Purworejo, 25 September 2017 – Komitmen PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam menjaga lingkungan tidak perlu diragukan lagi, hal ini terbukti melalui kampanye ‘Clean Up The World’ yang konsisten terus dilakukan PT SIS tiap tahunnya. Melalui salah satu unit bisnisnya yang menangani penjualan produk mesin tempel perahu (Outboard Motor) di Indonesia, Suzuki kembali mengadakan kampanye ‘Clean Up The World’ yang ke-4 pada 25 September 2017 di Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah. Dengan mengangkat tema “Bersih Berawal Dariku” Suzuki Marine ingin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Pantai Jatimalang yang berada di pantai Selatan Pulau Jawa ini telah banyak menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan didaerah pantai ini juga akan menuntut kita untuk lebih menjaga kebersihan kawasan wisata ini. Kebersihan menjadi tanggung jawab semua pihak tak terkecuali masyarakat sekitar dan para wisatawan. Untuk menumbuhkan kepedulian diperlukan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, karena bagaimanapun Pantai Jatimalang kini sudah menjadi pusat mata pencaharian masyarakat Purworejo. PT SIS melalui Suzuki Marine merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif memberikan edukasi akan kepedulian terhadap lingkungan. Keberlangsungan kehidupan di daerah ini perlu terus terpelihara. Acara ini melibatkan kurang lebih sebanyak 200 orang mulai dari Pemda Purworejo, TNI AL Cilacap, Kodim Purworejo, Dinas Pariwisata, Polres Purworejo dan warga penduduk sekitar. Tak hanya itu dalam acara ini kami juga melibatkan siswa siswi SMPN 27 Purworejo untuk turut berperan serta. 

Berkenaan dengan slogan ‘Bersih Berawal Dariku’ Suzuki Marine menekankan bahwa kebersihan Pantai Jatimalang merupakan tanggung jawab bersama. Edukasi diberikan dengan cara yang sederhana dan informatif kepada para peserta. Setelah mendapat pemahaman tentang arti penting kebersihan lingkungan, para peserta langsung diajak untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar pantai Jatimalang. Selain itu, Suzuki Marine juga memberikan donasi berupa tempat sampah untuk sekitar Pantai Jatimalang agar peserta selalu ingat tentang arti pentingnya kebersihan lingkungan.

Leo Widjaya, Assist to Dept. Head Sales and Marketing Outboard Motor PT. SIS mengungkapkan,“Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan, kami sangat senang bisa melakukan kampanye ini bersama masyarakat sekitar Pantai Jatimalang. Karena kampanye ini tidak hanya ajang bersih-bersih pantai saja, tetapi lebih dari itu. Dengan slogan “Bersih Berawal Dariku” kami ingin konsisten memberikan edukasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Tidak hanya efek jangka pendek saja, tetapi juga kelestarian lingkungan Pantai Jatimalang dalam jangka panjang. Oleh karena itu kegiatan ini tidak hanya melibatkan masyarakat sekitar Jatimalang, tetapi juga seluruh pihak terkait seperti siswa-siswi SMPN 27 Purworejo, Pemda Purworejo, TNI AL Cilacap, Dinas Pariwisata Purworejo, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Purworejo,” jelas Leo.

Kampanye ‘Clean Up the World’ tidak hanya dilakukan di Indonesia, tetapi juga dilakukan oleh Suzuki Marine melalui distributornya diseluruh dunia. Program ini berawal pada tahun 2011 yang dimulai dengan bentuk kegiatan sosial membersihkan wilayah perairan seperti sungai, danau ataupun pantai. Per tahun 2016 total partisipan kampanye ini telah mencapai 1.400 dari 23 negara. Untuk di Indonesia, kampanye ini tidak berfokus hanya untuk membersihkan wilayah perairan saja, tetapi juga memberikan edukasi mengenai kebersihan lingkungan khususnya untuk masyarakat disekitar daerah tersebut.