Berita

Efek Buruk Malas Cuci Motor di Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 21 Februari 2020

3

Foto: moladin.com

            Mencuci sepeda motor di kala musim sedang tidak bersahabat seperti saat ini memang sangat membuat sebagian orang enggan memikirkannya, alasannya memang cukup realistis dikarenakan musim hujan ini beberapa orang berpikiran kegiatan cuci motor akan menjadi sia-sia, karena nanti juga kotor lagi setelah kena hujan dijalan. Semoga saja para pembaca tidak memiliki pemikiran seperti itu ya karena mencuci sepeda motor setelah terkena hujan sangat penting di lakukan sebab air hujan berpotensi merusak secara perlahan. Kenapa rusak perlahan? Karena air hujan dapat merusak part motor satu persatu jika di biarkan.

  1. Mesin bisa menjadi Overheat

Hal yang pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor dikala musim hujan adalah mesin bisa menjadi overheat dikarenakan bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran setelah cukup lama dan bersarang di radiator. Kalau sudah seperti itu hamper pasti mesin akan mengalami panas berlebihan atau biasa di sebut overheat.

  1. Rusaknya Suspensi

Selain mesin, suspense juga menjadi part yang dapat rusak setelah kotoran dari air hujan dibiarkan saja. Kotoran itulah yang dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cuckup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang dan tidak empuk.

  1. Rantai akan berkarat

Tidak menutup kemungkinan rantai akan kena imbasnya karena terkena langsung dengan air serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Jika dibiarkan rantai akan mengalami karat dan mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman dan setelah itu mungkin juga rantai bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat.

  1. Part berbahan logam

Selain rantai ada juga yang akan berkarat yaitu part-part yang berbahan logam dimotor, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain. Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan  membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan dan jika part tersebut karatan fungsinya pun juga akan terganggu serta jadi tidak enak untuk dilihat.

  1. Body menjadi kusam

Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan body menjadi kusam, dan juga dibagian kaki-kaki motor juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak  di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

Di musim hujan ini ada baiknya kita merawat motor kesayangan dengan cara yang paling mudah, yaitu mencucinya secara berkala agar tidak terjadi kemungkinan diatas ini. Dengan hal tersebut kita dapat memperpanjang umur parts dan motor secara keseluruhan. Semoga membantu!

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya