Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

13 September 2018
Share to

Untuk meningkatkan tampilan interior mobil, penggunaan jok berlapis bahan kulit bisa menjadi solusi terbaik. Tetapi sayangnya pelapis jenis ini terbilang rewel dalam hal perawatannya. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat jok mobil berbahan kulit.

Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta. Kenapa pembersih berbentuk pasta? Karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar.

Selain berbentuk pasta, pilihlah pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah.

Hindari Penggunaan Kain Kasar

Ketika mengaplikasikan cairan pembersih hindari penggunaan kain kasar karena bisa mengabrasi kulit. Supaya hasilnya lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan. Saat ini sudah tersedia produk leather coating di pasaran, tapi sayangnya baru untuk kulit baru atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

Jangan Parkir di Tempat Terbuka

Saat memarkir kendaraan, jangan diparkir di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung karena pengaruh panas dari sinar matahari bisa membuat jok kulit menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah.

Jangan Menaruh Brosur dan Kertas di Atas Jok Kulit

Hindari meletakkan brosur atau kertas yang ada tulisannya di atas jok kulit karena jika brosur atau kertas itu basah, tulisan yang ada di brosur atau kertas tersebut pindah dan tercetak di jok kulit.

Tidak sulit bukan untuk melakukan tips di atas? Selamat mencoba!