Jarum display new shogun 125 tidak stabil
Dear Suzuki magazine.
Saya punya new shogun 125. Yang ingin saya tanyakan adalah, mengapa jarum display untuk bensin tidak stabil, kadang naik kadang turun? Mohon penjelasan dan solusinya. Terima kasih.
Glenn
Komp. Inhutani Blok I/9 Ciputat,
Tangerang
b_novscor@yahoo.com
       
Jawaban :
Yth Bpk. Glenn
Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak terhadap produk Suzuki. Penunjukan posisi bensin pada speedometer untuk tipe New Shogun 125 memang berbeda dengan tipe yang lain. Karakteristik fuelmeter pada speedometer memang cenderung sensitif; dalam arti respons terhadap perubahan posisi bensin dalam tangki langsung ditunjukan.

Seperti diketahui, saat akselerasi (penambahan kecepatan) bensin dalam tangki akan bergerak. Ini karena diperngaruhi oleh gaya aksi-reaksi dan sifat cairan yang mudah menyesuaikan dengan ruang benda. Untuk mendapatkan posisi yang terbaik penunjukan bensin, dilihat saat bensin tidak bergerak (unsteady) dalam tangki.

Posisikan sepedamotor dalam keadaan tegak lurus, dan perhatikan posisi penunjukan bensin pada speedometer.

Demikian kami sampaikan, Terima kasih.
Salam Suzuki,
   
Perpindahan gigi New Shogun SP kasar
Saya pemilik motor New Shogun SP, namun setiap perpindahan gear nya selalu kasar. Mohon penjelasan atas hal tersebut.
Terima kasih.
Keke

Bontang PC5:
bokeeey@gmail.com
         
Jawaban :
Yth Bpk. Keke
Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak terhadap produk Suzuki. Apakah yang dimaksud oleh Bapak, kasar saat perpindahan gigi transmisi timbul bunyi “klek” atau tuas perseneling terasa susah saat perpindahan gigi transmisi tersebut?
Jika demikian.
         
Bunyi “klek” saat perpindahan gigi transmisi dapat timbul karena adanya tekanan pegas pembalik untuk mengembalikan mekanisme gear shifting pada posisi semula setelah proses perpindahan gigi. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada semua sistem transmisi manual gear reduction.
      
Perpindahan gigi transmisi terasa kasar, sulit atau tidak mulus. Indikasi seperti: pergerakan mekanisme gear shifting macet, fork pemindah gigi bengkok, setelan celah kopling tidak sesuai dll kondisi tersebut dapat mengakibatkan proses perpindahan gigi transmisi sulit/kasar.

Untuk mengatasi gejala tersebut dapat dilakukan penyetelan terlebih dahulu pada celah bebas kopling dengan cara mengatur jarak main kabel kopling. Perlu diketahui saat proses perpindahan gigi transmisi putaran mesin ke transmisi harus terputus dengan sempurna. Jika tidak maka perpindahan gigi akan sulit dan kasar karena terjadi persinggungan yang tidak wajar antar gear didalam transmisi.

Lebih lanjut periksa mekanisme gear shifting dari kemungkinan adanya kelainan yang mengakibatkan pergerakannya tidak mulus. Perlu diketahui juga selain celah bebas kopling dan mekanisme gear shifting penggunaan oli pelumas juga bisa menyebabkan proses perpindahan gigi transmisi terasa sulit dan kasar contoh penggantian oli pelumas tidak teratur dan penggunaan spesifikasi oli.
       
Untuk mengatasi gejala diatas, sesuaikan terlebih dahulu antara putaran mesin, peng-operasian (buka tutup) tuas kopling, dengan kecepatan saat perpindahan gigi transmisi hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan proses perpindahan gigi transmisi yang mulus. Periksa kapasitas`oli pelumas dan lakukan penggantian secara teratur. Gunakan oli pelumas sesuai rekomendasi pabrikan yaitu SAE 10W/40 atau 20W/50 dengan klasifikasi API service SF-SG atau SH/SJ/SL. Untuk memudahkan dalam pemeriksaan silahkan Bapak menghubungi jaringan service BeReS (Bengkel Resmi Suzuki) terdekat.
          
