahapan ini sangat penting supaya tidak ada kerusakan yang luput untuk diperbaiki. Sekaligus memberikan estimasi biaya yang harus disiapkan pemilik kendaraan. 

Identifikasi dilakukan pada semua bagian secara mendetail di setiap panelnya. Biasanya bagian yang rusak akan diberi tanda dan dicatat supaya tidak terlupa. Baru setelah selesai diidentifikasi akan masuk ke tahapan pengerjaan. 

  • Tahapan Perbaikan dan Pendempulan

Proses pengerjaan ini akan dimulai dari memperbaiki bagian yang penyok agar kembali rata. Jika bagian terasa sulit, maka akan dilepas per panelnya sehingga lebih mudah untuk diperbaiki. Body mobil juga akan dibersihkan dan di amplas. 

Baru setelah bersih bagian yang rusak akan didempul. Prosesnya hanya dilakukan di bagian luka yang dalam dan bisa berulang-ulang. Tujuannya supaya permukaan body mobil kembali rata. Jika sudah rata, maka akan dicat warna dasar agar sesuai dengan bodykit. 

  • Tahapan Finishing

Bagian yang rusak sudah diperbaiki dan rata, kini hanya tinggal pemberian cat yang sesuai dengan warna mobil. Kemudian dilapisi juga dengan clear coat agar tampilan kilapnya kembali seperti semula. 

Itulah tiga tahapan umum yang akan dilakukan oleh bengkel resmi yang Anda datangi nantinya. 

Kunjungi Bengkel Body Repair Resmi Suzuki

Soal pemilihan bengkel, sebaiknya Anda serahkan ke bengkel resminya. Karena ada banyak keuntungan dibandingkan pergi ke bengkel lain yang tidak resmi. Mulai dari warna cat yang selalu tersedia, hasil warna yang bebas belang, dan yang pasti berpengalamanan. 

Bengkel resmi Suzuki Body & Paint menjadi pilihan tepat Anda untuk memperbaiki kerusakan ringan sampai berat dari body kendaraan kesayangan. Anda hanya perlu mengunjungi beberapa bengkel resmi Suzuki berikut ini. 

  1. Sejahtera Buana Trada - Pulogadung
  2. Sejahtera Buana Trada -Lippo Cikarang
  3. Nusantara Jaya Sentosa I - Soetta
  4. United Motors Centre - Waru
  5. Sejahtera Buana Trada - Kenjeran Surabaya
  6. Sejahtera Sunindo Trada - Semarang Tengah
  7. Nusa Sarana Citra Bakti - Palembang
  8. Mitra Megah Profitamas - Banjarmasin 
  9. Mitra Putra Profitamas - Sampit
  10. Dwi Perkasa Mobiltama - Tajur Bogor 
  11. Persada Lampung Raya - Lampung
  12. Solo Indah Utama - Kartasura
  13. Cakra Mobilindo - Lombok Barat
  14. Sejahtera Indobali Trada - Buleleng Bali

Jangan tunda lagi jika mobil Anda mengalami baret yang cukup dalam apalagi selepas kecelakaan. Segera kunjungi salah satu dari bengkel body repair Suzuki di atas. 








Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya