Berita

Tidak Sulit, Ini Cara Membuka Baut yang Sudah Dol

PUBLISHED DATE : 24 September 2021

Baut Dol

Baut merupakan komponen yang digunakan untuk mengikat part demi part agar menjadi bentuk yang utuh. Namun, pernahkah Anda menemukan masalah seperti baut yang dol atau karatan? Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada beberapa cara membuka baut yang sudah dol yang bisa dilakukan.

Baut yang dol atau karatan sangat sulit dibuka. Biasanya disebabkan oleh usia, kualitas baut, bahkan juga karena pemasangan yang kurang pas. 

Untuk membukanya pun butuh beberapa trik atau cara khusus. Sebelum mengetahui cara melepaskannya, Anda perlu mengetahui jenis-jenis baut terlebih dahulu.

Jenis-jenis Baut

  • Baut Kepala Hexagonal (Hexagonal Bolt)

Baut dengan kepala hexagonal merupakan salah satu baut yang sering digunakan pada kendaraan.

Ciri-cirinya adalah kepalanya berbentuk segi enam dengan flange (plat) di bagian bawah kepalanya yang memiliki fungsi sama seperti baut yang dilengkapi dengan washer.

  • Baut Kepala Segi Empat (Square Head Bolt)

Salah satu baut yang sering digunakan dan memiliki bentuk sesuai namanya, mempunyai kepala berbentuk kotak. Fungsi dari baut ini adalah untuk baut pengikat dan banyak digunakan pada industri berat dan konstruksi bangunan,

  • Point Head Bolt

Pada baut jenis ini, terdapat bagian grip dan ulir yang diameternya memiliki ukuran yang sejajar. Kepalanya memiliki 12 ridges/ sudut melingkar lurus ke bawah mengarah ke ulirnya. 

Sedangkan di antara bagian ridges dan ulir dibatasi dengan bahu. Fungsinya untuk mengikat benda yang butuh perekat kuat.

  • Carriage Bolt

Bentuk kepala pada baut jenis ini seperti kubah dan pada bagian leher bentuknya segi empat.

Bagian berbentuk segi empat ini berfungsi untuk menekan baut masuk ke dalam material. Carriage bolt berfungsi untuk menjadi penyambung antar komponen jenis kayu agar memiliki cengkraman yang kuat.

  • Hex Socket Head Bolt

Merupakan baut dengan kepala yang memiliki lubang segi enam (baut jenis L). Baut hex socket head bolt ini digunakan pada lubang yang ukurannya kecil sesuai dengan ukuran kepala bautnya. 

  • Hexalobular Hole Bolt

Baut jenis L (baut yang memiliki lubang di kepala) dengan lubang berbentuk seperti bintang. Hexalobular hole bolt ini juga sering disebut dengan baut bintang karena bentuk kepala bautnya yang menyerupai bintang.

  • Lag Bolt 

Salah satu jenis baut yang memiliki kepala segi enam dengan ujung lancip menyerupai konstruksi wood screw. Ukuran ulir pada baut ini lebih besar daripada baut yang lain.

  • Eye Bolt

Jenis baut yang bentuknya menyerupai cincin pada bagian kepala. Fungsi dari eye bolt yaitu untuk memindahkan peralatan-peralatan, juga untuk mengikat tali/rantai pada bagian kepala cincin eye bolt.

Bentuk baut ini memang sangat memudahkan ketika digunakan untuk menarik suatu benda.

  • Baut U

Merupakan baut yang berbentuk seperti huruf U, fungsinya yaitu untuk pengikat 2 benda tanpa melubangi benda tersebut. Contoh penggunaannya seperti pada bidang otomotif di mana baut ini digunakan untuk menyambung pegas-pegas daun dengan axle.

  • Baut Tanam

Merupakan baut yang tidak memiliki kepala pada kedua ujungnya. Baut tanam memiliki 2 ulir, di mana satu bagian ulirnya ditanam pada komponen.

Dalam penggunaannya, baut di atas seringkali tidak berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa masalah seperti baut dol, atau sudah karatan. 