Demikian kami sampaikan, Terima kasih.
Salam Suzuki
   
Lebih Jauh Tentang Spin 125
Saya pemilik Suzuki Spin 125SR tahun pembuatan 2007. Saya ingin tahu lebih jauh mengenai skuter matik yang diproduksi Suzuki ini. Yang saya ingin tanyakan adalah:|
          
01. Apakah Suzuki berencana untuk memproduksi pelumas/oli khusus skuter matik?
02. Jika melihat pada buku manual bahwa kapasitas oli mesin adalah 1.000 ml, sedangkan oli yang ada di pasaran hanya berukuran 800-900 ml per botol. Apakah tetap diisi sesuai buku manual atau bagaimana?
03. Pada buku manual juga disebutkan oli reduksi roda gigi. Untuk mengganti oli gear ini, lubang pembuangan dan pengisian, posisinya ada di mana? Apakah bisa diganti dengan oli mesin?
04. Saya sempat terganggu dengan kondisi motor saya. Saat saya memutar gas, mestinya Spin bergerak secara perlahan. Tapi yang saya rasakan justru Spin seakan mau melompat, layaknya mengendarai motor manual. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Padahal sebelumnya hal ini tidak pernah saya rasakan
05. Apakah dealer resmi Suzuki mempunyai fasilitas tukar tambah? Karena saya berminat untuk menukar Spin yang saya miliki dengan Suzuki Skywave.
           
Demikian pertanyaan dan keluhan saya mengenai Suzuki Spin 125. Mudah-mudahan semua pertanyaan ini tidak akan mempengaruhi penjualan dan produksi Spin. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam Tris
http://trismedia.com
                         
Jawaban :
Yth Bpk. Tris
Terima kasih banyak atas kontak bapak melalui website www.suzuki.co.id Menjawab pertanyaan anda, dapat kami sampaikan sebagai berikut :
       
01. Untuk oli pelumas khusus tipe matik, kami belum mendapat informasi secara resmi dari bagian terkait.
02. Kapasitas oli mesin:
Penggantian tanpa filter : 950 ml
Penggantian berikut filter :1.050 ml
Pembongkaran overhoul : 1.100ml
Dianjurkan untuk menggunakan oli pelumas sesuai spesifkasi dan kapasitas yang sudah direkomendasikan. Untuk spesifkasi oli pelumas yaitu SAE 20W-50 dengan klasifkasi API service SF/SG. Pengisian oli tidak sesuai dengan ketentuan, dapat menimbulkan efek yang kurang baik terhadap kinerja mesin.

Jika pengisian oli kurang dari yang seharusnya, maka pelumasan jadi tidak maksimal serta dapat mempercepat keausan pada komponen mesin yang saling bersinggungan. Disamping itu, pergantian oli akan lebih cepat dari jadwal yang telah direkomendasikan, yaitu setiap 2.500 km atau 3 bulan pemakaian, mengingat kapasiats oli berkurang karena proses penguapan.
         
03. Oli gear reduksi letaknya di sebelah kiri bagian CVT, tepat dibawah dudukan shock absorber. Spesi?kasi oli yang digunakan adalah SAE 20W-50 multi grade, untuk saat ini sama dengan oli pelumas mesin.
04. Putaran mesin saat idle/langsam, berputar pada 1.600 rpm untuk Spin 125. Saat putaran idle, tenaga putar mesin belum mampu untuk menggerakan roda. Jadi saat putaran idle/langsam, kendaraan akan diam. Tenaga putar mesin mulai disalurkan untuk menggerakan roda pada 1.800 rpm.

Timbulnya hentakan/loncat, bisa disebabkan oleh kotornya pada sistem CVT, yaitu terjadinya slip pada kopling sentrifugal dengan roller. Untuk mengatasi gejala tersebut, kami sarankan untuk membawanya ke BeReS, untuk memeriksa pada bagian-bagian tadi.
05. Untuk saat ini kami belum dapat informasi mengenai tukar tambah dengan unit baru. Coba anda hubungi PT. Indojakarta Motor Gemilang (Suzuki Sunter), No. Tlp: 021-6520220. Disana ada penjualan Suzuki MBB (Motor Bekas Bergaransi).
          
Demikian kami sampaikan.
   
SPIN 125
Kalau melihat spesifikasi di buku manual bahwa kapasitas OLI MESIN adalah 1000 ml, sedangkan kebanyakan(ada beberapa) oli yg dijual dipasaran hanya 800-900 ml per botol, apakah tetap harus diisi 1000 ml atau 800 ml sdh cukup ?
      
Jawaban :
Penggantian tanpa filter : 950 ml
Penggantian berikut filter :1.050 ml
Pembongkaran overhoul : 1.100ml
   
Dianjurkan gunakan oli pelumas sesuai spesifikasi dan kapasitas yang sudah direkomendasikan. Untuk spesifikasi oli pelumas yaitu SAE 20W-50 dengan klasifikasi API service SF/SG. Pengisian oli tidak sesuai dengan ketentuan, dapat menimbulkan efek yang tidak baik terhadap kinerja mesin.

Contoh jika pengisian oli kurang dari yang seharusnya maka pelumasan tidak maksimal serta dapat mempercepat keausan pada komponen2 mesin yang saling bersinggungan. Disamping itu pergantian oli akan lebih cepat dari jadwal yang direkomendasikan yaitu setiap 2.500 km/3 bulan pemakaian, mengingat kapasitas oli dapat berkurang karena penguapan.
   
SPIN 125
Mengapa Suzuki Spin jika dalam keadaan langsam (jalan pelan sekali/hampir diam)kemudian ketika mau jalan agak sedkit cepat (di gas perlahan), Spin spt mau LOMPAT/menghentak, mirip spt naik motor manual gigi 1 atau 2, padahal sebelumnya hal tsb tidak pernah terjadi (ketika motor langsam & mau akselerasi berjalan dengan smooth)
      
Jawaban :
Putaran mesin saat idle/langsam berputar pada 1600 � 100 rpm untuk SPIN 125. Saat putaran idle tenaga putar mesin belum mampu untuk menggerakan roda, jadi saat putaran idle/langsam kendaraan akan diam. Tenaga putar mesin mulai disalurkan untuk menggerakan roda pada 1.800 rpm.

Sistem CVT kotor, terjadi slip pada kopling sentrifugal dan roller mengalami masalah kondisi tersebut dapat menimbulkan hentakan/loncat saat akselerasi awal. Untuk mengatasi gejala tersebut, coba minta periksa ke BeReS pada bagian-bagian tadi terutama untuk kondisi roller CVT.
   
New Shogun 125
Mengapa jarum display pada speedometer yang menunjukan posisi bensin pada New Shogun 125 kondisinya berubah-ubah dan tidak stabil.
      
Jawaban :
Penunjukan posisi bensin pada Speedometer untuk tipe New Shogun 125 memang berbeda dengan tipe yang lain. Karakteristik fuelmeter pada speedometer memang cenderung sensitif; dalam arti respon terhadap perubahan posisi bensin dalam tangki langsung ditunjukan.

Seperti diketahui, saat akselerasi (penambahan kecepatan) bensin dalam tangki akan bergerak. Ini karena diperngaruhi oleh gaya aksi-reaksi dan sifat cairan yang mudah menyesuaikan dengan ruang benda. Untuk mendapatkan posisi yang terbaik penunjukan bensin, dilihat saat bensin tidak bergerak (unsteady) dalam tangki. Posisikan sepedamotor dalam keadaan tegak lurus, dan perhatikan posisi penunjukan bensin pada speedometer.
   
Smash
Kenapa kalau dibawa ditanjakan suara mesin menggelitik seperti suara klep. Saat dipacu pada medan yang menanjak tarikannya kurang
      
Jawaban :
Suara tersebut dapat saja timbul karena setelan klep terlalu renggang atau karena beban yang berlebihan sehingga unjuk kerja mesin terlalu dipaksakan. Gejala tarikannya kurang saat dipacu di medan yang menanjak dapat disebabkan oleh mekanisme pemindah daya kopling slip, saringan udara tersumbat kotoran dll. Perlu diketahui jika mekanisme kopling slip dapat mengurangi tenaga mesin terutama saat melewati jalan menanjak atau saat memuat beban. Tentu dengan timbulnya gejala seperti di atas ada sesuatu yang tidak beres.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut sepedamotor Bapak ke BeReS (Bengkel Resmi Suzuki) terdekat untuk mengetahui jika ada komponen yang bermasalah. Bila perlu lakukan service besar untuk meberesihkan endapan arang sisa pembakaran di ruang bakar dan service khusus seperti service kopling. Mengingat perawatan rutin (service ringan) hanya mencangkup bagian tertentu saja seperti karburator, busi, sarungan udara dan general chek up system kelistrikan.
   
Satria F150 Batuk - Batuk
Saya pemakai Suzuki Satria FU 150, tahun pemakaian motor Juli 2007 standar. Ada beberapa hal yang sangat ingin saya ketahui berkaitan dengan motor saya:
           
01. Setiap dipanaskan pagi hari, motor saya pasti terbatuk-batuk, kenapa hal ini bisa terjadi padahal belum lama ini diservis di bengkel resmi.
02. Tenaga yang diperoleh pada tarikan pendek, kok ‘loyo’ sekali? Saat deselerasi, motor saya juga batuk-batuk. Apalagi kalau bahan bakar saya campur pakai pertamax, malah lebih parah sakit batuknya.
03. Bagaimana cara mendongkrak tenaga motor saya, agar menjadi lebih garang sesuai dengan tongkrongan, mengingat saat melakukan akselerasi terasa lelet dan berat sekali?
           
Thank’s berat.
Agus Harihadi
Suronatan VII/2 Mojokerto.
aagus@an.tv

Jawaban :

Yth Bpk. A. Agus Harihadi
Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak terhadap produk Suzuki.

Menjawab pertanyaan Bapak dapat kami sampaikan sebagai berikut:
     
01. Terjadi letupan pada saat kondisi temperatur mesin dingin, atau awal start di pagi hari gejala tersebut dapat saja terjadi. Gejala tersebut dapat disebabkan oleh campuran bahan bakar dengan udara belum sesuai, settingan karburator terutama setelan udara belum pas dan faktor lainnya.

Perlu diketahui saat temperatur mesin dingin, terjadi campuran miskin, dimana jumlah butiran bensin yang masuk ke ruang bakar lebih sedikit ketimbang udara. lakukan seting ulang karburator terutama untuk setelan udara, setelan standar untuk udara adalah 1� putaran balik. Selain faktor tadi, ada kemungkinan faktor lain seperti sistem PAIR (Pulsed Secondary Air Injection)bermasalah, busi lemah sehingga pembakaran tidak sempurna hal tersebut dapat menimbulkan letupan/batuk-batuk.
          
02. Hampir sama dengan poin pertama coba minta cek lagi ke BeReS (Bengkel Resmi Suzuki), terhadap setingan karbrator dan sistem PAIR. Pada sistem ini terdapat komponen reed valve, dimana komponen ini berfungsi mengatur suplai udara segar saat langkah buang.

Jika reed valve bermasalah maka gejala mesin batuk bisa saja terjadi. Sebaiknya hindari cara penggunaan bahan bakar dengan cara mencampur dengan jenis lain. Perlu diketahui masing-masing jenis bahan bakar mempunyai nilai oktan yang berbeda-beda. Contoh Premium nilai oktan 88, Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95. Perbedaan tersebut juga dapat mempengaruhi settingan karburator.
         
03. Banyak cara untuk meningkatkan performa mesin, contoh mengganti knalpot dengan tipe semi free fl ow (racing), merubah ukuran pilot dan main jet dengan ukuran lebih besar, melakukan setting ulang karburator sesuai permintaan mesin, merubah sistem pengapian dsb.

Konsekuensinya dengan adanya perubahan tersebut, maka pemakaian bahan bakar lebih boros. Untuk keterangan lebih lanjut secara teknis silahkan bapak menghubungi jaringan service Suzuki BeReS (Bengkel Resmi Suzuki)
terdekat.
          
Demikian kami sampaikan.
Terima kasih. Salam Suzuki
   
Knalpot Racing pendek dengan suara berisik
Bila menggunakan knalpot racing pendek yang menimbulkan suara berisik namun kencang tarikannya, bagaimana cara mengatasi akibatnya untuk jangka panjangnya ?
       
Jawaban :
Suara knalpot yang keras menyebabkan getaran besar. Getaran ini mengakibatkan daya tahan komponen berkurang, baut-baut dan mur, juga sekrup, lebih mudah longgar dan copot. Tepatnya, umur pakai lebih pendek dan sering servis. Dampak kurang menguntungkan lainnya, konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros.
   
Aki yang dilepas
Apa akibatnya kalau aki dilepas dan hanya mengandalkan kick starter? Berapa lama umur pakai aki dan setelah berapa tahun mesti diganti ?
      
