Berita

Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/104096322_s.jpg

Modifikasi pada kendaraan roda dua seperti motor sudah menjadi hal umum yang dilakukan sebagian orang.

Salah satu yang sering dilakukan adalah penambahan lampu kolong motor. Lampu ini ditambahkan sebagai lampu aksesoris yang membuat kendaraan lebih menarik.

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui apa itu lampu kolong. Jenis lampu ini memiliki beberapa fungsi jika ditambahkan di motor.

Namun, untuk pemasangannya juga harus dilakukan secara benar. Berikut ini adalah ulasan terkait lampu kolong motor yang bisa diketahui. 

Apa Itu Lampu Kolong

Lampu kolong dikenal sebagai lampu modifikasi dan biasa disebut dengan lampu LED. Tak jarang orang memasang lampu satu ini sebagai aksesoris tambahan, baik pada mobil dan motor. Penambahan lampu ini termasuk di luar sistem kelistrikan kendaraan atau terpisah.

Lampu kolong akan langsung terhubung dengan lampu senja belakang. Lebih tepatnya peletakan lampu ini berada di kolong atau bagian bawah motor. Lampu kolong akan menyala jika mesin motor juga menyala.

Biasanya pemasangan lampu ini banyak dilakukan untuk jenis motor matic, dan jenis motor lainnya yang mendukung. Jadi, Anda harus memasangnya dengan benar agar aksesoris motor yang dipasang tidak membuat Anda terkena tilang polisi.

Fungsi Lampu Kolong

Jika dilihat berdasarkan fungsinya, lampu kolong tidak memiliki fungsi khusus dari pemasangannya. Namun, ada beberapa fungsi yang bisa diberikan jika Anda memasangnya. Hal yang penting adalah memasang dengan cara sesuai standar. Ini beberapa fungsi lampu kolong pada motor.

  • Sebagai Aksesoris Tambahan

Jika ditanya apa fungsi utama lampu kolong, tentunya adalah sebagai aksesoris untuk variasi kendaraan yang lebih menarik. Lampu kolong akan semakin menyala dengan bagus saat Anda berkendara di malam hari. 

  • Penerang Sektor Bawah

Karena pemasangannya berada di posisi bawah motor, maka manfaat lampu kolong ini yaitu untuk menerangi sektor bawah. Selain itu, jangkauan penerangannya juga cukup jauh untuk melihat keadaan jalan yang dilewati. 

Jadi, kehadiran lampu aksesoris ini untuk keperluan scouting atau untuk mengarahkan kendaraan saat digunakan malam hari. Dengan penerangan yang cukup di luar lampu standar, maka apapun yang ada di bagian bawah sekitar ban dan obstacle akan lebih terlihat jelas. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Lampu Kolong

Jika tertarik untuk memasangnya, maka perhatikan beberapa hal penting. Sebelumnya, Anda harus mengenali kondisi motor terlebih dahulu.

Dalam pemasangan sendiri, beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain gunting, isolasi, kabel hitam dan merah minimal 1 meter, dan saklar.

Untuk langkahnya, pertama Anda harus membuka bagian cover belakang motor. Pada lampu rem terdapat 3 kabel, yaitu kabel lampu rem, lampu senja, dan kabel body.

Nah, cari dulu kabel yang terhubung dengan lampu senja, karena lampu kolong bekerja bersama lampu senja. 

Setelah menemukan posisi lampu senja, selanjutnya temukan kabel body. Kabel body umumnya terpisah dengan lampu senja. Lampu body bertegangan negatif (-). Langkah rinci selanjutnya akan dijelaskan pada pembahasan di bawah untuk merangkai lampu tambahan tersebut.

104096325_s

Cara Memasang Lampu Kolong Motor

Cara pasang lampu kolong motor bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan saklar atau tanpa saklar. Tiap cara tersebut memiliki langkah masing-masing. Ada pula kelebihan dan kekurangan pada kedua cara ini. 

Kali ini, akan dijelaskan bagaimana tips yang benar dalam memodifikasi motor dengan lampu LED.

Lampu kolong motor yang dipasang dengan sesuai akan memperlihatkan cahaya menyala di bawah kendaraan sehingga terlihat lebih mengesankan. Berikut 2 cara  pemasangannya.

  • Pemasangan Lampu Kolong Tanpa Saklar

Pemasangan lampu kolong atau LED yang pertama yaitu tanpa saklar atau otomatis. Jadi, Anda harus memasang arus listrik di bagian lampu senja. Apabila lampu tidak dinyalakan, maka lampu tambahan ini juga tidak akan menyala. 

Cara ini berlaku untuk jenis motor tahun 2012 ke bawah. Pasalnya, kondisi motor memiliki lampu dengan saklar manual, sehingga lampu tidak menyala terus-menerus. Pemasangan tanpa saklar ini juga lebih boros dalam sistem kelistrikan kendaraan karena kerja lampu mengikuti lampu utama.

  • Pemasangan Lampu Kolong Dengan Saklar

Sedangkan untuk jenis motor tahun 2012 ke atas, Anda bisa memasang lampu kolong dengan bantuan saklar. Saklar manual tersebut bisa dimanfaatkan jika ingin mematikan atau menyalakan lampu kolong yang tidak berhubungan langsung dengan lampu rem dan lampu senja. 

Cara kedua ini lebih aman karena bisa dinyalakan dan dimatikan jika dibutuhkan melalui saklar. Instalasi lampu kolong menggunakan saklar bisa dinyalakan di siang atau malam hari. Pemakaian aki motor pun akan jauh lebih hemat karena lampu kolong tidak mengikuti lampu utama yang menyala. 

Fungsi saklar yaitu untuk menyalakan dan mematikan lampu secara manual. Pemasangannya juga perlu diperhatikan. Saklar lampu menjadi tombol jarak jauh yang bisa dijangkau saat mengemudi. 

Tipe dan Harga Lampu Kolong di Pasaran

Apabila Anda berniat untuk memodifikasi motor dengan tambahan lampu kolong atau lampu LED, maka wajib untuk mengetahui tipe-tipe lampu kolong beserta harganya di pasaran. Hal ini bisa dijadikan bahan referensi sebelum instalasi. 

Harga lampu aksesoris tersebut bervariasi, karena memiliki kisaran yang berbeda-beda jika dijual di marketplace maupun bengkel.

Berikut ini adalah beberapa tipe lampu LED yang banyak ditemui dan dicari di pasaran yang bisa Anda ketahui. 

  • Lampu LED Paralel

Jenis lampu kolong yang pertama yaitu lampu LED paralel 3 titik waterproof. Harga yang ditawarkan paling murah, yaitu 5 ribuan saja untuk satu lampunya. Kelebihan tipe lampu LED ini adalah tahan terhadap air. 

  • Lampu LED Otomatis 

Yang kedua ada lampu LED otomatis. Pemasangan lampu ini memang didesain untuk otomatis mengikuti lampu senja motor. Untuk harganya juga lebih mahal, yaitu sekitar 40 ribu. 

  • Lampu LED Warna

Lampu LED selanjutnya ini sangat menarik karena memiliki cahaya dengan warna-warna tertentu. Ukurannya cukup panjang yakni 24 cm. Namun, harga jualnya masih dibilang terjangkau yaitu sekitar 13 ribu saja. 

  • Lampu Kolong 6 Mata

Jenis lampu LED satu ini juga laris di pasaran. Harganya murah hanya 15 ribu rupiah. Bagi yang tertarik bisa memilih tipe lampu kolong satu ini untuk dipasang di motor. 

  • Lampu Kolong Strobo RGB

Lampu kolong Strobo RGB juga banyak diminati karena keunikannya. Perbedaan yang dimiliki membuat harganya cukup mahal yaitu sekitar 50 ribu.

  • Lampu Kolong Motor Wing Angel

Tipe lampu kolong yang terakhir ini memiliki harga yang fantastis untuk sebuah aksesoris motor. Harganya bisa mencapai 500 ribu. Anda bisa memilih beberapa tipe lampu LED yang sudah disebutkan diatas sesuai minat Anda. 

Penjelasan seputar lampu kolong motor, fungsi, beserta cara pasang lampu kolong motor di atas bisa dipelajari lebih lanjut.

Tujuannya agar Anda bisa memasangya secara mandiri di rumah, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya