Berita

Coating Mobil: Proses, Manfaat, dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 08 Juni 2021

Alat Poles

Tahukah Anda bahwa ternyata coating mobil bukan hanya mempercantik kendaraan, tetapi juga memiliki banyak fungsi? Hal ini juga yang menjadi alasan bahwa coating tak hanya digunakan pada kendaraan saja. 

Coating pada mobil melalui beberapa proses yang tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karena itu ketika mobil Anda mendapatkan cacat karena goresan, perlu dibawa ke bengkel khusus. 

Kenali pengertian coating pada mobil, prosesnya, dan apa saja jenis serta bagaimana Anda bisa merawatnya dengan benar. 

Apa Itu Coating Mobil dan Manfaatnya 

Coating adalah pelapisan jika ditilik dari asal katanya. Sedangkan coating untuk mobil artinya adalah proses yang dilakukan oleh teknisi dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil yang sudah dilapisi dengan cat warna. 

Nantinya lapisan dari coating ini akan membuat tampilan kendaraan menjadi lebih kinclong. Lapisan ini sangat penting karena akan menjaga ketahanan dari komponen yang dilapisi, dalam hal ini adalah body mobil. 

Jenis bahan coating yang digunakan pun semakin komplek seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu demi mendapatkan hasil yang sempurna, maka proses produksinya atau penerapannya sangat penting. 

Bagi Anda yang mendambakan mobil dengan tampilan bening, mengkilat, dan cerah maka perlu adanya lapisan coating ini. Itulah manfaat yang akan Anda dapatkan jika melapisi body mobil yang sudah dicat dengan lapisan coating. 

Manfaat lainnya adalah sebagai bagian dari perawatan mobil. Sehingga seluruh body tampak kinclong dan warna cat lebih tahan lama. 

Proses Coating Mobil yang Dilakukan Teknisi

Menilik dari pengertian coating mobil adalah proses pelapisan, lalu apa saja tahapan yang akan dilakukan oleh teknisi? Sebagai pemilik kendaraan setidaknya Anda harus tahu proses apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Berikut ini proses yang akan dilakukan teknisi ketika melakukan coating pada mobil. 

  • Mempersiapkan permukaan body mobil

Tahapan pertama adalah persiapan, bahkan dalam pengecatan apapun mempersiapkan material adalah hal paling penting. Adanya persiapan yang benar akan mendapatkan hasil coating nantinya lebih optimal. 

Pada proses persiapan ini biasanya body mobil akan dibersihkan dari debu atau permukaan yang tidak halus. Semua kotoran yang menempel akan diangkat begitu juga dengan minyak. Karena kontaminan ini akan mengganggu coating menjadi tidak menempel dengan benar. 

  • Mengaplikasikan Coating

Selanjutnya adalah proses aplikasi, di mana permukaan body mobil yang sudah disiapkan akan dilapisi dengan beberapa teknik. Sebagian besar teknik coating adalah dengan menggunakan alat semprot atau spray process. 

Bahan coating akan disemprotkan ke permukaan mobil secara merata dengan terlebih dahulu menutup bagian kaca atau lainnya yang tidak boleh terkena coating. Proses penyemprotan dilakukan di ruangan tertutup dan bersih agar tidak ada debu yang menempel. 

  • Proses Pengeringan

Langkah terakhir adalah pengeringan lapisan coating yang akan membuatnya menjadi keras dan kuat. Pengeringan sendiri berlangsung lebih lama, beberapa tempat juga menyediakan tempat pengeringan khusus yang memiliki temperatur tepat agar coating cepat mengering. 

Lama waktu pengeringan tergantung dengan kondisi temperatur udara. Ada yang waktu pengeringannya beberapa jam bahkan ada yang seharian. 

coating_mobil

Jenis-Jenis Coating Mobil 

Apa itu coating hingga prosesnya sudah kita bahas, kini saatnya mempelajari jenis-jenis coating. Coating sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yang bisa dilakukan sendiri dan ada juga yang perlu dibantu oleh teknisi khusus. 

Dengan Anda mengenali jenis coating untuk mobil ini, maka akan mempermudah dalam proses perawatannya. Berikut ini ketiga jenis coating yang paling sering digunakan dalam industri mobil. 

  • Ceramic Coating

Jenis yang pertama ini adalah seperti yang digambarkan pada proses aplikasi tadi yaitu memanfaatkan produk liquid. Setiap produk mobil sebelum dipasarkan selalu menggunakan bahan ceramic coating ini. 

Larutan yang digunakan memiliki kandungan keramik khusus yang bisa menciptakan tampilan sangat mengkilap sekaligus melindungi. Lapisan yang terbentuk mampu memberikan perlindungan terbaik dibandingkan jenis yang lainnya. 

  • Nano Coating

Masih dengan jenis produk yang berbentuk cairan, hanya saja di dalamnya terkandung bahan yang ukurannya nano. Bahan kimia yang ukurannya nano ini mampu melindungi permukaan cat mobil dengan sangat baik. 

Hanya saja kekurangannya adalah sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar bahkan manusia. Oleh karena itu penggunaan nano coating ini hanya boleh dilakukan oleh profesional di ruangan khusus. 

  • Wax

Jenis yang ketiga ini paling bisa diaplikasikan sendiri. Jika Anda merasa tampilan mobil kurang menarik atau muncul goresan ringan maka bisa memanfaatkan wax untuk pemolesan. Cara pengaplikasiannya yang mudah menjadikan wax banyak digunakan. 

Kelemahan satu-satunya adalah lapisan yang sudah dibuat tidak tahan lama, apalagi jika body mobil sering terkena panas. Tampilan mobil akan cepat kusam dan Anda perlu mengaplikasikan wax kembali untuk memulihkan tampilan kinclongnya. 

Perawatan Coating Mobil agar Tetap Prima

Baik itu menggunakan nano coating atau ceramic coating yang dinilai bisa bertahan lebih lama, tapi perawatan tetap harus dilakukan. Hal ini wajib dilakukan jika Anda ingin kendaraan tampil lebih menawan. Berikut ini beberapa perawatan yang perlu dilakukan.

    1. Mencuci mobil secara berkala

Kotoran yang menempel pada body mobil adalah penyebab coating lebih cepat kusam. Oleh karena itu Anda harus rajin mencuci mobil setidaknya setiap satu minggu sekali. Apalagi jika kendaraan sering digunakan baik itu di cuaca hujan dan panas. 

    2. Harus Menggunakan Shampo Khusus

Hindari untuk menggunakan sabun sembarangan untuk mencuci mobil. Salah bahan kimia akan membuat lapisan coating menipis. Proses pencucian boleh menggunakan shampo khusus mobil yang didesain secara khusus dan lebih lembut. 

    3. Manfaatkan Lap Khusus untuk Mobil

Saat mengeringkan atau membersihkan kotoran, Anda juga harus menggunakan lap khusus mobil. Lap ini akan menjaga bagian body tetap bersih bebas goresan dan coating tetap aman. 

Kelebihan dan Kekurangan Pemberian Coating Mobil 

Penggunaan coating pada mobil tidah hanya memiliki kelebihan, tetapi juga kekurangan. Hal ini perlu Anda ketahui agar tahu tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan pada mobil. Berikut ini beberapa kelebihannya. 

  1. Kilap mobil akan bertahan lebih lama jika Anda menggunakan coating. Karena coating akan menyerap pada pori cat sehingga efek kilap akan muncul. 
  2. Coating juga akan melindungi cat dari berbagai macam goresan yang tidak disengaja maupun sengaja. 
  3. Mobil juga akan terlindung dari sinar UV, inilah alasan warna cat mobil bisa bertahan lebih lama. 
  4. Muncul efek daun talas ketika air hujan menempel pada body mobil sehingga menjaga agar bebas karat. 
  5. Body mobil juga jadi tahan dari serangan jamur. 

Adapun beberapa kekurangan dari penggunaan coating mobil yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Biaya coating cenderung mahal jika Anda memilih coating yang tahan lama. 
  2. Proses coating juga membutuhkan waktu yang lama. 
  3. Jika tidak ditangani oleh ahlinya, maka hasil coating tidak akan maksimal. 

Jadi sebaiknya Anda harus menyerahkan proses coating ini kepada teknisi handal yang berpengalaman. Supaya hasilnya lebih maksimal dan tidak mengecewakan, apalagi Anda sudah membayar mahal.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya