Berkunjung dan Belajar Melihat Kecanggihan Pabrik Robotik Suzuki di Cikarang

24 April 2018
Share to

Kunjungan pabrik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanankan oleh PT. Suzuki Indomobil Motor sebagai bentuk edukasi kepada murid sekolah. PT. Suzuki Indomobil Motor mendapat kesempatan kunjungan dari SMK Muhammadiyah Larangan pada 14 Maret 2018. Sebanyak kurang lebih 100 peserta berkunjung ke Pabrik Suzuki yang berada di Cikarang.

Pada kegiatan kunjungan pabrik, murid sekolah akan diajak untuk melihat langsung proses pembuatan mobil Ertiga di Pabrik Cikarang, tetapi sebelum itu, para murid akan diberikan edukasi seputar perusahaan dan proses produksi melalui presentasi dari tim Suzuki.

Dalam kegiatan kunjungan pabrik, para murid akan diajak melihat proses pembuatan engine dan transmission. Setelah itu, mereka akan melihat proses pengelasan (welding). Para murid sekolah sangat terkesan melihat kecanggihan mesin robotik pada saat proses pengelasan (welding) mobil di Pabrik Cikarang. Kemudian, mereka akan diajak melihat proses perakitan (assembling) mobil Ertiga yang dapat menghasilkan 1 unit mobil dalam waktu 2.5 menit.

  

Mereka pun senantiasa aktif bertanya seputar pembuatan mobil, “Mobil yang diproduksi disini banyak sekali.. berapa banyak dalam sehari Suzuki memproduksi mobil Ertiga?” ujar salah satu siswa SMK Muhammadiyah Larangan. Kami pun menjelaskan, “Dalam sehari Suzuki dapat memproduksi sebanyak 150 hingga 200 unit per hari nya.” Mereka pun semakin terkesima dengan pembuatan mobil di pabrik Suzuki.

Pada akhir acara, kami memberikan sertifikat penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah yang telah berkunjung dan belajar di Pabrik Suzuki Cikarang, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.