Permasalahan tersebut bisa jadi karena proses pemasangannya, perawatannya, atau bahkan dari kualitas baut itu sendiri. Berikut cara membuka baut yang sudah dol dan karatan.

baut_karatan

Cara Membuka Baut yang Sudah Dol/Slek dengan Baik dan Benar

Baut dol bisa disebabkan dari kualitas baut, usia baut yang sudah tua, maupun kesalahan saat pemasangan. Nah, untuk membukanya dibutuhkan cara khusus yang sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah cara membuka baut yang dol yang dapat Anda lakukan.

  • Pakailah kunci ring yang mempunyai penampang berbentuk segi enam dan jangan menggunakan kunci bergerigi.
  • Jika memungkinkan, pakai obeng untuk menyambung kunci agar ukuran kunci menjadi lebih panjang dan mudah digunakan.
  • Pasang kunci pada baut yang sudah dol tersebut kemudian pukul beberapa kali menggunakan martil. Pemukulan ini dilakukan untuk membuat lubang kunci bisa melesat masuk dan mencengkeram baut.
  • Untuk baut yang sudah terlalu keras, Anda bisa memukul tepat pada kepala baut untuk membantu kunci ring agar bisa mencengkeram baut.
  • Gerakkan kuncinya ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Berikan tekanan perlahan supaya baut bisa ikut berputar. 
  • Jika sudah berhasil memutar posisi baut sedikit demi sedikit, artinya trik ini berhasil dan Anda bisa melanjutkan sampai dengan bautnya terlepas.

Cara Membuka Baut yang Dol pada Perangkat Elektronik

Selain baut besar, berikut adalah cara membuka baut kecil yang dol seperti pada baut laptop atau HP yang perlu Anda ketahui.

  • Menggunakan karet (karet kecil ikat rambut anak-anak, bukan karet tali biasa) 

Langkah pertama letakkan karet kecil pada ujung obeng. Benda tersebut digunakan untuk pengganjal obeng dengan baut. Dengan memanfaatkan gaya pegas ke karet, lama kelamaan baut tersebut akan terbuka.

  • Menggunakan Lem Besi 

Beri lem pada ujung obeng secukupnya kemudian tempelkan ujung obeng pada baut secara perlahan. Setelah lem merekat dan kering, buka baut seperti biasanya.

  • Menggunakan Solder

Panaskan solder, kemudian tancapkan pada baut yang dol dan tahan sampai dengan 15-20 detik.

Selanjutnya Anda tinggal memutar baut dengan obeng yang juga sudah dipanaskan menggunakan solder. Jika putaran pertama berhasil, putaran selanjutnya akan lebih mudah. Lakukan secara bertahap.

Jika cara di atas belum berhasil, Anda bisa membuat solderan rata pada kepala baut. Tancapkan baut yang lebih kecil di atasnya menggunakan lem yang kuat. Solder baut tempelan agar kuat dan rapi. Setelah itu pakai obeng untuk memutar baut perlahan sampai baut terlepas.

Cara Membuka Baut yang Sudah Karatan dengan Baik dan Benar

Selain cara membuka baut yang dol, cara membuka baut yang sudah karatan juga penting untuk Anda ketahui, karena baut yang karatan memiliki tekstur yang sudah tidak kuat dan pastinya susah dibuka. Berikut cara membuka baut yang sudah karatan.

  • Apabila kondisi mur dan baut yang karatan ini kotor, Anda bisa membersihkan permukaannya dengan sikat terlebih dahulu.
  • Oleskan minyak rem pada bagian kepala baut. Kemudian sedikit demi sedikit, oleskan minyak rem ke bagian tubuh baut lewat celah-celahnya.
  • Setelah diolesi, biarkan beberapa saat agar minyak rem bisa meresap. Biasanya membutuhkan waktu 15-30 menit, cek secara berkala.
  • Setelah meresap, coba lepaskan mur dan baut menggunakan kunci yang sesuai. Lepas dengan menggerakkan secara bolak-balik dengan sedikit hentakan.
  • Hati-hati saat Anda memutar mur agar tidak menyebabkan baut menjadi gundul dan lebih susah dilepas. Jika bautnya sudah bisa berputar, maka Anda hanya perlu memutarnya secara perlahan sampai baut benar-benar lepas.

Itulah cara membuka baut yang sudah dol yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. 

Dengan ketelitian dan kehati-hatian, maka baut yang sudah dol dan keras pun dapat dengan mudah dilepas.

Anda juga harus memahami jenis-jenis baut tersebut agar lebih mudah saat ingin membukanya.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya