Siaran Pers

Jakarta, 19 Agustus 2016 – Untuk mengobati kerinduan para pecinta otomotif di tanah air khususnya penggemar mobil off-road terhadap Suzuki Jimny, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Jimny LJ80 atau Jimny generasi pertama di di booth Suzuki Historical Corner selama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 berlangsung. Mobil SUV dari Suzuki yang dikenal serba bisa dan tangguh ini memiliki banyak penggemar fanatik, salah satunya yang berkumpul di komunitas Suzuki Jip Indonesia (SJI).

Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT .SIS mengatakan, “Di GIIAS 2016, kami tampil berbeda dengan menghadirkan mobil Jimny yang sangat digemari dan pernah berjaya di tanah air. Melihat hal ini, kami mengajak masyarakat untuk dapat bernostalgia melihat mobil Suzuki Jimny generasi pertama yang diproduksi pada tahun 1979. Selain itu, kami juga ingin generasi muda sekarang memahami sejarah produk SUV Suzuki di tanah air, karena menurut kami sejarah otomotif sangat penting untuk diketahui sebagai salah satu bagian dari perkembangan industri otomotif di Indonesia.”

Suzuki Jimny pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1979 melalui model LJ80. Kemudian, mobil Jimny generasi pertama yang diproduksi di Indonesia ini juga memiliki beberapa model lainnya yaitu Jimny LJ-80, Jimny LJ-80V dan Jimny LJ-80Q Canvas. Setelah itu, diikuti dengan Jimny generasi kedua yang hadir dengan beragam model seperti SJ410V1, SJ410Q Canvas, SJ410V2, SJ410V3, SJ410QR, SJ410V4 2WD & 2WD B/C, SJ410V 4WD dan SJ410 Cowl.

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki oleh Suzuki Jimny seperti Jimny LJ 80 Canvas tak heran, mobil ini pernah menjadi primadona bagi penggemar otomotif di era 90-an. Rommel Yachya selaku Ketua Umum Suzuki Jip Indonesia (SJI)  menjelaskan, “Saya sudah lama menggemari Suzuki Jimny, Jimny sangat lincah untuk on-road apalagi off-road. Selain itu, untuk pengguna mobil yang menyukai kreatifitas di bidang modifikasi, Jimny mudah untuk dimodifikasi dengan biaya yang murah namun hasilnya tetap sama dengan kendaraan yang dimodifikasi menggunakan dana yang cukup besar,”

Sementara itu, dalam acara ini juga hadir Fajar Kurniawan pemilik kendaraan Jimny LJ80 (generasi pertama) yang mobilnya dipajang di booth Suzuki Historical Corner GIIAS 2016. Ia turut menjelaskan bagaimana menjaga mobil Jimny yang ia miliki sejak 1999 hingga sekarang. “Jimny merupakan kendaraan yang low maintenance sehingga sangat jarang mengalami kerusakan, jika terjadi kerusakan perbaikannya pun sangat mudah dilakukan. Ditambah semua bengkel umum bisa memperbaikinya, apalagi penggemar Jimny semakin banyak sehingga saat ini sering ditemukan workshop khusus untuk kendaraan Jimny dari restorasi sampai modifikasi,” tutupnya.