Malang, 31 Maret 2016 – Setelah dua kali melakukan seremoni donasi pendidikan di Bandung dan Bali, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) & PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) kembali melanjutkan rangkaian seremoni penyerahan donasi di Kota Malang. Untuk seremoni tahap ketiga ini, Suzuki Indonesia akan memberikan 78 material donasi ke 16 instansi pendidikan baik SMK maupun Universitas yang berada di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Acara seremoni penyerahan yang berlangsung di Universitas Negeri Malang ini juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Malang, Drs. SutiajiDalam pidatonya beliau menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi program donasi pendidikan yang dilakukan oleh Suzuki. Dengan memberikan fasilitas penunjang belajar kepada siswa dan mahasiswa, membuat mereka dapat belajar lebih real sehingga bisa diaplikasikan di dunia kerja. Dengan begitu, generasi muda penerus bangsa bisa diandalkan untuk pembangunan nasional yang berkualitas”.

 Jika sebelumnya acara seremoni donasi Suzuki diadakan di SMK, kali ini Kami mengadakannya di Universitas. Hal ini kami lakukan untuk sekaligus memperkenalkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Suzuki D1 di Universitas Negeri Malang. Pusdiklat yang dikenal dengan sebutan Pusdiklat Suzuki UM ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan SDM yang terampil dan mempunyai daya saing sesuai kebutuhan industri. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah berupa pelatihan dosen, on the job training bagi mahasiswa di Bengkel Resmi Suzuki seluruh Indonesia, pengembangan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar serta pengembangan kurikulum, dimana 80% materi Suzuki dan 20% materi umum.

Pusdiklat yang  diresmikan oleh Soebronto Laras pada 15 September 2006 ini telah meluluskan 568 orang hingga tahun 2015.  Dan total mahasiswa yang direkrut sebagai teknisi dealer Suzuki diseluruh Indonesia adalah sebanyak 436 orang atau sekitar 77%. Para mahasiswa yang kuliah di Pusdiklat Suzuki UM ini akan mengikuti program D1 selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga akan melalui uji kompetensi dimana setelah lulus, mereka akan tersertifikasi yang setara dengan level 1 teknisi di Suzuki, sehingga nantinya mereka akan mudah untuk masuk ke dunia kerja khususnya di Suzuki.

“Kerjasama yang sudah lama terjalin antara Suzuki dengan Universitas Negeri Malang ini diharapkan mampu mencetak tenaga – tenaga ahli di bidang otomotif yang nantinya berperan besar dalam mengembangkan  industri otomotif di Indonesia. Dan kami juga berharap agar kerjasama yang terjalin antara Suzuki dengan sekolah ataupun universitas lain dalam program CSR Suzuki  dapat berkelanjutan”, Ujar Davy J. Tuilan, Deputy Managing Director Sales & Marketing 4W, PT Suzuki Indomobil Sales.

Di tahun 2016 ini salah satu fokus program CSR Suzuki Indonesia adalah Donasi Unit & Mesin ke dunia pendidikan. Dari Januari hingga Maret 2016 ini, Suzuki telah memberikan 149 Material donasi kepada 36 sekolah & universitas yang tersebar di area Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, Lombok, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta. Dan di akhir bulan April, Suzuki akan memberikan material donasi kepada beberapa sekolah yang berada di Kalimantan. Hal ini bertujuan agar pemberian material donasi ini bisa dilakukan secara merata ke sekolah yang membutuhkan di Indonesia.

Material Donasi

Alokasi Donasi area Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur

Alokasi Donasi area Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur