Kunjungan Pabrik SMKN 2 & 7 Tangerang dan GIIAS ke PT Suzuki Indomobil Motor Lokasi Cikarang

Mendapat kunjungan dari SMK bukan suatu hal baru bagi kami, namun kunjungan kali ini ke pabrik Cikarang menjadi yang perdana bagi publik karena pabrik ini baru saja diresmikan akhir Bulan Mei 2015 lalu.

Bekerjasama dengan Seven Event selaku pihak penyelenggara Gaikindo Indonesia Internastional Autoshow (GIIAS) 2015, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh siswa-siswa SMKN 2 Tangerang pada Selasa, 28 Juli 2015 SMKN 7 Tangerang pada Kamis, 30 Juli 2015. Sebanyak kurang lebih 100 peserta berpartisipasi dalam kegiatan kunjungan pabrik yang berlokasi di Cikarang Jawa Barat.

Merupakan sebuah kebanggaan PT SIM mendapatkan kunjungan dari para generasi muda yang peduli dengan dunia otomotif. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Yudonendito sebagai Assistant to Department Head of Body Assembly Production Cikarang ,

Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan GIIAS pada kunjungan pabrik kali ini, kunjungan ini merupakan sebuah media untuk para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia otomotif. Kami berharap hal serupa dapat terus terjalin di kemudian hari.”

Kunjungan pabrik yang diselenggarakan oleh GIIAS 2015 ini merupakan salah satu program Educare yang melibatkan para APM untuk turut serta menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia khususnya bidang otomotif. Dan tentunya program kunjungan pabrik ini juga sejalan dengan program regular PT SIM untuk memberikan kontribusinya kepada siswa-siswa sekolah dalam dunia otomotif sekaligus memperkenalkan produk-produk Suzuki yang berkualitas dari tangan-tangan anak bangsa.

Melalui kunjungan pabrik ini pula, PT SIM ingin memperkenalkan produknya yang mempunyai banyak nilai lebih untuk pembeli atau kita kenal dengan valuable product for customers. Seperti yang disampaikan R. Uchiki selaku Strategic Planning Departmen Head 

Small cars mempunyai banyak nilai lebih contohnya, harganya murah, nyaman berkendara, berbobot ringan, dan hemat Bahan Bakar.”

Acara kunjungan ini dimulai dengan factory tour, dimana setiap peserta dilengkapi dengan topi sebagai salah satu Alat Pengaman Diri (APD) dan receiver sebagai media untuk penjelasan selama didalam pabrik. Dibagi dalam dua kelompok dan dipandu dari tim technic control, peserta touring menjelajahi beberapa area pabrik mulai dari bagianPowertrain, disini peserta akan melihat bagaimana proses pembuatan engine dan transmisi mobil hingga perakitannya.

Lanjut ke lokasi yang lain, kali ini peserta akan diajak berada di area Body Assembly Production. Bermula dari bagianPressing & Welding hingga perakitan body mobil dan Final Inspection. Antusiasme para siswa terhadap pabrik Suzuki sangat terasa disini. “Pabriknya sangat luas, alat-alatnya canggih banget.” Ungkap Danu Ramadani salah satu siswa. Ivan Yusuf salah satu siswa SMKN 7 Tangerang juga sangat puas dengan kunjungan pabrik kali ini, tapi dia merasa masih banyak yang ingin ditanyakan. Tidak berakhir disitu, sesi tanya jawab menjadi salah satu yag paling ditunggu oleh peserta. Minatnya pada dunia otomotif, menjadikan banyaknya pertanyaan kritis dan cerdas dari para peserta.

Dikesempatan terakhir, acara ini di tutup dengan foto bersama dengan semua pihak. Walapun panas yang terik para siswa sangat bersemangat mengabadikan momen ini yang merupakan kali pertama bagi mereka berkunjung ke pabrik Suzuki di Indonesia.