Berita

Water Jacket: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/98357208_s.jpg

Pernah mengalami mesin mobil overheat? Bisa saja karena terdapat masalah pada sistem pendingin mobil. Water jacket adalah salah satu bagian dari sistem pendingin mobil yang memanfaatkan air. 

Sistem pendingin dengan air ini lebih banyak digunakan pada mobil-mobil modern daripada sistem pendingin dari udara. Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem pendingin dengan air, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Sistem Water Jacket pada Mobil?

Apa akibatnya jika mesin mengalami panas berlebih atau overheat? Mesin bisa mati kapan saja dan jika dibiarkan lama kelamaan akan merusak komponen di dalamnya. 

Anda pun tentu akan merasa tidak nyaman ketika mengendarai mobil. Panas yang dihasilkan mesin ini disebabkan terjadi pembakaran di ruang bakar yang akan menciptakan tenaga. 

Supaya mesin bisa tetap melakukan pembakaran namun tetap dingin, maka suhu panas yang dihasilkan perlu dikendalikan oleh sistem pendingin. Dulu sistem pendingin pada mesin mobil memanfaatkan aliran udara ke seluruh mesin. 

Konstruksinya sendiri berada di bagian luar silinder mesin dan memanfaatkan sirip sehingga panas dapat dilepaskan. Sayangnya sistem ini kurang bisa mengendalikan panas dari mesin, sehingga diciptakanlah sistem pendingin dari air. 

Pada sistem pendingin mesin yang mengandalkan air ada beberapa komponen yang digunakan. Contohnya saja radiator, selang, pompa air, kipas dan juga thermostat. Tidak ketinggalan yang cukup penting adalah water jaket atau mantel air. 

Water jacket adalah ruang pada tempat air pendingin mesin atau coolant dapat bersirkulasi di dalam mesin. Bentuknya sendiri mengelilingi silinder liner mesin. Ketika membongkar mesin, Anda akan menemukannya di dalam mesin yang disebut cylinder head dan cylinder block. 

Sekilas water jacket pada bagian cylinder block dan head tampak seperti lubang dengan ruang yang mengelilingi silinder mesin. Ruangan tersebut yang akan diisi oleh coolant yang terhubung pada radiator. 

Oleh karena itulah air pendingin akan bekerja secara langsung untuk menyelimuti dinding silinder liner. Mesin pun akan memiliki pengaturan suhu tinggi yang lebih baik, berbeda dengan sistem pendingin udara.  

Apa Saja Fungsi Water Jacket 

Sistem kerja pendingin mobil dengan air dimulai dari memasukan coolant atau cairan pendingin ke dalam radiator. Cairan tersebut nantinya akan dialirkan ke dalam ruang-ruang dari water jacket yang mengelilingi silinder mesin. 

Fungsi water jacket adalah supaya aliran dari coolant tersebut lancar dan penyerapan panas bisa terjadi secara menyeluruh dan merata. Baru setelah itu panas yang diserap oleh coolant membuat air pendingin berubah menjadi panas. 

Suhu air yang sudah meningkat ini membuat katup termostat terbuka dan mengalirkan kembali coolant ke dalam radiator. Di sinilah air pendingin akan dikembalikan lagi suhunya oleh radiator menjadi dingin. 

Air pendingin yang suhunya kembali seperti semula akan dialirkan kembali ke dalam water jacket. Begitulah prosesnya selalu berulang sehingga suhu dari mesin tidak akan menjadi terlalu tinggi. 

Coolant telah dirancang secara khusus supaya mampu melewati semua kanal-kanal water jacket dengan baik dan memiliki sirkulasi yang baik. Begitu juga dengan mantel air, semua kanalnya dibuat agar bisa mengelilingi mesin dan air dapat mengalir dengan mudah. 

Air pendingin ini digerakkan oleh pompa sehingga dapat bersirkulasi di dalam mantel air dan kembali ke radiator. Kinerja sistem pendingin ini tidak dapat berjalan lancar jika mantel air mengalami mampet atau ada yang rusak. 

Efeknya tentu akan membuat cairan pendingin tidak berjalan dengan lancar. Padahal mesin tidak boleh panas, temperatur normalnya hanyalah 85 - 95 derajat Celcius. Ketika mesin terlalu tinggi maka konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang meningkat. 

55161242_s

Penyebab Rusaknya Water Jacket

Semua komponen dalam sistem pendingin harus dalam keadaan baik karena masing-masing memiliki peranan yang penting. Misalnya saja termostat yang menjadi alat kontrol temperatur kerja cairan pendingin. 

Termostat akan menutup katup jika temperatur turun dan tidak bersirkulasi supaya dapat menyerap panas mesin. Sedangkan ketika cairan mulai memanas maka termostat akan membuka katup. 

Cairan pendingin yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Diperlukan cairan pendingin khusus yang dapat bertahan pada suhu panas mesin secara terus menerus tanpa mengalami kerusakan. 

Kerusakan termostat atau salah menggunakan coolant akan berdampak besar bagi water jacket. Kedua hal tersebut bisa saja menjadi penyebab water jacket rusak. Kenali lebih lanjut apa jenis kerusakan pada mantel air dan juga penyebabnya. 

  • Salah Menggunakan Air Pendingin

Apakah selama ini Anda sudah menggunakan jenis air pendingin yang benar? Seperti yang dijelaskan bahwa jenis air yang digunakan adalah air khusus. Salah menggunakan cairan pendingin berakibat fatal pada mantel air. 

Apabila Anda menggunakan air biasa maka kotoran akan mengendap dan menimbulkan karat atau korosi. Mengingat mantel air ini dibuat dari bahan logam yang jika salah perawatan akan membuat karat. 

Karat akan sulit dibersihkan mengingat ruang mantel air cukup kecil dan hanya bisa dialiri oleh air. Korosi hanya akan bertambah banyak, bahkan jika Anda langsung menggunakan cairan pendingin yang benar tidak dapat mengatasi masalahnya. 

  • Kotoran yang Terbawa oleh Cairan Pendingin

Penyebab lainya juga bisa dikarenakan aliran air yang terjadi meninggalkan kotoran dan mengendap. Munculnya kotoran ini akan menghambat sirkulasi air pendingin dan membuat sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. 

Apabila pada water jacket sudah mulai muncul endapan kotoran ini Anda harus segera membersihkannya agar tidak muncul karat. Cara membersihkannya bisa dengan menyemprotkan udara dengan kompresor bertekanan tinggi. 

Langkah ini cukup mampu menghilangkan kotoran tersebut dari saluran mantel air dan sirkulasi air pendingin bisa bekerja baik kembali. 

Bagi Anda yang mulai merasakan terdapat kerusakan pada sistem pendingin seperti mesin sering overheat atau kebocoran sebaiknya segera datangi bengkel resmi 4W Suzuki terdekat. Anda bisa dengan mudah menemukan bengkel terdekat dari daftar berikut. 

  1. Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  2.  Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  3.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  4.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  5.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  6.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  7.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  8.  Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  9.  Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  10.  Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  11.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  12.  Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  13. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  14. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  15. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  16. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  17. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  18. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  19. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id 
  20. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  21. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  22. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  23.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id 
  24.  Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  25.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di Medan, www.suzukiarista.com 
  26.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  27.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  28. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  29.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  30.  Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  31.  Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  32.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  33.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB)di Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  34.  Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  35.  Persada Lampungraya (PLR) di Lampung, www.suzukilampung.co.id

Pastikan Anda melakukan servis di bengkel resmi Suzuki secara rutin untuk pengecekan water jacket dan komponen lainnya. Dengan begitu kondisi kendaraan Anda akan selalu prima. 

 

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya