Berita

Walaupun Jarang Dipakai, Belum Tentu Kondisi Mobil Sehat

PUBLISHED DATE : 15 Agustus 2018

Walaupun Jarang Dipakai, Belum Tentu Kondisi Mobil Sehat

Cukup banyak orang yang berangapan menyimpan mobil di rumah berminggu-minggu tanpa harus dihidupkan dan dijalankan bisa terhindar dari kerusakan. Mobil yang disimpan di garasi dan hampir tidak pernah dipakai memang sering dijumpai di sekitar kita dengan bermacam alasan. Ada yang karena punya kendaraan lebih dari satu, lebih memilih moda transportasi umum atau karena ingin menghemat pengeluaran. Apapun alasannya, mendiamkan mobil di garasi dalam waktu lama tanpa menghidupkan atau menjalankan justru bisa berpotensi merusak kendaraan.

Jalankan Tiap 2-3 Pekan Sekali!

Agar tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan, terutama aki lemah, ban peyang, atau masalah lainnya, nyalakan dan jalankalah mobil setiap 2 atau 3 pekan sekali. Memang bisa saja mobil didiamkan di garasi rumah sampai beberapa bulan tanpa masalah. Tapi ingat, kerusakan berpotensi terjadi sewaktu-waktu.

Karena itulah, usahakan untuk menjalankan mobil beberapa waktu dalam tiap bulan sejauh sekitar 15 km dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. Cara ini tidak cuma untukmemanaskan mesin, tapi juga bisa menjadi seperti ‘olahraga’ supaya kondisi mobil, khususnya mesinnya tetap segar bugar.

Menghidupkan mesin langsam selama 10 menit memang cukup untuk memanaskan mesin hingga suhu maksimal, tapi itu sebenarnya belum cukup untuk menjaga performa transmisi, suspensi, rem, climate system (termasuk air conditioner), power steering dan semua oli dan cairan yang ada di dalam mesin mobil.

Selain itu, dengan menjalankan mobil sekali waktu dengan jarak tempuh sekitar 15 km pada kecepatan 80 km/jam juga bisa menghangatkan lagi komponen yang sudah lama ‘tidur’ karena dari jarang dioperasikan.

Terlalu Lama Parkir di Garasi Berakibat Menurunnya Daya Aki

Satu keluhan yang paling banyak muncul karena mobil terlalu lama parkir di garasi adalah menurunnya daya aki. Untuk bisa mengisi kembali daya listrik yang hilang, tidak cukup hanya dengan menghidupkan mesin beberapa menit, tapi mobil juga harus dijalankan cukup jauh dalam waktu yang cukup lama. Itu pun tidak bisa hanya 1-2 hari mobil dijalankan untuk mengisi daya aki. Minimal selama satu pekan penuh mobil harus setiap hari dijalankan, dan setelahnya bisa disimpan lagi di garasi.

Jika mobil diparkir di garasi selama sebulan atau bahkan lebih tanpa pernah dihidupkan, daya aki akan banyak terkuras. Kenapa? Karena walaupun perangkat elektronik tidak dinyalakan, sistem lainnya seperti immobilizer, alarm dan lainnya masih tetap aktif. Hal inilah yang akan menguras daya aki.

Bagaimana, tidak ingin bukan hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan Anda?

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya