Tips & Trik

Mengenal Apa Itu Poros Engkol Serta Fungsinya

PUBLISHED DATE : 24 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/106837813_s.jpg

Secara umum poros engkol ini memiliki kaitan langsung dengan komponen flywheel, batang piston dan blok silinder.

Akan tetapi fungsi poros engkol secara keseluruhan ada pada sistem kerja internalnya. Nah, berikut sedikit pembahasan untuk lebih mengenal apa itu poros engkol serta fungsinya:

Pengertian Poros Engkol

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, poros engkol adalah sebutan dari komponen mesin yang berhubungan langsung dengan roda kendaraan.

Melalui poros engkol inilah kendaraan roda empat bisa melaju dengan sinkron menyusuri jalanan dari yang rata sampai bebatuan.

Dalam kendaraan beroda empat, poros engkol atau yang akrab disapa kruk ini memegang peranan penting dalam mesin, khususnya di bagian pembakaran. Poros engkol merupakan poros utama yang menjadi pusat dari seluruh gerakan piston kendaraan.

Secara umum, poros engkol dibuat dari bahan baku besi murni atau cor untuk memaksimal kinerja penampungan momen inersia dari pergerakan pistonnya.

Hal inilah yang menjadikan poros engkol atau kruk ini disebut sebagai alat pengubah gerakan atau laju piston. 

Melihat dari kondisi dan bahan baku yang dipakai, kruk ini harus kokoh karena bersinggungan langsung dengan fungsi yang ekstrim pada kendaraan.

Secara struktural, poros engkol sendiri berada di sisi antara blok mesin dan oil pan sebagai pusat perputaran mesinnya.

Bentuk poros engkol sendiri semacam gerigi yang mewadahi bagian lain berputar dan bergerak naik turun.

Bisa dikatakan bahwa poros engkol ini merupakan bagian yang bisa otomatis berubah gerak sesuai kebutuhan kendaraan roda empat, jadi mobil bisa melaju dengan stabil dalam kondisi apapun. 

Fungsi Poros Engkol

Poros engkol adalah bagian mesin pembakaran yang langsung berhubungan dengan bagian krusial pembakaran mesin untuk menunjang pergerakan roda kendaraan.

Secara umum, ada beberapa fungsi poros engkol yang wajib Anda ketahui. Berikut diantaranya.

  • Piston atau Poros Gerakan

Sebagai alat pemacu gerakan mesin kendaraan roda empat fungsi poros engkol yang pertama adalah sebagai poros gerakan, seperti namanya.

Kruk menjadi poros sama halnya bertindak sebagai tumpuan utama dari mesin pembakaran inersial yang paling krusial.

Alasan lain yang melatar belakangi fungsi kruk ini adalah hubungannya langsung dengan komponen-komponen penunjang lainnya.

Poros engkol sendiri memiliki kemampuan menahan gerakan dan getaran yang tinggi, sehingga bagian lainnya tetap kokoh dari dasar tumpuannya.

Tekanan yang cukup besar dari bagian pembakaran seringkali menjadikan beban untuk poros engkol bertambah, jadi tidak heran jika kendaraan roda empat perlu pemanasan sebelum digunakan. Kebiasaan ini penting dilakukan untuk menyiapkan piston sebelum dioperasikan di jalan. 

  • Connecting Road

Masih berhubungan dengan yang sebelumnya, fungsi dari kruk kendaraan roda empat selanjutnya adalah sebagai alat connecting rod. Fungsi ini berhubungan dengan kemampuan poros engkol dalam menerima beban yang cukup besar.

Kemampuan poros engkol dalam menampung beban juga selalu diimbangi dengan kinerja perputarannya yang tinggi, sehingga mesin ini berfungsi sebagai connecting rod.

Hal ini juga yang melatarbelakangi poros engkol dibuat dari material baja untuk memperkokoh body dan menjaga keawetannya.

Selain desain yang kokoh untuk fungsi ini, kruk juga dilengkapi dengan desain permukaan body dengan tambahan bantalan.

Desain ini berguna untuk mencegah kruk cepat aus karena kinerja mesin yang tinggi dan kemungkinan gesekan yang sangat tinggi. 

  • Sistem Pemindah Tenaga

Fungsi poros engkol yang terakhir sekaligus sebagai fungsi utamanya adalah sistem pemindah tenaga.

Dilihat dari desain dan bentuknya, poros engkol sangat teliti. Hal ini karena poros engkol dibuat untuk sistem pemindah tenaga dalam mesin pembakaran roda kendaraan.

Tenaga yang diubah poros engkol adalah pergerakan poros dari yang semula naik turun menjadi berputar untuk memaksimalkan pergerakan dan penggunaan mesin.

Pengubahan gerakan ini dibantu oleh komponen transmisi yang menghubungkan energi gerak dari piston ke transmisi untuk diubah cepat.

Pada proses pengubahan tenaga inilah seluruh komponen pemindah tenaga bekerja secara maksimal.

Mungkin Anda sedikit bingung karena pergerakan poros engkol tidak terlihat jelas. Namun, gerak inilah yang bisa mendorong mobil melaju dengan baik.

Selain mengubah gerakan porosnya, kruk ini juga berperan dalam memutar pompa power steering kendaraan beserta kompresor AC nya.

Fungsi tambahan ini lebih banyak melekat pada ciri khas kendaraan lama. Sedangkan untuk yang terbaru lebih mengandalkan energi listrik kendaraan. 

Bagian-Bagian Poros Engkol 

122271610_s

Komponen ini dibentuk dari beberapa bagian penting. Dari bagian-bagian tersebut, terdapat beberapa fungsi yang saling berkaitan satu sama lain. Berikut diantara komponennya.

  • Crank pin

Bagian dari poros engkol yang pertama adalah crank pink atau journal dari crankshaft. Bagian ini mempunyai hubungan langsung dengan batang piston.

Pada bagian dalam komponen ini, ada kanal oli sebagai saluran pelumas untuk menghindari gesekan dari kedua bagian yang berhubungan tersebut.

Bagian inilah yang paling membutuhkan pelumas untuk mencegah mesin sering bergesekan dan cepat aus.

Selain kanal dan fungsi komponen yang menonjol. ada juga yang menambahkan con rod bearing sebagai penunjang kinerjanya.

  • Main 

Komponen berikutnya adalah main atau alat yang memiliki hubungan dengan blok silinder kendaraan. Pada bagian main journal ini ada komponen main bearing dan kanal oli yang berfungsi sebagai jalur lalu lintas pelumas. Fungsi dari bagian ini adalah mencegah  poros engkol cepat aus karena seringnya gesekan.

  • Oil hole

Berikutnya ada komponen yang bernama oli hole. Komponen ini memiliki bentuk yang menyerupai namanya yaitu sebagai kanal atau lubang yang menjadi jalur oli kendaraan. 

Bagian oil hele inilah yang menghubungkan antar komponen satu dengan komponen lainnya.

Untuk struktur tata letaknya oil hole atau lubang oli satu ini berada di area antara main journal dan crank pin journalnya. 

  • Counter weight

Komponen berikutnya adalah counter weight yang berguna untuk menyeimbangkan poros engkol ketika berputar.

Pada komponen ini ada banyak lubang yang memang sengaja dibuat untuk memaksimalkan pengaturan berat pada setiap sisi.

Counter weight yang berupa bagian dengan banyak lubang ini sering disebut penyeimbang poros engkol karena ketika berputar udara akan mengisi ruangan kosong sebagai penyeimbang. Hal inilah yang menjadikan poros engkol bekerja lebih efektif dan semakin dinamis. 

  • Crank arm 

Bagian terakhir dari poros engkol adalah crank arm yang juga sebagai sarana penghubung setiap komponen dalam kruk.

Melalui keberadaan crank arm ini setiap komponen dalam poros engkol dapat berhubungan dengan baik. 

Inilah alasan kenapa Anda harus menggunakan parts asli dari Suzuki guna menunjang kendaraan Anda lebih optimal dan selalu prima kedepannya.

Selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menggunakan spare part asli akan menunjang efektifitas mobil.

Mengingat bahwa poros engkol adalah salah satu komponen penting, pastikan Anda melakukan perawatan komponen ini dengan baik.

Selain penggantian sparepart, service juga dapat membantu perawatan tersebut yang bisa dilakukan di bengkel Suzuki resmi terdekat.

Berita Lainnya