Berita

Raih Podium Kembali, Team Suzuki Indonesia Patut Dipuji

PUBLISHED DATE : 05 Juni 2017

61634 Ahmad Saugi & Nur Al Fath

Jakarta, 5 Juni 2017 – Suzuka Circuit, Jepang kembali menjadi saksi kiprah kesuksesan Team Suzuki Indonesia yang berhasil mengumpulkan podium kejuaaraan Suzuki Asian Challenge 2017 Rd. 3 pada 3 – 4 Juni 2017 lalu. Ahmad Saugi dan Nur Al Fath secara konsisten terus mengembangkan kemahirannya memacu Suzuki GSX-R150 di kala cuaca dingin dan mampu menembus barisan terdepan hingga akhir balapan.

Sejak hari pertama sesi latihan, Ahmad Saugi, Nur Al Fath dan Chepy Armansyah terus menerus menyatukan jiwanya dengan Suzuki GSX-R150 untuk bisa mempelajari karakter Suzuka Circuit lebih cepat. Sebagai momentum pertama merasakan balap di sirkuit Jepang, mereka juga memperbanyak referensi dari pebalap senior maupun video untuk mempelajari cara menaklukan sirkuit yang legendaris tersebut.

Perjuangan ketiga pebalap Team Suzuki Indonesia sejak sesi Race 1 tidak lah mudah. Mereka merasakan peningkatan dan pemerataan skill balap peserta dari negara-negara lainnya. Jarak pebalap di setiap putaaran menjadi ssemakin rapat dan sulit untuk mempertahankan racing line yang ideal. Nur Al Fath dan Chepy pun merasakan sulitnya melakukan overtaking karena selalu terhalangi oleh pebalap lain. Demi menjaga faktor safety hingga garis finish, akhirnya mereka harus berupaya menjaga posisi terbaik tanpa insiden. Race 1 pun akhirnya tetap bisa menjadi milik Team Suzuki Indonesia berkat podium ke-3 yang diraih Ahmad Saugi. Persaingan sengit diberikan oleh pebalap asal Thailand dan juga tuan rumah, Jepang yang jauh lebih sering menaklukan lintasan tersebut. Meski demikian, konsistensi dan strategi Ahmad Saugi patut diacungi jempol, karena penampilan perdananya di Jepang dapat memberikan hasil manis untuk Indonesia.

Kemenangan Ahmad Saugi di Race 1 memberikan semangat tambahan bagi anggota Team Suzuki Indonesia lainnya untuk menyambut peluang yang sama di Race 2 pada siang hari. Ketatnya persaingan di barisan terdepan memberikan tekanan baru yang harus dilawan oleh pebalap Indonesia. Ahmad Saugi sudah menemukan celah terbaik hingga akhirnya sempat bisa menyodok ke bagian terdepan, namun pebalap Thailand juga terus memberikan perlawanan hingga akhirnya di garis finish, Saugi berhasil mempertahankan posisi podium runner-up. Belajar dari gerakan Saugi, Nur Al Fath menemukan kuncian untuk bisa menempel barisan depan dan menutup peluang pebalap lain di belakangnya. Nur Al Fath tanpa ragu memaksimalkan batasan dirinya di tiap tikungan, dana hasilnya dia sukses memperoleh podium ke-3 di akhir balapan.

“Tidak sia-sia saya meluangkan waktu untuk berlatih khusus selama di Indonesia. Pelajaran yang saya ambil tidak hanya soal teknik di atas motor dan lintasan, tetapi juga bagaimana mengatur kepekaan dan kecepatan membuat strategi di tempat bertanding yang baru. Bersyukur sekali saya bisa 2 kali podium di Jepang” kebahagiaan Ahmad Saugi yang bisa menambah total poin sehingga dirinya naik ke posisi ke-3 (sebelumnya ke-5) di kelasemen pebalap Suzuki Asian Challenge 2017 di bawah Nur Al Fath yang masih memegang posisi ke-2.

*Kelasemen pebalap Team Suzuki Indonesia setelah SAC 2017 Jepang

Pos.

Nama pebalap

Total poin

2

Nur Al Fath Sam Ahmad  (#27)

85

3

Ahmad Saugi Muchtar (#11)

82

8

Chepy Armansyah (#76)

44

 

Berita Lainnya