Jawaban :
Jika aki dilepas, umur CDI jadi lebih pendek. Karena CDI motor Anda menggunakan arus DC (aki). Memang mesin masih bisa hidup saat aki dicopot. Tetapi arus listrik dari generator mesin tidak murni DC walau telah disearahkan oleh rekfitier (kiprok). Di samping itu, arus listrik dari generator tidak stabil, terutama saat mesin pada putaran stationer.

Inilah yang menyebabkan CDI tidak bekerja dengan maksimal karena sumber arus dari generator tidak stabil. Saat gas tidak dibesarkan, lampu agak redup. Begitu gas dibesarkan, lampu jadi terang. Pasokan listrik dari aki, baik saat mesin mati atau hidup, gas digeber, sama saja. Umur aki, sekitar 2,5 tahun.

Cara terbaik untuk menjaga umur aki lebih panjang, terminalnya harus bersih. Untuk aki basah, elektrolit harus diperhatikan, tidak boleh kurang. Kalau kondisinya bagus, aki-aki sekarang bisa tahan sampai 3 tahun lebih. Namun, bila aki tidak bisa lagi menghasilkan tegangan 12 volt lebih, buruan diganti.
   
Shogun keluaran pertama lebih bertenaga
Mengapa Shogun keluaran pertama lebih bertenaga dibandingkan yang kedua?
    
Jawaban :
Pada Shogun generasi kedua, ukuran mainjet lebih kecil dengan tujuan mengirit bahan bakar dan polusi lebih rendah.
   
Cara mengatasi rem depan
Bagaimana cara mengatasi rem depan, cakram yang sering menimbulkan bunyi saat digunakan? Mengapa bisa demikian?
         
Jawaban :
Penyebab rem depan berbunyi, antara lain tekanan ban yang tidak tepat, piringan atau cakram tidak rata permukaannya (melengkung). Untuk ini, periksa cakram, apakah benar-benar rata. Kalau tidak harus diganti.

Juga perhatikan, gerakan kedua piston silinder master harus sama. Bila tidak, ini juga merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan bunyi. Untuk mencegahnya, bisa ditambahkan, peredam antara piston silinder master dengan brake pad. Misalnya dengan mengolesi lem Aibon.
   
Tarikan motor menjadi lambat
Apa penyebab tarikan motor menjadi lambat dan apa yang harus dilakukan?
         
Jawaban :
Penyebab rem depan berbunyi, antara lain tekanan ban yang tidak tepat, piringan atau cakram tidak rata permukaannya (melengkung). Untuk ini, periksa cakram, apakah benar-benar rata. Kalau tidak harus diganti.

Juga perhatikan, gerakan kedua piston silinder master harus sama. Bila tidak, ini juga merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan bunyi. Untuk mencegahnya, bisa ditambahkan, peredam antara piston silinder master dengan brake pad. Misalnya dengan mengolesi lem Aibon.
   
Tarikan lebih bagus dengan Pertamax
Mengapa tarikan lebih bagus dengan menggunakan Pertamax dibandingkan menggunakan Premium?
                
Jawaban :
Pertamax dengan oktan tinggi, punya kemampuan mencegah atau mengurangi gejala detonasi yang lebih baik. Apalagi dengan kondisi mesin motor Anda yang sudah banyak keraknya, bila menggunakan premium, kemungkinan ngelitik lebih besar. Sudah waktunya servis besar.
   
Teknologi dan Fitur SMASH
Teknologi & fitur apa sajakah yang menjadikan SMASH sepeda motor berkualitas ?
      
Jawaban :
        
Menggunakan mesin 4 tak, yang menghasilkan suara dan getaran yang lebih rendah, hemat bahan bakar, emisi rendah dan menyalurkan tenaga lebih halus. Dengan semua keuntungan tadi, membuat SMASH lebih nyaman dikendarai.
      
Menggunakan kapasitas silinder 110 cc yang lebih bertenaga. Gabungan antara tenaga dan hemat bahan bakar menjadikan SMASH pilihan yang cocok untuk berkendara di dalam maupun luar kota.
     
Menggunakan teknologi SAPECS (Suzuki Advanced Power Enggament Clutch System), yang mengurangi hentakan saat sepeda motor mulai berjalan ataupun saat perpindahan gigi.
    
Menggunakan teknologi SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System), yang mengurangi panas dan gesekan mesin. Hasilnya adalah daya tahan dan tenaga mesin lebih baik.
      
Menggunakan komponen Suzuki Economy and Power Intake System (SEPIS), yang mengurangi pemakaian bahan bakar dan polusi, serta memberikan kekuatan akselerasi yg lebih cepat di jalan datar dan menanjak.
     
Karburator VM 17 SS, yang memadukan udara dan bensin lebih efisien, sehingga membuat SMASH mampu berakselerasi dengan halus, bertenaga dan secara alami mampui merespon putaran gas.
       
Torsi pada putaran rendah ke menengah yang Unggul. Memungkinkan pengendara melakukan akselerasi seketika saat ingin mendahului dan saat menanjak dengan beban berat sekalipun.
       
Menggunakan Silinder Aluminium, sehingga mesi lebih ringan, menghasilkan getaran yang rendah dan hemat bahan bakar. Kelebihan lain silinder ini adalah melepas panas lebih baik dan tahan lama.
Rantai mesin menggunakan Silent Cham Chain, yang membantu mesin bekerja nyanda berisik dan halus. Dilengkapi penyetel rantai otomatis sehingga rantai selalu dalam tingkat kekencangan yang tepat, nyanda mudah rusak / aus dan suaranya halus.
Menggunakan Air Cleaner 2.8 Liter, lebih besar jika dibanding motor lain sejenis yang hanya 1.8 liter. Hal ini membantu efisiensi pembakaran mesin dengan membuat mesin mendapat udara dengan   cukup. Hasilnya, performa mesin yang halus dan kuat bertenaga. 
Filter Oli yang mudah diganti. Mesin Smash dirancang untuk kemudahan perawatan. Contohnya memiliki filter oli tipe cartridge yang bisa diganti dengan cepat dan mudah.
   
Seputar Suzuki Skywave
Mengapa jika menyalakan motor menggunakan kick stater sangat sulit ? meskipun itu sudah membuka choke jika menyalakan dipagi hari, memang electric stater lebih mudah, namun jika suatu saat accu motor mati maka harus menggunakan kick starter.
       
Jawaban :
Jika menghidupkan motor dengan kick starter dan choke di oprasikan, jangan menarik handle gas. Biarkan handle gas pada posisi menutup, kemudian perhatikan standard samping. Posisikan standard samping pada posisi melipat kedalam. Dan gunakan sedikit tenaga saat mengengkol kick starter agar putaran yang dihasilkan lebih besar.
Apakah jika menggunakan kick stater rem tangan juga harus ditekan ?
       
Jawaban :
Saat menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin, tidak perlu menarik tuas rem. Menarik tuas rem dilakukan jika menghidupkan mesin menggunakan elektrik starter.
Adakah ketentuan khusus untuk mempermudah menyalakan motor jika menggunakan kick stater ?
       
Jawaban :
Sebetulnya tidak ada cara khusus, lakukan saja seperti pada point pertama.
Apakah semua motor matic memang sulit dinyalakan jika dengan kick stater, karena untuk motor bebek tidak sulit untuk menyalakannya dengan kick stater.
       
Jawaban :
Perlu diketahui saat kondisi mesin dingin, campuran bahan bakar dengan udara yang dihasilkan oleh karburator yang masuk ke ruang bakar masih belum sesuai.

Saat kondisi dingin sering terjadi campuran kurus/miskin dimana jumlah bensin yang masuk keruang bakar lebih sedikit ketimbang udara. Maka untuk memperkaya campuran bensin dengan udara gunakan choke beberapa saat � 3 s/d 5 menit hingga kondisi temperature mesin hangat.

Perlu diketahui juga putaran mesin yang dihasilkan oleh elektrik starter saat menghidupkan mesin lebih besar jika dibandingkan dengan tendangan kick starter. Maka saat kondisi dingin perlu beberapa kali mengengkol hingga mesin hidup.
Apakah ada bagian / part tertentu yang harus diganti untuk mempermudah kick stater, sebab jika kondisi mesin masih dingin kick stater sulit dilakukan walaupun sudah mengikuti saran dari bapak, tetapi jika kondisi mesin panas, mesin mudah dihidupkan dengan kick stater
       
Jawaban :
Tidak ada komponen yang harus diganti dengan gejala diatas. Mengingat electric starter masih befungsi dengan baik. Kecuali terjadi los saat kick starter di oprasikan sewaktu menghidupkan mesin.