Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

04 Oktober 2018
Share to

Kalau masih ada yang mengatakan, mobil bertransmisi matik tidak bisa didorong-dorong saat parkir paralel, sebaiknya Anda jangan langsung percaya. Terlebih jika mobil-mobil matik keluaran baru. Kenapa? Karena banyak pabrikan yang sudah menyematkan tombol shift lock pada sistem transmisinya. Tombol shift lock tersebut letaknya cukup tampak dan biasanya ada di sekitar tuas transmisi.

Apa Fungsi dari Tombol Shift Lock?

Fungsi dari tombol tersebut adalah supaya posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral). Hal ini sudah pasti akan lebih memudahkan dan membantu sekali saat pemilik mobil ingin memarkirkan kendaraannya pada formasi paralel. 

Jadi saat kendaraan menutup mobil lain yang akan keluar dari area parkir, petugas bisa dengan mudah memindahkannya, karena roda-roda mobil dalam keadaan tidak terkunci. Mekanisme dari shift lock kurang lebih adalah setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posisi P, lalu mematikan mesin. Baru kemudian tekan tombol shift lock dan selanjutnya geser kembali transmisi ke posisi N.

Jangan Tarik Tuas Rem Parkir!

Satu hal yang harus diingat saat ingin mengaktifkan tombol ini adalah setelah mengaktifkan fungsi shift lock jangan sampai menarik tuas rem parkir. Kenapa? Karena tentu saja akan sia-sia, dan roda mobil akan kembali terkunci dan tidak akan bisa didorong untuk digeser-geser.

Selain itu, tanpa shift lock transmisi tidak akan bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari P. Tidak hanya itu, jika transmisi langsung di pindahkan ke posisi N ketika parkir, untuk mobil matik, kunci kontaknya akan tidak mau dicabut atau bahkan tidak mau dimatikan mesinnya sebelum transmisi berada pada posisi P.

Semoga informasi ini bermanfaat!